Pesantren Earlier dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata Bata
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-04Keywords:
Implementasi, Pesantren Earlier, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi konsep "Earlier" dalam kurikulum merdeka di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata Bata, Pamekasan, Jawa Timur, dengan tujuan untuk memahami pendekatan dan hasil implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara dari berbagai sumber, termasuk kepala madrasah, wakil kepala, guru, dan alumni. Hasil penelitian menunjukkan kesamaan signifikan antara kurikulum pesantren ini dan prinsip kurikulum merdeka, termasuk program takhassus badan otonom untuk pengembangan potensi santri, terintegrasi di semua tingkatan lembaga, dan kebebasan dalam memilih program. Selain itu, Pekan Ngaji tahunan mencerminkan tujuan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan berkontribusi terhadap penciptaan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi pendidikan, menunjukkan bahwa pendekatan inovatif dan holistik kurikulum merdeka dapat diadaptasi di berbagai institusi pendidikan. Namun, keterbatasan penelitian ini mencakup konteks khusus Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata Bata dan perlu lebih banyak penelitian untuk memahami implementasi kurikulum merdeka di konteks lain. Dari sisi praktis, hasil ini menunjukkan pentingnya pendidikan yang fleksibel dan berpusat pada siswa, yang mempersiapkan generasi masa depan untuk era global dan majunya Indonesia tahun 2045.
Downloads
References
Aan, Widiyono, Irfana Saidatul, and Firdausa Kholida. “Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar.” METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 16, no. 2 (2021): 102–7.
Achmad, Ghufran Hasyim, Dwi Ratnasari, Alfauzan Amin, Eki Yuliani, and Nidia Liandara. “Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5685–99. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280.
Almu'tasim, Amru. “Menakar Model Pengembangan Kurikulum Di Madrasah.” At-Tuhfah 7, no. 2 (2018): 1–19. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i2.140.
Ansori, Mujahid. Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 1, 2021. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32.
Asri, M. “Dinamika Kurikulum Di Indonesia.” Modelling: Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 2 (2017): 192–202.
Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar, 2012.
Daga, Agustinus Tanggu. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (2021): 1075–90. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.
Erdiansyah et al. “View of Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 Di Madrasah Aliyah Se- Kabupaten Musi Banyuasin.Pdf,” n.d.
Fransiska, Jenny, Dumiyati, Popon Mariam, Nurul Hikmah, and Muhammad Haris. "Education Management in Elementary Schools in The" 3, no. 1 (2021): 78–84.
Hidayat, Ara, and Rizka Dwi Seftiani. “Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Sarana Prasarana Ma’had Aly Pondok Quran Bandung.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 313–33. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-06.
Indana, Nurul, and Leni Nurvita. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Di Ponpes Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 29–51. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.129.
Juita, Dewi, and M Yusmaridi. "The Concept of 'Merdeka Belajar' in the Perspective of Humanistic Learning Theory." Spektrum: Pendidikan Luar Sekolah 9, no. 1 (2021): 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912.
Khoiriyah, Iin Khozainul, Muchammad Miftachur Roziqin, and Widya Kurnia Ulfa. “Pengembangan Kurikulum Pesantren Dan Madrasah: Komponen, Aspek Dan Pendekatan.” Qudwatuna 3, no. 1 (2020): 25–46. https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74.
Kurniati, Pat, Andjela Lenora Kelmaskouw, Ahmad Deing, Bonin Bonin, and Bambang Agus Haryanto. “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21.” Jurnal Citizenship Virtues 2, no. 2 (2022): 408–23. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/view/1516.
Kusnandi, Kusnandi. “Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren Pada Lembaga Pendidikan.” Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (2017): 279–97. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2138.
Lexy, J Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2002.
Maghfiroh, Nailyl, and Muhamad Sholeh. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09, no. 05 (2022): 1185–96.
Mariati, Mariati. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi,” 2021, 747–58. https://doi.org/10.53695/SINTESA.V1I1.405.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 7840–49. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.
Muhson, Ali. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8, no. 2 (2010). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.
Munte, Alfonso. "Philosophy of Giorgio Agamben-Homo Sacer's on the Independent Curriculum for Learning in Indonesia: Critical Reflection." International Seminar Commemorating the 100th Annniversary of Tamansiswa 1, no. 1 (2022): 464–68.
Mustofa, Ali. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Pesantren, Madrasah Dan Sekolah.” Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam 1, no. 2 (2015): 89–121. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/pikir/article/view/98.
Nadiroh, Endry Boeriswati, and Faisal Madani. Merdeka Belajar Dalam Mencapai Indonesia Maju 2045. Merdeka Belajar Dalam Mencapai Indonesia Maju 2045, 2020.
Pawero, A M D, M Luma, and ... “Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Di Pondok Pesantren.” NYIUR-Dimas: Jurnal … 2, no. 1 (2022): 9–22. http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/article/view/278%0Ahttp://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/article/download/278/192.
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7174–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Sherly, Edy Dharma, and Betty Humiras Sihombing. “Merdeka Belajar Di Era Pendidikan 4.0.” Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 2020, 184–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.