Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam Humanis pada Konsep Kurikulum Merdeka: Telaah Pemikiran Abdurrahman Mas’ud
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-07Keywords:
Nilai Humanis, Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka, Abdurrahman Mas’ud.Abstract
Tujuan penelitian ini ialah mengkaji secara mendalam tentang nilai-nilai Islam humanis dalam konsep kurikulum merdeka. Jenis penelitian yaitu basis kepustakaan menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan paradigma kritis. Penelitian ini terdiri dari dua sumber data utama yakni website Kemendikbudristek tentang Kurikulum Merdekai sebagai sumber primer dan artikel-jurnal, buku-buku, dan sumber lain yang relevan sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan Kurikulum Merdeka mengandung nilai-nilai Pendidikan Islam Humanis yaitu nilai pengembangan akal sehat yang terdapat dalam karakteristik pengambangan kompetensi, prinsip memperhatikan hasil kajian umpan balik dan pembelajaran yang berfokus kepada peserta didik, nilai humanisme menuju kemandirian yang terdapat dalam paradigma kurikulum merdeka, nilai semangat keilmuan yang terdapat dalam salah satu aspek dalam mewujudkan tujuan kurikulum merdeka yaitu menumbuhkan kemauan untuk belajar, nilai simbol yang terdapat dalam projek penguatan profil simbol, nilai mengedepankan fungsi daripada simbol yang terdapat dalam aspek prinsip kurikulum yaitu prinsip berfokus pada kompetensi dan prinsip bergotong royong, dan nilai Keseimbangan reward dan punishment yang terbaca dari pengurangan konten dan pembelajaran yang berfokus kepada peserta didik. Diharapkan, temuan ini memberikan kontribusi signifikan dalam memahami nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum merdeka.
Downloads
References
Abidah. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Degradasi Moral Pelajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022): 1349–58.
Anam, Ahmad Muzakkil. “Konsep Pendidikan Pluralisme Abdurrahman Wahid (Gus Dur).” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 17, no. 1 (2019): 81–97. https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i1.1442.
Brooks, Greg. “Joseph Neef (1770-1854): A Forgotten Pioneer of Applying Phonetics and Regularised Phonic Materials To The Initial Teaching of Literacy In English.” Language & History 64, no. 1 (2021): 1–26. https://doi.org/10.1080/17597536.2020.1864983.
Canales, Cecilia, Suzanne Strom, Cynthia T. Anderson, Michelle A. Fortier, Maxime Cannesson, Joseph B. Rinehart, Zeev N. Kain, and Danielle Perret. “Humanistic Medicine in Anaesthesiology: Development and Assessment of a Curriculum in Humanism for Postgraduate Anaesthesiology Trainees.” British Journal of Anaesthesia 123, no. 6 (2019): 887–97. https://doi.org/10.1016/j.bja.2019.08.021.
D., C. P., L. S. Vygotsky, Michael Cole, Vera John-Steiner, Sylvia Scribner, Ellen Souberman, and James V. Wertsch. L. S. Vygotsky: Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes. The American Journal of Psychology. Vol. 92, 1979. https://doi.org/10.2307/1421493.
Eko Hardiawan, Fendy, Qoyim Irfan Rifa, and Ardhana Januar Mahardhani. “Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Melalui Komunitas Gubuk Literasi Pada Masa Pandemi.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 3, no. 1 (2021): 245–52.
Febianti, Yopi Nisa. “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF.” Jurnal Edunomic 6, no. 2 (2018): 93–102.
Firdaus, Firdaus. “Esensi Reward Dan Punishment Dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 1 (2020): 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882.
Herti, Yeti Dwi. “Nilai-Nilai Pendidikan Humanis Dalam Surat An-Nisa Ayat 63.” Jurnal Kependidikan 7, no. 2 (2019): 157–65. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3020.
Huberman, Michael, and Matthew B Miles. The Qualitative Researcher’s Companion. sage, 2002.
Kamala, Izzatin. “Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 11, no. 01 (2019): 1–30. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.187.
Kusumadewi, Rida Fironika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasihah. “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1, no. 1 (2020): 7–13. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927.
Lailatussaidah, Isri, Kambali, and Rusydi. “Konsep Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Mas’ Ud Dalam Konteks Pendidikan Modern.” Journal Islamic Pedagogia 2, no. 2 (2022): 63–71.
Mahmudin, Afif Syaiful. “PENDIDIKAN ISLAM DAN KESADARAN PLURALISME.” TA’LIMUNA 6, no. 1 (2018): 1–8.
Maryam, Ismail. “INTEGRASI KEILMUAN DALAM PANDANGAN ISLAM” 18, no. 1 (2021): 97–109.
Mas’ud, Abdurrahman. Paradigma Pendidikan Islam Humanis, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik. Edited by Yanuar Arifin. Yogyakarta: IRCiSoD, 2020.
Müller, Jochem Wilfried. “Education and Inspirational Intuition - Drivers of Innovation.” Heliyon 7, no. 9 (2021): e07923. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07923.
Nasution, Nurhidayah, Rizcka Fatya Rahayu, Siti Tami Maspupah Yazid, and Destari Amalia. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 12, no. 1 (2018): 9. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879.
Noël, Guillermina. “Fostering Design Learning in the Era of Humanism.” She Ji 6, no. 2 (2020): 119–28. https://doi.org/10.1016/j.sheji.2020.05.001.
Noviati, Wiwi, and Hasil Belajar. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI” 7, no. 2 (2022): 19–27.
Nugroho, Puspo. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanis-Religius.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (2017): 355. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2491.
Nurmalina, Dwi, and Andi Prastowo. “PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Teologi Inklusif Dan Pluralis , Dalam Membentuk Karakter Individu Yang Di-Didiknya , Dan.” Ta’limuna 11, no. 01 (2022): 59–68.
Ottavi, D. “The New Humanism: The Criticism of Educational Progressivism.” Revista Lusofona de Educacao 43, no. 43 (2019): 135–48. https://doi.org/10.24140/issn.1645-7250.rle43.09.
Pendidikan, Dari, Kewarganegaraan Sebagai, Pendidikan Karakter, Atiqah Revalina, Isnarmi Moeis, and Junaidi Indrawadi. “Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau” 8, no. 1 (2023): 24–36.
“Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020,” n.d.
Puskur Dikbud Ristek. “Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.” Kajian Akademik, 2021, 130.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6313–19.
Roshid, Mohammod Moninoor, and Prodhan Mahbub Ibna Seraj. “Interrogating Higher Education’s Responses to International Student Mobility in the Context of the COVID-19 Pandemic.” Heliyon 9, no. 3 (2023): e13921. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13921.
Saftri, Eka, and Ihsan Sa’dudin. “Aplikasi Integrasi Interkoneksi Keilmuan Di Lembaga Pendidikan Tinggi.” Tadrib 5, no. 1 (2019): 122–37. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2731.
Saifullah, Tabrani. “REALITAS KONSEP PENDIDIKAN HUMANISME DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM.” Academic Medicine 74, no. 1 SUPPL. (2017): 96–113. https://doi.org/10.1097/00001888-199901001-00046.
Sari, Rati Melda. “ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” In Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28. Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Bengkulu, 2020.
Sutarmin, Seniati, Darmiyati Zuchdi, and Siti Partini Suardiman. “Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan Di Tk Islam Terpadu.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 2 (2014): 156–66. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2656.
Toni, Nasution. “MEMBANGUN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER.” IJTIMIYAH, Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.