Pengaruh Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MIN 1 Gunungkidul
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan hasil belajar bangun ruang menggunakan media kongkret pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gunungkidul.
Metode – Metode penelitian tindakan kelas, mengikuti model Kemmis dan Taggart, diterapkan melalui siklus perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 18 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, dengan analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV menggunakan media konkret berupa alat peraga bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 78,6 siklus I sebesar 79,6 dan pada siklus II menjadi 83,2 pada rentang skor nilai 0-100. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 66,7%, siklus I mencapai 63% dan pada siklus II mencapai 87,06%. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa sudah mencapai KKM, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV MIN 1 Gunungkidul Tahun Ajaran 2023/2024. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media konkret dapat secara efektif meningkatkan pemahaman matematika siswa. Implikasinya meluas ke luar konteks Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gunungkidul, menawarkan wawasan bagi pendidik global dalam mengintegrasikan metode serupa untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
Downloads
Article Details
References
Ardiansyah, R., Lutfiana, R. F., & Suita, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Dengan Media Kongkret Materi Bangun Datar Kelas 1 A SDN Tlogomas 2. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12041–12051. https://doi.org/doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1821
Bahar, H. M., Amirul, I. S., & Sudadi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Interaktif Dan Benda Kongkret Pada Peserta Didik Kelas III SDN Keputran 06. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 123–130. https://doi.org/doi.org/10.36654/educatif.v4i4.254
Febriana, F., Siwi, D. A., & Rahayu, C. P. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Benda Kongkret. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 17–23. https://doi.org/oi.org/10.36654/educatif.v4i3.110
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Jermias, O. (2016). Penggunaan Media Kongkret Dalam Pembelajaran Geometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD Karanggondang. Basic Education, 5(6), 536–542.
Maemunah, U. J., & Hasanah, S. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kongkret Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di SDIT Kaifa Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 143–155.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1).
Monica, A. (2020). Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 344–360. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V1I3.168
Putri Cahyani, E., Dwi Wulandari, W., Eti Rohaeti, E., Yusnita Fitrianna, A., & Siliwangi, I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Numeracy, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.46244/NUMERACY.V5I1.309
Ratnasari, E., & Indarini, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Make A Match Berbantuan Media Kongkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 29–40. https://doi.org/doi.org/10.21009/jpd.v14i01.36274
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886
Wajiani, W. (2020). Penggunaan Media Kongkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Negeri 020 Kemang Manis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 399–406.