Menumbuhkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Anak dengan Mengenal Gaya Belajarnya dalam Pembelajaran Ipa SD

Authors

  • Siti Fatonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8968

Keywords:

multiple intelligence, learning style, learning

Abstract

Pada hakikatnya seorangpendidik adalah seorangfasilitator, Fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, maupun konatif Seorangpendidik hendaknya mampu membangun suasana be/ajar yang kondusif untuk belajar-mandiri (self-directed learning). Ia juga hendaknya mampu menjadikan proses pembelajaran sebagai kegiatan eksplorasi diri, Gardner menegaskan bahwa setidaknya ada 8 macam kecerdasa dalam diri anak, Kedelapan kecerdasan tersebut dapat ditumbuhkan oleh guru rlengan mengenal berbagai gaya belajar pada anak, Setiap pribadi manusia memiliki “self-hidden potential excellece" (mutiara talenta yang tersembunyi di dalam diri), tugas pendidikan yang sejati adalah membantu peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan potensi yang ada pada anak seoptimal mungkin, Hal ini bisa berhasil apabila semua guru (termasuk IPA SD) memahami kecerdasan majemuk.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, Mohammad, Hakikat Sains, Yogyakarta: FMIPA UNY, 2000.

Amin, Abdullah dan Rahmat (pengantar), Machali, Imam dan Mustofa (ed), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2004.

Armstrong, Thomas, Kinds of Smart: Identifying and Developing Your Multiple Intelligences (Terjemahan T, Hermaya: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Multiple Intelligences), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Baharuddin dan E, Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2007.

Darwis AS, Teori dan Praktek Pengajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 1979.

Galib, La Maronta, “Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah:, www, depdiknas,com, 2005.

Gardner, Howard, Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk) Teori dan Praktek, Jakarta: Interaksara, 2003.

Halimah, Lely, dkk, Menumbuhkembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa SD Melalui Penerapan Metodologi Quantum Teaching dalam Pembelajaran Tematik, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2006.

Mulyasa, Menjadi Guru Profiional• Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bina Aksara, 1982.

Sudono, Anggani, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2000.

Suhardi, Landasan Pengembangan Model Buku Pelajaran Mata Pelajaran Sains, Yogyakarta: FPMIPA UNY, 2002.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 2001.

Suparno, Paul, Teori lnteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakana: Kanisius, 2004.

Zuchdi, Darmiyati, Panduan Penelitian Analisis Konten, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta, 1993.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Fatonah, S. (2024). Menumbuhkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Anak dengan Mengenal Gaya Belajarnya dalam Pembelajaran Ipa SD. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8968