Metode Pembelajaran Inquiry dalam Perspektif Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-08Keywords:
Metode Pembelajaran, Pendekatan Inquiry, Pendidikan Islam, Tinjauan TeoritisAbstract
Berbagai model pembelajaran dan pengajaran dalam dunia pendidikan dapat dijadikan kajian menarik untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran di sekolah, hal ini digunakan untuk mencapai tujuan bagi para perancang pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menekankan pada peserta didik adalah model pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran inquiry dalam pespektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode literatur review yang berfokus pada teori dan hasil penulisan yang berkaitan dengan variabel penulisan. Metode inquiry merupakan metode pengajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan dengan berpikir kritis dan analisis dari suatu masalah yang dipertanyakan. Melalui metode inquiry, peserta didik diajak untuk berfikir kritis dan diajak mengenal Islam lebih dalam. Dalam proses pembelajaran pendidikan Islam, metode Inquiry ini sering kali diwujudkan dalam bentuk diskusi; sedangkan materi pendidikan Islam yang biasanya menggunakan metode ini adalah mata pelajaran Fiqih. Oleh karenanya, melalui pembelajaran inquiry pendidik bisa memastikan peserta didik benar-benar memaknai pelajarannya. Pendidik berusaha memahamkan peserta didik secara perlahan melalui pengalaman mengkaji konsep, membuktikan statement, menarik kesimpulan temuan dan mengkomunikasikan hasil.
Downloads
References
Asror, Fuad Mafatichul. “Implementasi Metode Inquiry Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” DAYAH: Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2022): 75–87.
Banchi, Heather, and Randy Bell. “The Many Levels of Inquiry.” Science and Children 46, no. 2 (2008): 26.
Budiarti, Ani, Alfauziah Rahmadani, and Endang Fauziati. “Perpektif Realisme Terhadap Penggunaan Metode Inquiry Learning.” Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin 4, no. 1 (2022): 25–31. https://doi.org/10.33654/pgsd.
Cairns, D. “Exploring the Relations of Inquiry-Based Teaching to Science Achievement and Dispositions in 54 Countries.” Research in Science Education 49, no. 1 (2019): 1–23. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9639-x.
Cho, M. “The Effect of Self-Regulated Learning on College Students’ Perceptions of Community of Inquiry and Affective Outcomes in Online Learning.” Internet and Higher Education 34 (2017): 10–17. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.04.001.
Chu, S.K.W. “21st Century Skills Development through Inquiry-Based Learning: From Theory to Practice.” 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning: From Theory to Practice, 2016, 1–204. https://doi.org/10.1007/978-981-10-2481-8.
Duran, M. “The Effect of the Inquiry-Based Learning Approach on Student’s Critical-Thinking Skills.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 12, no. 12 (2016): 2887–2908. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.02311a.
Ginanjar, Eggi. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Di SMK.” Journal of Mechanical Education 6, no. 2 (2019): 200–212. https://doi.org/doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21797.
Harianto, Jimi, and Putri Agung. “Peningkatan Pembelajaran PAI Melalui Discovery Inquiry Pada Sekolah Dasar Di Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (November 2019): 203–17. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V10I2.4793.
Hendayani, Meti. “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368.
Hwang, G. “Influences of an Inquiry-Based Ubiquitous Gaming Design on Students’ Learning Achievements, Motivation, Behavioral Patterns, and Tendency towards Critical Thinking and Problem Solving.” British Journal of Educational Technology 48, no. 4 (2017): 950–71. https://doi.org/10.1111/bjet.12464.
Iskandar, Mukhtar. “Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru.” Jambi: Gaung Persada, 2009.
Larson Nippolt, Pamela, and Hui-Hui Wang. “Engaging Youth in Non-Formal Learning through Experiential Learning and Inquiry-Based Learning Methods.” University of Minnesota, 2010.
Ma’rifataini, Lisa Diyah. “Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 11 Bandung.” Edukasi 16, no. 1 (May 2018): 294713. https://doi.org/10.32729/EDUKASI.V16I1.464.
Masturoh, Umi. “Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Model Reggio Emelio Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Asysyubbani Hulaan-Menganti-Gresik.” At-Thufuly: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 26–39.
Muchlis Solichin, Mohammad. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery Pendidikan Agama Islam,” 2017.
Muhaimin, Abdul Ghafir, and Nur Ali. “Strategi Belajar Mengajar.” Surabaya: CV. Citra Media Karya Anak Bangsa, 1996.
Musrifah. “Analisis Kritis Pendidikan Islam Indonesia Di Era Global.” Journal of Islamic Studies and Humanities 3, no. 1 (2018): 67–75. https://doi.org/doi.org/10.21580/jish.31.2341.
Purwanti, Chandra. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Cacat Ganda Di Sekolah Luar Biasa (SLB) G Daya Ananda Yogyakarta,” August 2018.
Putri, Neta. “Studi Komparatif Metode Guided Inquiry Learning Dan Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” IJEE: Indonesian Journal of Economic Education 1, no. 1 (2018): 17–30.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2. Jakarta: Rajawali Press, 2017.
Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berbasis Hots Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills. Vol. 1. Tira Smart, 2019.
Solichin, Mohammad Muchlis. “Tazkiyah Al-Nafs Sebagai Ruh Rekonstruksi Sistem Pendidikan Islam.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (January 2009). https://doi.org/10.19105/TJPI.V4I1.242.
Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” In Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28. Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Bengkulu, 2020.
Uno, Hamzah B. “Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif,” 2014.
Utomo, Kukuh, A.Y. Soegeng, Iin Purnamasari, and Hidar Amaruddin. “Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid19.” MIMBAR PGSD Undiksha 9, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923.
Zubaidah, S. “Improving Creative Thinking Skills of Students through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map.” Journal of Turkish Science Education 14, no. 4 (2017): 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.