Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Falah Jakenan Pati
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-06Keywords:
Arabic Language, Problematic of Arabic LearningAbstract
It is a necessity when the interaction of teachers and students in the learning process will face various problems and obstacles. This article aims to parse what problems occur in the classroom during the Arabic learning process and to find the right solution so that the problems faced can be resolved. This research is qualitative. Collecting data related to writing this article using interviews and direct observation of research subjects and literature review for about two months the author did an internship or PPL. When the writer did observation or mini research, the writer found several problems when the learning process occurred in the classroom. Starting from students getting rowdy when learning, not paying attention to learning, not being able to answer when asked, and there are many other problems when learning Arabic. This can be used as material for evaluation and collective reflection so that our education will be of more quality and quality.
Abstrak: Sebuah keniscayaan ketika interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran akan menghadapi berbagai persoalan dan kendala. Artikel ini bertujuan untuk mengurai persoalan-persolan apa saja yang terjadi di dalam kelas pada saat proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung dan mencarikan solusi yang tepat sehingga persoalan yang dihadapi dapat terselesaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data terkait penulisan artikel ini menggunakan metode wawancara dan observasi langsung terhadap subjek penelitian serta kajian pustaka selama kurang lebih dua bulan penulis melakukan magang atau PPL. Saat penulis melakukan obeservasi atau mini riset, penulis menemukan beberapa problematika saat terjadi proses pembelajaran di kelas. Mulai dari siswa gaduh saat pembelajaran, tidak memperhatikan pembelajaran, tidak bisa menjawab saat ditanya, dan masih banyak problem lain saat pembelajaran bahasa Arab. Ini dapat menjadi bahan evaluasi dan renungan bersama, agar pendidikan kita semakin bermutu dan berkualiatas.
Downloads
References
Ainin, Moh. Analisa Bahasa Pembelajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing. Malang: Misykat Indonesia, 2011.
Albantani, Azkia Muharom. “Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan.” Attadib: Journal of Elementary Education 2, no. 2 (December 31, 2018): 160–73. doi:10.32507/attadib.v2i2.417.
Amiruddin, Amiruddin, and Fatmawati Fatmawati. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 27–39.
Aslah, Zumrotul. “Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (December 22, 2017): 269–86. doi:10.14421/almahara.2017.032-05.
Asyrofi, Syamsuddin. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2016.
———. “Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Sekolah:” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (June 22, 2017): 20–30. doi:10.14421/almahara.2017.031-02.
Defiani, Defiani. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Insan Mulia Batanghari.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 21, no. 02 (December 31, 2019): 215–26. doi:10.32332/an-nabighoh.v21i02.1684.
Hamid, M. Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Hidayat, Nandang Sarip. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nida’ 37, no. 1 (June 2, 2012): 82–88. doi:10.24014/an-nida.v37i1.315.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2011.
Muna, Wa. Metodologi Pemebelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2011.
Rahman, Fakhrur. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah di Kota Langsa.” Masters, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/6839/.
Syakur, Nazri. Proses Psikologik dalam Pemerolehan dan Belajar Bahasa. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Wahab, Muhbib Abdul. Epistimologi dan Metodologi Pembelajarab Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2008.
Wibowo, Fatih Rizqi. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 1 (June 15, 2016): 49–60. doi:10.14421/almahara.2016.021-03.