Analisis Survey Kepuasan Layanan Penilaian Angka Kredit Guru Agama Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi DIY dan DKI Jakarta

Authors

  • Imam Machali UIN Sunan Kalijaga
  • Opik Abdurrahman Taufik Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-07

Keywords:

SERVQUAL, PAK, Kepuasan, Analisis Kinerja, Pendidikan Agama

Abstract

Studi ini bertujuan menilai tingkat kepuasan terhadap layanan penilaian angka kredit guru agama di sekolah menengah atas di provinsi DIY dan DKI Jakarta, serta menentukan perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut. Menggunakan model SERVQUAL, penelitian ini menerapkan skala multi-item untuk mengukur ekspektasi dan persepsi dari penerima layanan, serta selisih antara keduanya. Lima aspek utama kualitas layanan dievaluasi, yaitu keandalan, kesiapan merespons, jaminan, empati, dan bentuk nyata, dengan Analisis Pentingnya Kinerja (IPA). Hasil menunjukkan tingkat kepuasan rata-rata 2,40 di DIY dan 3,29 di DKI Jakarta, dengan harapan masing-masing 2,69 dan 3,81. Beberapa atribut dalam kuadran tertentu ditemukan memerlukan perbaikan segera. Studi ini menekankan perlunya peningkatan berkesinambungan pada atribut yang kesesuaiannya masih di bawah 100%, yang mencerminkan adanya kekurangan dalam penyediaan layanan. Penelitian lebih lanjut dapat melihat cakupan yang lebih luas atau menggunakan metodologi yang berbeda untuk analisis yang lebih mendalam. Atribut yang teridentifikasi mempengaruhi kepuasan pelanggan dan memerlukan perbaikan segera agar sesuai dengan harapan pelanggan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam penyusunan kebijakan oleh Kementerian Agama untuk memperbaiki kualitas penilaian layanan bagi guru agama sekolah menengah atas di daerah yang bersangkutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiantyi, Azmi Chairunissa. “Analisis Penetapan Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Guru SMAN/SMKN Di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.” Jurnal Tata Kelola Pendidikan 3, no. 1 (2021).

Arif, Solihuddin dan Imam Machali. Pengambilan Keputusan Berbasis Education Management Information System di Seksi PAI Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM) tahun 2018. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam & PPMPI, 2018. Hal. [719-735].

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Ciptono, Fandy. Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian. (Yogyakarta : Andi Offset. 2014.

Ciptono, Fandy. Service, quality, and statisfaction. Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2007

George, Darren. dan Paul Mallery, SPSS for Windows Step by Step! A Simple Guide and Reference, Boston: Allynd Bacon, 2003

Joseph, Guilitnan. Paul, Gordon W and Madden, Thomas J. Marketing Management.6th edition. McGraw-Hill Companies. 1997

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Milenium. PT. Prenhalindo, Yakarta, 2002

Machali, Imam dan Ara Hidayat. The Handbook of Education Management. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018.

Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif, Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Cet. 2. Yogyakarta: Prodi MPI & PPMPI, 2018

Machali, Imam. Muhajir, dan tim Peneliti PPM. Analisis Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah dan PAI di di Kanwil Kementerian Agama DIY tahun 2018 Kanwil Kementerian Agama DIY tahun 2018. Yogyakarta: PPM, 2018

Machali, Imam. Statistik itu Mudah, Menggunakan SPSS sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: Prodi MPI & PPMPI, 2018

Machali, Imam. Statistik Manajemen Pendidikan, Teori dan Praktik Statistik dalam Bidang Pendidikan, Penelitia, Ekonomi, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga & Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI), 2018

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Prabowo, Nugroho Agung. Nur Hidayah. Sistem Penetapan Angka Kredit untuk Kenaikan Pangkat Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Magelang Berbasis Web. Scientific Journal of Informatics , Vol. 2, No. 2, November 2015. [155-164].

Primiani, Novi. Total Quality Management dan service quality dalam Organisasi Pendidikan Tinggi. Jurnal, Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No 2

Ratminto dan Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistika, Bandung: Alfabeta, 2013

Setiawan, Nugraha. “Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasnya” (makalah disampaikan pada Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, 22 November 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. dan Poly Endrayanto, Statistika Untuk Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012

Suwarni, Sini. “Analisis Kebijakan Nasional Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kredit Pada SMA Negeri Di DKI Jakarta.” ATIKAN 1, no. 1 (2011).

Supranto, J.. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta, 2011

Tim Peneliti PPM. Pemetaan Tenaga Kependidikan (Pengawas) Madrasah dan Pendidikan Agama Islam di Kanwil Kementerian Agama DIY tahun 2016. (Yogyakarta: PPM, 2016)

Usmara, A. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Jogjakarta : Amara Books. 2003.

Wijaya, Tony. Manajemen Kualitas Jasa : desain servqual, QFD, dan Kano disertai contohaplikasi dalam kasus penelitian. Jakarta: Indeks, 2011

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Machali, I., & Taufik, O. A. (2022). Analisis Survey Kepuasan Layanan Penilaian Angka Kredit Guru Agama Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi DIY dan DKI Jakarta. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(2), 233–245. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-07

Issue

Section

Articles