Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 Di MI Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9082Keywords:
Asesmen otentik, Kurikulum 2013Abstract
Perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13) yang diberlakukan di beberapa sekolah di Yogyakarta, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI), tidak semuanya berjalan dengan lancar.Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar penilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan peserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses dan hasil pembelajaran, serta meliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran di MIN Jejeran Bantul, MIN Yogyakarta I dan MIN Yogyakarta II, meliputi; 1) perencanaan asesmen otentik; 2) implementasi asesmen otentik dalam proses pembelajaran; 3) kendala yang dihadapi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik, dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Perencanaan penilaian autentik dilakukan pada saat pembuatan RPP. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penilaian autentik adalah observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, jurnal, tes lisan, tes tertulis, penugasan, dan unjuk kerja. Proses penilaian autentik dilaksanakan terintegrasi dengan proses pembelajaran tematik di kelas. Faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian autentik antara lain, adanya buku panduan guru, workshop dan diklat terkait kurikulum 2013, dan kerjasama yang baik antar guru. Sementara itu faktor penghambatnya yakni, terlalu banyaknya ranah yang dinilai, banyaknya jenis evaluasi, sulit didapatkannya buku tematik, dan guru merasa ada kesulitan tersendiri saat mereka memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD nya. Faktor penghambatnya adalah terlalu banyak ranah yang dinilai, sulit didapat dan terlambatnya buku tematik, serta adanya kesulitan tersendiri yang dialami oleh guru saat memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD
Downloads
References
Arifin, Zaenal, Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002
Azwar, Saifudin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Direktorat Pendidikan pada Madrasah, Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2006.
Fadillah, M, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/ MTs, & SMA/MA, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014.
Jujani, Muhammad, “Keterlaksanaan Penilaian Autentik (Authentic Assessment) pada mata pelajaran IPA-Biologi di Kelas VII MTsN Sleman Kota Tahun Ajaran 2008/2009”, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, 2009.
Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena, 2014.
Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Majid, Abdul, Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Margono, Metodologi Penelitian Pen didikan; Komponen MKDK, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Masruroh, “Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Muntilan Magelang”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014.
Purwanto, Ngalim Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Yogyakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Tim Penyusun, Buku Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Strata Satu PGMI. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Wiraatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.