Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali

Authors

  • Khoirotul Niamah UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-05

Keywords:

Pendidikan Islam, Paradigma, al-Ghazali

Abstract

Tawaran paradigma pendidika Islam al-Ghazali menjadi rujukan utama dalam mengembangkan bagaimana landasan konseptual mengenai ilmu, pendidikan, dan religiusitas dikonstruksi dalam bangunan epistemologis pendidikan Islam. Dalam tulisan ini akan menguak tawaran konseptual dan paradigma tentang pendidikan Islam dari perspektif al-Ghazali. Lokus utama dari paradigma pendidikan Islam al-Ghazali adalah menyoal hubungan antara pendidikan dan semangat spiritual. Paradigma ini digunakan sebagai langkah metodologis pembelajaran dengan harapan pendidikan Islam mampu mengelaborasi dan menyesuaikan diri dengan hamparan globalisasi. Akhirnya, fokus kritik dari paradigma ini menjadi sebuah fondasi dasar dalam membangun tradisi akademik dalam pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin (Terjemahan), n.d.

Al-Ghazzali, Sabih Ahmad. “Al-Ghazzali’s Tahafut Al-Falasifah Incoherence of the Philosophers,” 1963.

Arista, Rizki Noura. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Tawadhu 3, no. 2 (2019): 883–92.

Indra, Hasbi. Pendidikan Islam Melawan Globalisasi. Ridamulia, 2005.

Mahali, A Mudjab. “Pembinaan Moral Di Mata Al-Ghazali.” Yogyakarta: BPFE 137 (1984).

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. RajaGrafindo Persada, 2000.

Nata, Abudin. “Filsafat Pendidikan Islam I (Jakarta; Logos Wacana Ilmu, 1997).” Paradigma Pendidikan Islam, Kapita Selekta Pendidikan Islam, n.d.

Primarni, Amie, & Khairunnas. Pendidikan Holistik: Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna. Jakarta: AMP Press, Pt Al Mawardi Prima, 2016.

Rusn, Abidin Ibnu, and Kamdani. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Pustaka Pelajar, 1998.

Sholeh, Asrorun Niam, and Sulthon Fathoni. Reorientasi Pendidikan Islam: Mengurai Relevansi Konsep Al-Ghazali Dalam Konteks Kekinian. Lembaga Studi Agama dan Sosial (Elsas), 2004.

Siregar, Maragustam. “Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter.” Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Smith, Margareth, and Amroeni Drajat. Pemikiran Dan Doktrin Mistis Imam Al-Ghazali. Riora Cipta, 2000.

Sunarno, Achmad. Ayyuhal Waladu Muhibbu Terj. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2014.

Syahdani, A. Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Tambak, Syahraini. “Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 8, no. 1 (2011): 73–87.

Umaruddin, Muhammad. The Ethical Philosophy of Al-Ghazzali. Adam Publishers, 1996.

Yunus, M. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Badan Litbang PGI, 1990.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Niamah, K. (2021). Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 55–65. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-05

Issue

Section

Articles