Improving the Ability of Students' Understanding Through Videos at PIAUD Study Program UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu/ Peningkatan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Melalui Video pada Program Studi PIAUD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2022.71.05Keywords:
Learning Videos, Understanding, PIAUD StudentsAbstract
Online learning, conducted through the flatforms such as the zoom, What’s App, and e-learning, is unable to improve students’ comprehension of the contents of lectures. The purpose of the study was to improve the ability of students’ understanding at PIAUD Program UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu by utilizing videos as learning media during the pandemic. The research method used was the quantitative one with an experimental approach. The sampling was 23 respondents of students at 6D class. The data collection method used tests, questionnaires, interviews, and documentation. The test data collection instrument used pretest and post-tests. Instruments and data analysis of tests, questionnaires, and interviews assisted by the Google Forms. This study further used the analysis of descriptive quantifiable data. The results of the research show that the use of videos improved the understanding ability of the PIAUD students, and this was obtained from the analysis of student pretest value data before using learning videos at an average of 40.87%. Furthermore, there was an increase in students' comprehension ability at the average post-test scores after using learning the videos as learning media, which was 58.26%.
Abstrak
Pembelajaran daring yang berlangsung dengan menggunakan aplikasi zoom, what’s App, dan e-learning masih belum dapat meningkatkan kemampuan pemahaman mahasiswa pada materi yang dipelajari saat perkuliahan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman mahasiswa Program Studi PIAUD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dengan memanfaatkan video sebagai media pembelajaran pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 23 responden dari mahasiswi kelas 6D. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data tes menggunakan pretest dan post-test. Instrumen dan analisis data tes, angket, dan wawancara berbantuan Google Form. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantiatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman mahasiswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis data nilai pretest mahasiswa sebelum menggunakan video pembelajaran dengan rata-rata sebesar 40,87%, kemudian terjadi peningkatan kemampuan pemahaman mahasiswa pada nilai rata-rata post-test setelah menggunakan video pembelajaran sebagai media belajar sebesar 58,26%.
Downloads
References
Adriana Sari, Padma, and Fathimatus Zahro Fazda Oktavia. ‘Sumber Belajar Alternatif Mata Kuliah Akuntansi Bagi Mahasiswa Generasi Z’. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 19, no. 1 (July 2021): 11–26. https://doi.org/10.21831/JPAI.V19I1.37083.
Alfonsius. ‘Penyelenggaraan Pembelajaran Perguruan Tinggi Swasta Di Masa Pandemi Covid-19’. Journal of Accounting and Management Innovation 5, no. 1 (2021).
Ario, Marfi, and Azmi Asra. ‘Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom’. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2019).
Cahyono, Heri. ‘Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Bandicam Pada Mata Kuliah Teori Graf Untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Mahasiswa’. Jurnal Pendidikan Modern 6, no. 2 (January 2021): 114–19. https://doi.org/10.37471/JPM.V6I2.205.
Firman. ‘Ditjen Diktiristek Merilis Panduan Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi’. dikti.kemendikbud.go.id, 2022.
Hilir, Alwi. Pengembangan Teknologi Pendidikan: Peranan Pendidik Dalam Menggunakan Media Pembelajaran. Klaten: Lakeisha, 2021.
Jaya, Ivan, and Mahyuddin K. M. Nasution. ‘Development of Teaching Materials Based on Learning Video Using Movavi Education Set at Yayasan Perguruan Tunas Karya Batang Kuis’. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (March 2021): 16–21. https://doi.org/10.32734/ABDIMASTALENTA.V6I1.5131.
Khusniyah, Tri Wardati. ‘Efektivitas E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS’. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 4, no. 3 (April 2020). https://doi.org/10.30998/SAP.V4I3.6283.
Kis, Kiswanto, Chandra Kirana, Parlia Romadiana, Benny Wijaya, Supardi, and Agustina Mardeka Raya. ‘Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru’. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (April 2021): 1–7. https://doi.org/10.34306/ADIMAS.V1I2.423.
Kristen, Universitas, Satya Wacana, Nisak Ruwah, Ibnatur Husnul, and Aris Suharyadi. ‘Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi’. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (June 2021): 34–48. https://doi.org/10.24246/J.JK.2021.V8.I1.P34-48.
Kurniawati, Inung Diah. ‘Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa’. Prosiding Seminar Nasional Teknologi SENATIK 4, no. 1 (2021).
Kusrini, Nani, Indah Nevira Trisna, and Endang Ikhtiarti. ‘Pelatihan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Bahasa Prancis Berbasis Powtoon Kepada Guru Bahasa Prancis Se-Lampung’. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (April 2022): 108–21. https://doi.org/10.31571/GERVASI.V6I1.2957.
Lestari, Nerri, Muhammad Eka Mardyansyah Simbolon, Monica Monica, Tungki Armanto, and Bayu Alfarras. ‘Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual Saat Pandemi Covid-19 Di Bangka Belitung’. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga 4, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231.
Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, and Raafiza Putri. ‘Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya’. Jurnal Pendidikan Dan Sains 2, no. 2 (2020): 244–57.
Misidawati, Dwi Novaria, Ratna Nurdiana, Siti Aniqoh Shofwani, and Ahmad Hariyadi. ‘Media Video Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Educatio 7, no. 2 (2021).
Mugi Ardiansyah, Ardin Rozandi, Muhammad Hidayat, and Danang Purwanto. ‘Implementasi Sistem Manajemen K3 Saat Pandemi COVID-19 Pada Proyek Pedestrian Dago Kota Sukabumi’. Teslink: Teknik Sipil Dan Lingkungan 4, no. 6 (March 2022).
Muhlisin, Ahmad, Sri Sarwanti, Gentur Jalunggono, Arnanda Yusliwidaka, Sukron Mazid, and Lilia Ellany Mohtar. ‘Improving Students’ Problem-Solving Skills Through RIAS Model in Science Lasses’. Jurnal Cakrawala Pendidikan 41, no. 1 (February 2021): 284–94. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.47263.
Muliansyah, Ariadi. ‘Whatshapp Sebagai Model Pembelajaran Nahwu Berbasis Internet’. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 3, no. 2 (January 2018): 1–13. https://doi.org/10.14421/EDULAB.2018.32-01.
Muniroh. ‘Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Software Camtasia Studio Pada Materi Tajwid Dalam Bidang Study Al-Qur’an Hadist Di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Kec. Keramatwatu Kab. Serang’. UIN SMH Banten, 2021.
Pratiwi, Rahmawati, and Fredy Hermanto. ‘Efektivitas Pembelajaran Ips Menggunakan Video Animasi Dan Kahoot! Materi Interaksi Antarnegara-Negara Asean Pada Siswa Kelas Viii Smp N 3 Tebo Jambi’. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS 3, no. 2 (2021): 100–106. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v3i1.44256.
Riwayati, Selvi, Ristontowi Ristontowi, Yuriska Destania, Nyayu Masyita, Risnanosanti Risnanosanti, Masri Masri, and Mardiah Syofiana. ‘Workshop Kinemaster bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Video Pembelajaran’. JE (Journal of Empowerment) 2, no. 2 (4 January 2022): 162–71. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1470.
Sari, Marista. ‘Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar’. repository.radenintan.ac.id, 2021.
Sastramiharja, Ucu Sumardi, Lukas Nathanael, Reinada Witri Permata Sari, and Fhida Kusriani. ‘Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik’. EDUTECH 20, no. 1 (March 2021): 72–86. https://doi.org/10.17509/E.V20I1.30997.
Shoffa, Shoffan, Iis Holisin, Jozua Ferjanus Palandi, Sri Cacik, Dian Indriyani, Eko Eddya Supriyanto, Abdul Basith, and Yo Ceng Giap. Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Bojonegoro: CV. Agrapana Media, 2021.
Sogianor, and Syahrani. ‘Model Pembelajaran PAI Di Sekolah Sebelum, Saat, Dan Sesudah Pandemi’. EDUCATIONAL JOURNAL : General and Specific Research 2, no. 1 (2022).
Sulistiani, Sulistiani, Suminto Suminto, and Ari Suningsih. ‘Pembelajaran Daring Dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19’. JURNAL E-DuMath 7, no. 1 (2021): 27–34. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1344.
Sulistyaningrum, Nurfitriana Diah, Shofi Salsabila Rahmawati, Nada Salma Nisrina, Laili Nur Azizah Mutiati, and Khurotul Aen. ‘Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru MI Al-Ihsan Melalui Pelatihan Microsoft Powerpoint’. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 5, no. 2 (December 2020): 118–34. https://doi.org/10.14421/EDULAB.2020.52-02.
Sumarni, Sumarni. ‘Pengaruh Pemahaman Knowledge Sharing Terhadap Prestasi Mahasiswa Yang Melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (Studi Pada Mahasiswa STKIP Nasional Padang Pariaman)’. Jurnal Ilmiah Dikdaya 10, no. 1 (April 2020): 78–85. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V10I1.161.
Tarida, Luthfiana. ‘Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis GeoGebra Terhadap Kemampuan Taruna/i Dalam Memahami Aplikasi Matematika Maritim’. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim 5, no. 2 (2021).
Trilani, Sopi Saniah, and Eyus Sudihartinih. ‘Analisis Kebutuhan Video Pada Pembelajaran Matematika Mahasiswa Calon Guru Di Masa Pandemi Covid-19’. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10, no. 2 (2022).
Wulandari, Nourma Pramestie, Nilza Humaira Salsabila, and Nani Kurniati. ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier’. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri 7, no. 2 (2021).
Yunianto, Tri Kurnia. ‘Survei SMRC: 92% Siswa Memiliki Banyak Masalah Dalam Belajar Daring’. Katadata.co.id, 2020.
Yunitasari, Yessyca, Muhammad Akhyar, and Sudiyanto. ‘The Implementation of PBL and IBL Collaboration Models Using Video to Improve Students Critical Thinking’. EDUTECH 19, no. 1 (March 2020): 28–40. https://doi.org/10.17509/E.V1I1.21411.
Zulfa, Ngindana. ‘Utilization of the Zoom Application in Improving Arabic Speaking Skills (Mahārah Kālam) during the Covid-19 Pandemic/ Pemanfaatan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Mahārah Kālam Pada Masa Pandemi Covid 19’. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 6, no. 2 (December 2021): 125–42. https://doi.org/10.14421/EDULAB.2021.62.02.