Metode Role playing dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Akhlak Siswa SD Negeri Balecatur 2

Authors

  • Parwanti Universitas Islam Indonesia, Indonesia
  • Junanah Universitas Islam Indonesia, Indonesia
  • Andi Musthafa Husain Universitas Islam Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-06

Keywords:

Learning Methods, Role playing, Student Morals

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak implementasi metode role playing terhadap perkembangan moral siswa di SDN Balecatur 2, yang telah diidentifikasi menghadapi masalah dalam perilaku dan interaksi sosial. Metode yang digunakan adalah pendekatan mixed methods yang menggabungkan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan untuk mendalamkan pemahaman terhadap bagaimana metode role playing diterapkan, sementara pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur efek role playing terhadap perkembangan moral siswa, melalui observasi, wawancara, dan survei. Instrumen dibuat dan diuji validitas dan reliabilitasnya, diikuti oleh uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing meningkatkan kegembiraan dan antusiasme siswa dalam belajar, serta memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan moral siswa di SD Negeri Balecatur 2 (nilai signifikansi < 0,05). Kendati penelitian ini memiliki keterbatasan dalam sampel dan konteks spesifik, temuan tersebut berpotensi menjadi bahan pertimbangan penting dalam pengembangan strategi pendidikan moral di sekolah. Praktik role playing dapat diintegrasikan lebih lanjut dalam kurikulum untuk meningkatkan interaksi positif dan perkembangan moral siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Parwanti, Universitas Islam Indonesia, Indonesia

 

 

References

Aliakir, Hijria H, and Muh Tahir. “Penerapan Metode Bermain Peran Pada Materi Drama Anak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Gio” 4, no. 5 (n.d.).

Beck, A.R., and H. Fritz-Verticchio. “The Influence of Information and Role-Playing Experiences on Children’s Attitudes toward Peers Who Use AAC.” American Journal of Speech-Language Pathology 12, no. 1 (2003): 51–60. https://doi.org/10.1044/1058-0360(2003/052).

Chasanah, Yunita Permatasari Binti Uswatun. “Solusi Terhadap Problematika PAI Di Sekolah: Proses Pembelajaran.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (May 3, 2021): 84–97. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-07.

Damayanti, Eka, Yuspiani Yuspiani, Nur Intan Tri Rejeki, Ade Agusriani, and Nurhasanah Nurhasanah. “Metode Bermain Berperan Dalam Perkembangan Moral Anak.” NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education 3, no. 2 (December 29, 2020): 90–100. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17096.

Ernawati, Erfa. “Pendidikan Akhlak Anak Dalam Perspektif Abdulah Nasih Ulwan Dan Relevansinya Dengan Kondisi Saat Ini.” Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam 2 (May 26, 2018): 93. https://doi.org/10.21070/ja.v1i3.1234.

Eva Syofia, -. “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Sikap Tata Krama Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun: Penelitian Tindakan Di Tk Nurul Ilmi Kecamatan Cinunuk Kabupaten Bandung.” Other, Universitas Pendidikan Indonesia, 2022. http://repository.upi.edu.

Hastuti, Amin. Wawancara dengan guru kelas IV, Penerapan Metode Role Playing di Kelas, April 26, 2022.

“Ibnu Miskawaih.” In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, July 5, 2021. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ibnu_Miskawaih&oldid=18615840.

Jones, F.H., and R.C. Eimers. “ROLE PLAYING TO TRAIN ELEMENTARY TEACHERS TO USE A CLASSROOM MANAGEMENT ‘SKILL PACKAGE.’” Journal of Applied Behavior Analysis 8, no. 4 (1975): 421–33. https://doi.org/10.1901/jaba.1975.8-421.

Koyimah, Koyimah, and Sistriadini Alamsyah Sidik. “Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Anak Tunagrahita.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 4 (December 29, 2022): 1582–88. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3996.

Maghfiroh, Anna, Jamiludin Usman, and Luthfatun Nisa. “Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (February 20, 2020). https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978.

Mulya. Wawancara dengan guru kelas V, Penerapan Metode Role Playing di Kelas, April 26, 2022.

Murphy, W.P., J.S. Yaruss, and R.W. Quesal. “Enhancing Treatment for School-Age Children Who Stutter. II. Reducing Bullying through Role-Playing and Self-Disclosure.” Journal of Fluency Disorders 32, no. 2 (2007): 139–62. https://doi.org/10.1016/j.jfludis.2007.02.001.

Mustafa, Mustafa. “Penggunaan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VI Sd Negeri 016 Kundur.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 2, no. 4 (July 30, 2018): 628–34. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5713.

Nasution, Sumiah. “Metode Pembinaan Pendidikan Akhlak Tingkat Sekolah Dasar.” Journal on Education 5, no. 2 (January 28, 2023): 5138–42. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1252.

Nusaibah, Afaf Wafiqoh, Wahyu Ramadan, Yazida Ichsan, M Sahrul, and Imam Safi. “Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Era Milenial.” TARLIM JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol. 4 (September 1, 2021): 107–22. https://doi.org/10.32528/tarlim.v4i2.5146.

Ponsa, P., R. Vilanova, and B. Amante. “The Use of Role Playing in Engineering Curricula: A Case Study in Human-Automation Systems.” In IEEE Educ. Eng. Conf., EDUCON, 1335–41, 2010. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2010.5492373.

Pradita, Adinda, and Abdul Hakim. “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat DiKabupaten Enrekang,” 2021.

SehatQ. “6 Manfaat Bermain Peran (Role Play) untuk Anak Usia Dini.” Accessed February 16, 2023. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-bermain-peran-untuk-anak-usia-dini.

Simatupang, Syawal. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Kompetensi Sosial Kognitif Siswa,” n.d.

Tampubolon, Budiman. “Penerapan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv,” n.d.

Weng, J.-F., L.-H. Cho, S.-S. Tseng, and J.-M. Su. “An Adaptive Learning Strategy Scheme for Role Playing Learning.” In WMSCI - World Multi-Conf. Syst., Cybern. Informatics, Jointly Int. Conf. Inf. Syst. Anal. Synth., ISAS - Proc., 5:185–90, 2008. https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-84869426301&partnerID=40&md5=0e288c5113d4ca0f9f5958692c341d2b.

Zamroni, Amin. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (September 10, 2017): 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Parwanti, Junanah, & Andi Musthafa Husain. (2023). Metode Role playing dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Akhlak Siswa SD Negeri Balecatur 2. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-06

Issue

Section

Articles