Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SD/MI

Authors

  • Endang Sulistyowati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8962

Keywords:

Problem Solving, Elementary Mathematics

Abstract

Pemecahan masalah merupakan ketrampilan yang harus diajarkan sejak dini. Pemecahan masalah dapat diajarkan pada mata pelajaran apapun, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Dalam pengajaran pemecahan masalah harus diperhatikan empat langkah pemecahan masalah, yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan memeriksa kembali. Guru harus memperhatikan model soal dan tingkat kesulitannya, serta alokasi waktu pengajaran, agar siswa semakin merasa tertantang tapi tidak menimbulkan stress.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. Berbagai soal Olimpiade Matematika SD

Suherman, Erman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

http: //kangguru.wordpress.com/2007 /02/01 / teknik-pemecahan-masalah-ala-g-polyal diakses pada tanggal 16 November 2008 jam 13.40.

Anonim, Modul Pelatihan Pembelajaran Matematika Hakiki, Jakarta: Yayasan Pendidikan luhur, Jakarta International School, 2006.

Utami, Munandar, S.C, Kreatifitas dan Keberbakatan: Strategi mewujudkan Potensi Kreatif dan Berbakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

PGMI, Kurikulum Matematika I dan Pembelajaranrya, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008.

PGMI, Kurikulum Matematika II dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Pusat Kurikulum Depdiknas, Kurikulum 2006 (diakses pada tanggal 14

Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. http:/www.puskur.net/ Oktober 2008 jam 10.15.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Sulistyowati, E. (2018). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SD/MI. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8962