Pengembangan Program Matrikulasi Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah

Authors

  • Rizqa Barokatunisa

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2018.32-02

Keywords:

Material Development, Mahârah Istimâ’, Mahârah Kalâm, Matriculation Program

Abstract

This study aims to determine the concept of developing language teaching or material mahârah istim 'and mahārah kalâm in Arabic matriculation at MAN 1 Boyolali. This research uses research and development (R&D) methods that are used to produce a particular product. The steps taken are needs analysis, learning design, product development, validation of media experts and material experts, teacher and/or student responses, revisions, and final / product development. Data collection methods used were observation, tests, documentation, and interviews. The concept of developing material in this study there are five, namely analysis, design, development, evaluation and revision. There are seven steps in the design of learning material development in this study, namely: Requirement analysis, Learning design, Product development (teaching material), Product validation, Teacher and student responses, Revision, and Product material/teaching material. According to the data obtained from observations and interviews shows that the matriculation program is proven effective in improving students' ability in learning Arabic, especially in mahārah istimâ ’and mahārah kalâm.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pengembangan bahasa ajar atau materi mahârah istimâ’ dan mahârah kalâm dalam matrikulasi bahasa Arab di MAN 1 Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Langkah – langkah yang dilakukan adalah analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi ahli media dan ahli materi, respon guru dan atau siswa, revisi, dan hasil akhir/ produk pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Konsep pengembangan materi dalam penelitian ini ada lima, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, evaluasi dan revisi. Langkah – langkah dalam desain pengembangan materi pembelajaran dalam penelitian ini ada tujuh, yaitu : Analisis kebutuhan, Desain pembelajaran, Pengembangan produk (materi ajar), Validasi produk, Respon guru dan siswa, Revisi, dan Produk materi/ bahan ajar. Menurut data yang dipeoleh dari observasi dan wawancara menunjukkan bahwa program matrikulasi terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam mahârah istimâ’ dan mahârah kalâm.

Kata Kunci: Pengembangan Materi, Mahârah Istimâ’, Mahârah Kalâm, Program Matrikulasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achsan, Muh. Fuad, Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Maharâh Istimâ’ berbasis Aplikasi Autoplay (Penelitian eksperimen di MAN 2 Boyolali), Yogyakarta: Thesis UIN SUKA

Al-Khomis bin Abdur Rahman, Fan al-Istimâ wa Turuq Tadrisihi waIkhtibarihi, www.mitaka .net/forums/mulka281137

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 1994.

Ediyani, Muhammad, Pengembangan Materi Pembelajaran Maharâh Istimâ’ Berbasis Media Lectora Inspire di Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Lhoksumawe Aceh,Yogyakarta: Thesis UIN SUKA

Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Penerbit Misykat, 2005.

Fadlilah, Nurul, Desain Materi Matrikulasi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Lulusan SMP di MA Al-Azhar Andong Boyolali, Yogyakarta : Thesis Universitas Islam Negeri.

Hanany, A Syagif, Penerapan Strategi Listening in Action dalam meningkatkan kemampuan Maharâh Istimâ’, Jurnal Al-Af’idah Vol.1 No.1, 2017.

Jauhari, Qomi Akid, Pembelajaran Maharâh Istimâ’ di Jurusan PBA UIN Maulana Malik Ibrahim, Jurnal Tarbiyatuna Vol. 3 No.1, 2018.

Khaldun, Ibnu, Pendekatan Pembelajaran Matrikulasi Bahasa Arab Pada Madrasah dan Perguruan Tinggi Agama Islam (Analisis Komunikasi Pembelajaran Model TCM-SCM), JL3T, Vol II, No. 2, 2016

Mahmud Kamil an-Naqoh, Rusydy Ahmad Thuaimah, Thoroiq tadris al-Lughoh al-‘Arabiyah li ghoiri an-Nathiqina biha, Riyadh: al-Ma’arif al-Jadidah, 2003.

Margono, Metodologi penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Modlofir, Ali, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali, 2011.

Muhammad Wali, Fadhil Futuhy, Tadris al-Lughoh al-Arabiyah fi al-Marhalah al-Ibtidaiyyah, Dar al-Andalus al-Hadlro, 1900.

Rektor Universitas Indonesia No: 008/SK/R/UI/2008 tentang Penyelenggaraan Matrikulasi untuk Program Magister dan Doktor Universitas Indonesia

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2006.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Syabi, Su’ad, 3-5 Oktober, Ta’lim al-Lughoh al-‘Arabiyah lighoir an-Nathiqin biha bi Isti’mal al-Wasaith at-Ta’limiyah, Makalah Seminar Nasional Bahasa Arab (Penyebaran Bahasa Arab dan budayanya di dunia), Jakarta: Universitas Indonesia, 2013.

Downloads

Published

2020-01-24

How to Cite

Barokatunisa, R. (2020). Pengembangan Program Matrikulasi Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 3(2), 14–29. https://doi.org/10.14421/edulab.2018.32-02

Issue

Section

Articles