Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 Di MI Yogyakarta

Authors

  • Siti Fatonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9082

Keywords:

Asesmen otentik, Kurikulum 2013

Abstract

Perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13) yang diberlakukan di beberapa sekolah di Yogyakarta, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI), tidak semuanya berjalan dengan lancar.Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar penilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan peserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses dan hasil pembelajaran, serta meliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran di MIN Jejeran Bantul, MIN Yogyakarta I dan MIN Yogyakarta II, meliputi; 1) perencanaan asesmen otentik; 2) implementasi asesmen otentik dalam proses pembelajaran; 3) kendala yang dihadapi.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data dilakukan dengan menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik, dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan Perencanaan penilaian autentik dilakukan pada saat pembuatan RPP. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penilaian autentik adalah observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, jurnal, tes lisan, tes tertulis, penugasan, dan unjuk kerja. Proses penilaian autentik dilaksanakan terintegrasi dengan proses pembelajaran tematik di kelas. Faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian autentik antara lain, adanya buku panduan guru, workshop dan diklat terkait kurikulum 2013, dan kerjasama yang baik antar guru. Sementara itu faktor penghambatnya yakni, terlalu banyaknya ranah yang dinilai, banyaknya jenis evaluasi, sulit didapatkannya buku tematik, dan guru merasa ada kesulitan tersendiri saat mereka memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD nya. Faktor penghambatnya adalah terlalu banyak ranah yang dinilai, sulit didapat dan terlambatnya buku tematik, serta adanya kesulitan tersendiri yang dialami oleh guru saat memilah dan mengelompokkan soal sesuai dengan KD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal, Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002

Azwar, Saifudin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Direktorat Pendidikan pada Madrasah, Standar Isi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2006.

Fadillah, M, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/ MTs, & SMA/MA, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014.

Jujani, Muhammad, “Keterlaksanaan Penilaian Autentik (Authentic Assessment) pada mata pelajaran IPA-Biologi di Kelas VII MTsN Sleman Kota Tahun Ajaran 2008/2009”, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, 2009.

Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena, 2014.

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Majid, Abdul, Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Margono, Metodologi Penelitian Pen­ didikan; Komponen MKDK, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Masruroh, “Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Muntilan Magelang”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014.

Purwanto, Ngalim Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya, Yogyakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Tim Penyusun, Buku Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Strata Satu PGMI. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Wiraatmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Fatonah, S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Otentik Kurikulum 2013 Di MI Yogyakarta. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.9082