Agama, Pengetahuan dan Transformasi: Meneguhkan Fungsi dan Eksistensi Madrasah Melalui Peran Guru Agama
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-02Keywords:
Tafaqquh fi al-Diin, Madrasah, Religious TeacherAbstract
Guru memiliki peran penting dalam pendidikan, baik dalam lembaga formal maupun non-formal. Interaksi guru dengan peserta didik memiliki potensi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mempertahankan eksistensi lembaga. Kriteria ideal seorang guru memiliki pengaruh besar terhadap tujuan pendidikan yang lestari, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data manusia dan non-manusia. Subyek penelitian adalah Guru Agama di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru sebagai agen pembelajaran memiliki peran signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan di lembaga pendidikan. Guru agama di Madrasah Aliyah Al-Islam memiliki tanggung jawab dan pengetahuan khusus, serta berperan penting dalam mempertahankan eksistensi madrasah sebagai lembaga tafaqquh fi ad-dīn. Guru perlu menjalankan tugas dengan komitmen, kepribadian yang baik, jiwa sosial yang tinggi, dan semangat profesionalisme. Keberhasilan guru dalam tugasnya berimplikasi pada kepercayaan masyarakat terhadap Madrasah Aliyah Al-Islam, yang menjaga eksistensinya. Guru agama melaksanakan fungsi-fungsi seperti Ustadz, mu’allim, murabbiy, mursyid, mudarris, dan mu’addib dalam mempertahankan fungsi lembaga sebagai lembaga tafaqquh fi al-diin.
Downloads
References
A-Barjasy. 'Arif Mufdhi, at-taujiih al-islami li an-nasy'I fi falsafati al-Ghozali Darul Andalus Li at-tiba'ah wa an-nasyr wa at-tauzi'. tt.
Arikunto Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Drajat, Zakiah dkk.1996 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksra,
Gafur, Abd.2005. Potert Pendidikan Anak-Anak Pengungsi Sebuah Studi di Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo Jawa Timur. Ulul Albab, Vol. 6. No. 2. 2005
‘Irsan Al-Kailani. Majid, Cet II. 1986, “Al-fikr Al-Tarbawi ‘Inda Ibn Taimiyah” Madinah Munawwaroh: Maktabah Darut Turots.
J. Moleong, Lexy. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Khalid Fatoni, Muhammad 2005, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Aagama RI, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Mahfudh, Sahal. 2003, Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKIS,
Malik Fajar, H.A. 1998. Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia (LP3NI)
Mandaru MZ. 2005. Guru Kencing Berdiri Murid Kencing Berlari. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Marzuki, 2000. Metode Riset, Yogyakarta : Bagian Penerbit, Fakultas Ekenomi UII,
Moh. Nazir, 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Galia Indonesia, cet. 3
Muchtar Buchori, 1994. Spektrum Probematika Pendidikan Islam. Jogjakarta: PT. Tiara Wacana.
Muhaimmin, cet. 3 .2004, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah Dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Munir Mulkhan, Abdul, Dilema Madrasah di Antara Dua Dunia http :// www. kompas.com /kompas-cetak/0111/23/opini/dile35.htm di akses 19 Agustus 2006
Nasution, S. 2004, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Nata, Abuddin, 2003, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media,
Sujanto, Agus 1980, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Aksara Baru.
Sutrisno Hadi, 1989, Metodologi Research II, Yokyakarta: Andi Offset.
Tafsir, Ahmad, 2001, Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Undang-Undang Republik Indonesia, no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara. 2006
Zamroni, Paradigma Pendidkan Masa Depan, Yogyakarta: BIGRAF Publising
Zuhairini, Dkk, 1997.. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara.
Zuhairini, Abd. Ghofir. 2004, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.