Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Tamrîn Lughoh Kelas VIIC MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-03Keywords:
Communicative Approach, Teaching, Tamrîn LughohAbstract
This study aims to determine the teaching process of Tamrîn Lughoh with a communicative approach in class VII C of MTs Ibnul Qoyyim Putri, what are the obstacles in teaching Tamrîn Lughoh with a communicative approach, and what solutions are made by the teacher to overcome these obstacles. This study used a qualitative approach by involving class VII C students of MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta as research subjects. In data collection, the techniques used are through interviews, observation, and documentation. Then the data were analyzed qualitatively. The results showed that the implementation of Tamrîn Lughoh's teaching in class VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, in terms of learning objectives, teaching methods and materials used, the material being taught, and evaluations applied were following communicative language teaching, both principles, and characteristics in language teaching with a communicative approach. As for the obstacles faced by teachers, the first is the lack of supporting learning media. The second environment, the third depends on individual learners. Meanwhile, the solution effort is carried out by collaborating with the madrasah to see the needs of the madrasah infrastructure, directing students to manage their study time properly, and motivating the importance of learning foreign languages for their future.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajaran Tamrîn Lughoh dengan pendekatan komunikatif di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri, apa saja kendala dalam pengajaran Tamrîn Lughoh dengan pendekatan komunikatif, dan usaha solutif apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan siswa kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta sebagai subyek penelitian. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran Tamrîn Lughoh di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, dari segi tujuan pembelajaran, metode dan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi yang diterapkan telah sesuai dengan pengajaran bahasa komunikatif, baik prinsip-prinsip maupun karakteristik dalam pengajaran bahasa dengan pendekatan komunikatif. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru, pertama adalah minimnya media pembelajaran yang mendukung. Kedua lingkungan, ketiga bergantung pada individu peserta didik. Sedangkan usaha solutif yang dilakukan dengan menjalin kerjasama pada pihak madrasah untuk melihat kebutuhan infrastruktur madrasah, mengarahkan peserta didik untuk mengatur waktu belajar mereka dengan baik, dan memberikan motivasi akan pentingnya belajar bahasa asing bagi masa depan mereka.
Downloads
References
Ali, Nur. metode yang digunakan oleh beliau pada saat pembelajaran berlangsung, March 29, 2018. Perpustakaan.
———. Tujuan Pengajaran Tamrîn Lughoh di MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, March 29, 2018. Perpustakaan.
———. Wawancara Tentang Kendala Pengajaran Tamrîn Lughoh, April 29, 2018. Perpustakaan.
———. Wawancara Tetang Usaha Solutif dalam Mengatasi Kendala Pengajaran Tamrîn Lughoh, April 29, 2018. Perpustakaan.
Aziez, Furqonul, and A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996.
Fauzani, Arief. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Tamrin Lughoh Pada Siswa Kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putra.” UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Husna, Khazinatul. Penerapan Pedekatan Komunikatif dalam Model Pembelajaran, 05 2018.
Indah. Penggunaan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tamrîn Lughoh, January 16, 2018.
Iskandarwassid, and Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Muradi, Ahmad. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 1 (n.d.): 2014.
Observasi dan wawancara kepada tiga siswi kelas VII C tentang Pengajaran Tamrîn Lughoh, March 31, 2018.
“Observasi Pembelajaran Tamrîn Lughoh.” MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, January 22, 2018.
Praherdhiono, Henry. Teoridan Implementasi Teknologi Pendidikan. Seribu Bintang, 2019.
Rabawati, Kentarsih, M. Sutama, and M. Gosong. “PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DENPASAR.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 2, no. 0 (May 22, 2013). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/581.
Rafli, Zainal. Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat. Yogyakarta: Garudhawaca, 2015.
Santoso, Sabar. “Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif Di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta.” Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.
Subur. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan 13, no. 2 (2008).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Syakur, Nazri. Revolusi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Dari Pendekatan Komunikatif Ke Komunikatif Kambiumi. Yogyakarta: Pedadogia, 2010.
Syihabuddin, Nadhif. “Kajian Teoritis Pendekatan Komunikatif Dalam Pengajaran Bahasa Arab.” UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Wahyuningsi, Endang. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran.” Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 3, no. 2 (December 6, 2019): 179-190–190. doi:http://dx.doi.org/10.30651/lf.v3i2.3102.
Wawancara dengan Tiga Siswi Kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim di Masjid Ibnul Qoyyim, April 18, 2018.
Zarkasyi, Imam, and Imam Syubbani. Durūsu Al-Lughoh al-’Arabiyyah. 2nd ed. Ponorogo: Trimurti Gontor Press Ponorogo, n.d.