Menumbuhkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Anak dengan Mengenal Gaya Belajarnya dalam Pembelajaran Ipa SD
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8968Keywords:
multiple intelligence, learning style, learningAbstract
Pada hakikatnya seorangpendidik adalah seorangfasilitator, Fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, maupun konatif Seorangpendidik hendaknya mampu membangun suasana be/ajar yang kondusif untuk belajar-mandiri (self-directed learning). Ia juga hendaknya mampu menjadikan proses pembelajaran sebagai kegiatan eksplorasi diri, Gardner menegaskan bahwa setidaknya ada 8 macam kecerdasa dalam diri anak, Kedelapan kecerdasan tersebut dapat ditumbuhkan oleh guru rlengan mengenal berbagai gaya belajar pada anak, Setiap pribadi manusia memiliki “self-hidden potential excellece" (mutiara talenta yang tersembunyi di dalam diri), tugas pendidikan yang sejati adalah membantu peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan potensi yang ada pada anak seoptimal mungkin, Hal ini bisa berhasil apabila semua guru (termasuk IPA SD) memahami kecerdasan majemuk.
Downloads
References
Amien, Mohammad, Hakikat Sains, Yogyakarta: FMIPA UNY, 2000.
Amin, Abdullah dan Rahmat (pengantar), Machali, Imam dan Mustofa (ed), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2004.
Armstrong, Thomas, Kinds of Smart: Identifying and Developing Your Multiple Intelligences (Terjemahan T, Hermaya: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Multiple Intelligences), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Baharuddin dan E, Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2007.
Darwis AS, Teori dan Praktek Pengajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 1979.
Galib, La Maronta, “Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah:, www, depdiknas,com, 2005.
Gardner, Howard, Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk) Teori dan Praktek, Jakarta: Interaksara, 2003.
Halimah, Lely, dkk, Menumbuhkembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa SD Melalui Penerapan Metodologi Quantum Teaching dalam Pembelajaran Tematik, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2006.
Mulyasa, Menjadi Guru Profiional• Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bina Aksara, 1982.
Sudono, Anggani, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2000.
Suhardi, Landasan Pengembangan Model Buku Pelajaran Mata Pelajaran Sains, Yogyakarta: FPMIPA UNY, 2002.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 2001.
Suparno, Paul, Teori lnteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakana: Kanisius, 2004.
Zuchdi, Darmiyati, Panduan Penelitian Analisis Konten, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta, 1993.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.