Efektivitas Media Pop-Up Book Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Purworejo

Authors

  • Alvita Nur Aini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitri Yuliawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-01

Keywords:

Media Pop-up Book, Interest Learning, Cultural Diversity

Abstract

One of the themes contained in Civics subjects is Cultural Diversity. Based on the author's observations there are still many grade IV students of MIN 1 Purworejo who lack enthusiasm and interest in following these lessons. Departing from this background, this study aims to determine differences in the learning interests of students who use pop-up book media with students without the use of media in learning cultural diversity. This study used an experimental model with the design of Nonequivalent Control Group Design involving 36 class IV students. Total sampling or census techniques are applied to determine the number of samples. The instruments used in this study were the observation sheet and questionnaire. Data were collected using a valid and reliable questionnaire, then analyzed using the Independent Samples T-Test. The results showed that there were differences in interest in learning from different treatments where the use of pop-up book media was effective against students' interest in learning on cultural diversity material.

Abstrak: Salah satu tema yang dimuat dalam mata pelajaran PPKn adalah tentang Keragaman Budaya. Berdasarkan hasil observasi penulis masih banyak siswa kelas IV MIN 1 Purworejo yang kurang semangat dan minat dalam mengikuti pelajaran tersebut. Berangkat dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik yang menggunakan media pop-up book dengan peserta didik tanpa penggunaan media pada pembelajaran keragaman budaya. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan 36 peserta didik kelas IV. Teknik sampling total atau sensus diterapkan guna menentukan jumlah sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Data dikumpulkan menggunakan angket yang valid dan reliable, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar dari perlakuan yang berbeda dimana penggunaan media pop-up book efektif terhadap minat belajar peserta didik pada materi keragaman budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Arum, Rizky, and Friendha Yuanta. “Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku.” Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, October 31, 2019, 2. doi:10.25105/semnas.v0i0.5875.

Bluemel, and Taylor. Pop Up Book: A Guide for Teachers and Librarians. USA: Library of Congress Cataloging-in-Publication-Data, 2012.

Dzuanda. “Design Pop Up Child Book Puppet Figure Series Gatotkaca.” Library ITS Undergraduate, n.d.

“ITS-Undergraduate-5380-3402100054-Abstract Id.Pdf.” Accessed November 18, 2020. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-5380-3402100054-abstract%20id.pdf.

Kustandi, Cecep. Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Mikarsa, Hera Lestari, and dkk. Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Paramita, Olga, and Tias Ernawati. “Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Singosaren.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 6, no. 3 (July 15, 2020). doi:10.30738/trihayu.v6i3.8155.

“Permendiknas-No-22-Tahun-2006.Pdf.” Accessed December 10, 2020. https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf.

Putri, Adelita, Trisakti Handayani, and Mafruzah Mafruzah. “Penggunaan Media Papan Kartu Bhineka untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Keragaman Budaya Siswa Kelas 4 SDN Tlogomas 2.” Jurnal Basicedu 3 (April 2, 2019): 141–45. doi:10.31004/basicedu.v3i1.100.

Rahmadani, Ervi. “Pengaruh Penggunaan Media Pop Up dan Media Big Book Terhadap Minat Baca Peserta Didik,” n.d., 15.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Suryani, Nunuk, and dkk. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

“UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI].” Accessed December 10, 2020. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Downloads

Published

2020-12-27

How to Cite

Nur Aini, A., & Yuliawati, F. (2020). Efektivitas Media Pop-Up Book Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Purworejo. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 103–117. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-01

Issue

Section

Articles