Studi Substansi Artikel dalam Jurnal Golden Age: Langkah Menuju Akreditasi SINTA Peringkat 2

Authors

  • Suismanto Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Abdul Latif Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-01

Keywords:

Kualitas Jurnal, Artikel, Jurnal Terakreditasi, PIAUD

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami bagaimana peningkatan kualitas substansi artikel dapat berkontribusi terhadap pengembangan jurnal Golden Age UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam rangka menuju akreditasi peringkat dua. Studi ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, dengan sumber data utama berupa dokumen/arsip jurnal bereputasi nasional (SINTA 2) dan wawancara semi-terstruktur dengan pengelola jurnal tersebut. Observasi partisipatif pasif, semi-wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data dilakukan menggunakan code-based analysis dan case-based analysis dalam Qualitative Data-Mining (QDM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal Golden Age telah berhasil melakukan peningkatan substansi artikel dalam satu tahun terakhir, dengan fokus pada aspek-aspek seperti orisinalitas, penulisan, dan penggunaan referensi. penelitian menunjukkan bahwa jurnal golden age UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam satu tahun cukup baik. Jurnal golden age telah menyusun pedoman untuk mengkaji artikel, dan meningkatkan kualitas substansi artikel golden journal mengacu pada kriteria, yaitu: orisinalitas, plagiarisme, judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Temuan ini berpotensi mempengaruhi praktik penulisan dan pengelolaan jurnal di masa depan, dan berkontribusi pada pengetahuan tentang bagaimana membangun jurnal bereputasi nasional yang dapat memperkaya bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suismanto, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

 

Muhammad Abdul Latif, Universitas Trunojoyo Madura

 

 

References

Adhikara, MF Arrozi, Sri Handayani, Sapto Jumono, and Darmansyah Darmansyah. “Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas 1, no. 1 (2014): 41–53.

Balhara, Yatan Pal Singh. “Indexed Journal: What Does It Mean?” Lung India : Official Organ of Indian Chest Society 29, no. 2 (April 2012): 193. https://doi.org/10.4103/0970-2113.95345.

Daud, Adzliana Mohd, Jizah Omar, Punia Turiman, and Kamisah Osman. “Creativity in Science Education.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 59 (2012): 467–74.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Gibbs, Anita. “Improving Publication: Advice for Busy Higher Education Academics.” International Journal for Academic Development 21, no. 3 (July 2016): 255–58. https://doi.org/10.1080/1360144X.2015.1128436.

Hadisi, La. “Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.” Al-Ta’dib 8, no. 2 (2015): 50–69.

Isa, Sani Muhamad, Benfano Soewito, and Fergyanto E Gunawan. “Pengaruh Perangkat Lunak Managemen Referensi Pada Peningkatkan Motivasi Publikasi Para Pendidik.” ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 2016, 243. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1795.

Ismail, and Elihami. “Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang.” Maspul Journal of Community Empowerment 1, no. 1 (2019): 12–20.

Jatmiko, Wisnu dkk. Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Universitas Indonesia. Universitas Indonesia, 2015.

Masodi, Masodi, Suhartatik, Mufti Syafiuddin, Hodairiyah Hodairiyah, Siti Arifah, and Abd Azis. “Pendampingan Evaluasi Diri Jurnal Estetika Menuju Jurnal Terakreditasi Nasional.” I-Com: Indonesian Community Journal 2, no. 3 (2022): 776–87. https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1935.

Pamelasari, Stephani Diah, Endah Fitriani Rahayu, and Aji Saputra. “Pendampingan Penerbitan Dan Penyiapan Akreditasi Nasional Bagi Pengelola Jurnal Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Di Kota Semarang.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 6, no. 2 (2021): 653–62.

Purnama, Sigit, Hafidh ’Aziz, Muhammad Abdul Latif, Mustamid Mustamid, and Suismanto Suismanto. “Pemetaan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Dan Mapping Publikasi Hasil Penelitian Pada Jurnal Golden Age.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. 3 (2020): 101–14. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-06.

Rahmawati, Cut, Helwiyah Zain, Program Studi, Teknik Sipil, Program Studi, Ekonomi Pembangunan, Universitas Abulyatama, and Aceh Besar. “Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 8, no. 1 (2018): 30–36.

Rohmah, Nafilatur, Muhammad A.Y Huda, and Kusmintardjo. “Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Penulisan Karya Ilmiah ( Studi Multi Kasus Pada UNISDA Dan STAIDRA Di Kabupaten Lamongan).” Jurnal Pendidikan 1, no. 7 (2016): 1312–22.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaudih. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara, 2021.

Tafonao Talvin, Talizaro, and Fransiskus Irwan Widjaja. “Pembinaan Dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Kalangan Dosen Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta.” Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 3 (2021): 127–34. https://doi.org/10.35912/yumary.v1i3.154.

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Suismanto, & Muhammad Abdul Latif. (2023). Studi Substansi Artikel dalam Jurnal Golden Age: Langkah Menuju Akreditasi SINTA Peringkat 2. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-01

Issue

Section

Articles