Penggunaan Pendekatan Learning By Playing pada Pembelajaran Sains MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8963Keywords:
learning by playing, kids, learningAbstract
Usia anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia pada umumnya berkisar antara 6-12 tahun. Pada usia tersebut berdasarkan teori kognitif yang dikemukakan oleh Piaget termasuk dalam fase operasional konkrit, dimana aspek berfikir siswa cenderung pada hal-hal yang konkrit. Anak juga masih senang bermain, karena bermain adalah suatu kebutuhan bagi anak. Sesuai dengan kondisi psikologis anak dan kondisi fisik anak yang masih dalam pertumbuhan, maka rancangan pembelajaran yang disusun dengan bermain, membuat anak belajar sesuai dengan tuntutan taraf perkembanganya. Oleh karena itu pendekatan learning by playing sangat cocok diterapkan pada pelajaran sains tingkat SD / MI, karena didasari aspek psikologi siswa yang masih senang bergerak dan aspek berfikirnya yang cenderungpada hal-halyang konkrit.
Downloads
References
Anonim, Al-Qur'an dan Terjemahanya, Semarang: PT Karya Toha Putra, 1999.
Anonim, Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP IPA-SD, Jakarta: Depdikbud, 2004.
Anonim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY, 1995.
AS, Darwis, Teori dan Praktek Pengajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 1979.
Crow and Crow. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin. 1994.
Djamaroh, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan , Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Galib, La Maronta, Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran Sains di Sekolah, wWW. depdiknas.com, 2005.
Hopper, Eric, Learning By Playing Around, www.instituteforplay.com, 2003.
Mohammad Amien, Hakikat Sains, FMIPA UNY.
Mudlofier, Teknologi Instruksional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
Nurdin Ibrahim, Hubungan Tempat Tutorial Tatap Muka dengan Hasil Belajar siswa SLTP Terbuka. www.pustekom.go.id.
Rifai, Veithzal, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Belajar Mahasiswa, Jakarta: STIE Ganesha, 1999.
Rustaman, Nuryani Y, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA UPI, 2003.
S.D, I Nyoman, Ilmu Pengqjaran: Taksonomi Variabel, Jakarta: Ditjend Dikti Depdiknas, 1989.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.
Semiawan, Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar), Jakarta: PT Prenallindo, 2002.
Sudarmastuti, Skripsi, Analisis lsi Naskah Buku Biologi SLTP untuk Kelas I Kaitannya dengan Proses Sains dan Perkembangan Mental Anak, Yogyakarta: FMIPA UNY, 1998.
Sudono, Anggrani, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2000.
Suhardi, Landasan Pengembangan Model Buku Pelajaran Mata Pelajaran Sains, Yogyakarta: FPMIPA UNY, 2002.
Tejasaputra, Mayke S, Bermain, Mainan, dan Permaina,. Jakarta: Grasindo, 2001.
L., Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.