Implementation of Occupational Health and Safety (K3) Programs in the Use of Science Laboratories
Implementasi Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Penggunaan Laboratorium IPA
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2023.81.06Keywords:
Occupational Health and Safety (K3) program, Performance, LaboratoryAbstract
This research aims to find out the awareness of student behavior in the implementation of the Occupational Health and Safety (K3) program of the IPA laboratory at IAIN Kudus. Research uses qualitative methods. Data collection techniques use questionnaires, interviews, and observations. The subjects in this study were students and PLP laboratories of IPA IAIN Kudus, by means of Simple Random Sampling. The results showed: The implementation of OHS in the IPA laboratory includes two indicators, namely human factors and environmental factors. Human factors that are indicators in this study include attitude in practicum, knowledge in maintaining OHS, and discipline to comply with the order and work according to SOP. While environmental factors include the availability of K3 facilities and infrastructure, the availability of practicum modules Efforts to overcome the obstacles to the implementation of the K3 laboratory at IAIN Kudus include: 1) The IPA Laboratory at IAIN Kudus has been cleaned by the cleaning service every morning and evening by dusting. 2) Preparing a program in the IPA laboratory that is closely related to the activities of handling hazardous chemicals 3) Affirming laboratory rules and work safety (OHS) instructions that must be obeyed by laboratory users 4) If anyone faints or is poisoned, immediately rush to the nearest Health unit. 5) The handling of laboratory waste at IAPA Kudus requires special methods tailored to the type of practicum waste. 6) Make an agreement / study contract with the student about complying with laboratory rules. Then, those who violate can be subject to sanctions or fines.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran berperilaku mahasiswa dalam implementasi program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) laboratorium IPA di IAIN Kudus. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan PLP laboratorium IPA IAIN Kudus, dengan cara Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan implementasi K3 di laboratorium IPA mencakup dua faktor yaitu faktor manusia dan faktor lingkungan. Faktor manusia mencakup beberapa hal antara lain kebiasaan bersikap dalam melakukan praktikum, pengetahuan dalam menjaga K3, mentaati tata tertib dengan disiplin dan melakukan praktikum sesuai SOP. Sedangkan faktor lingkungan meliputi ketersediaan sarana dan prasarana K3 dan ketersediaan modul praktikum. Upaya mengatasi hambatan pelaksaan K3 laboratorium IAIN Kudus diantaranya yaitu 1) Laboratorium IPA IAIN Kudus dibersihkan oleh cleaning services setiap pagi dan sore hari dengan cara dusting. 2) Menyusun program K3 di laboratorium IPA yang berkaitan erat dengan kegiatan menangani bahan–bahan kimia berbahaya. 3) Menegaskan tata tertib laboratorium dan petunjuk K3 yang harus dipatuhi oleh pengguna laboratorium. 4) Jika ada yang sampai pingsan atau keracunan segera larikan ke unit kesehatan terdekat. 5) Penanganan limbah laboratorium IPA IAIN Kudus memerlukan metode-metode khusus yang disesuaikan dengan jenis limbah praktikum. 6) Membuat kesepakatan/ kontrak belajar dengan mahasiswa tersebut tentang mematuhi tata tertib laboratorium. Lalu, bagi yang melanggar bisa dikenakan sanksi atau denda.
Downloads
References
Amanah, Ila. ‘Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko (Risk Assessment) Di Laboratorium Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponogoro’. Other, Universitas Diponegoro, 2011. http://eprints.undip.ac.id/42213/.
Cahyaningrum, Dwi. ‘Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan’. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan 2, no. 1 (21 January 2020): 35–40. https://doi.org/10.14710/jplp.2.1.35-40.
Cahyaningrum, Dwi, Hanif Tegar Muktiana Sari, and Dini Iswandari. ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Di Laboratorium Pendidikan’. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan 1, no. 2 (20 July 2019): 41–47.
Erman, Erman. ‘Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Praktikum Mengoperasikan Traktor 4 Roda 4 WD Menggunakan Metode Modifikasi Pedal Kopling’. Indonesian Journal of Laboratory 3, no. 1 (27 December 2020): 39. https://doi.org/10.22146/ijl.v3i1.62564.
Fajar Ramadhan, Rezky. ‘PEMANFAATAN PERALATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIKUM PROSES PRODUKSI’. STEAM Engineering 1, no. 2 (2 March 2020): 64–70. https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.565.
Fitriana, Laela, and Anik Setyo Wahyuningsih. ‘Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Di PT. Ahmadaris’. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development) 1, no. 1 (9 May 2017): 29–35.
J Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Jufriyah, Jufriyah, Isna Mar’ah, and Kelik Isharyudono. ‘Pemeliharaan Dan Penyimpanan Peralatan Laboratorium Kimia’. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan 1, no. 1 (16 January 2009): 26. https://doi.org/10.14710/jplp.1.1.26-32.
Lasia, Ketut. ‘PENINGKATAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN BAHAN BERWAWASAN LINGKUNGAN’. WIDYA LAKSANA 9, no. 1 (19 June 2020): 19–29. https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21434.
Lestariani, Nanis Hairunisya, and Imam Suwaktus Suja. ‘Penerapan Materi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terkait Dengan Sikap Dan Kompetensi Siswa Tata Boga Smk Negeri 1 Pogalan Trenggalek’. Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 6 (2020).
Mauliza, Permana Sari Ratih, and Nurhafidhah. ‘Keselamatan Dan Keamanan Kerja Serta Pencegahan Kecelakaan Kerja Di Laboartorium’. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe 1, no. 1 (2017).
Muhammad Yamin. ‘PERILAKU KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DI SMKN 2 SIDENRENG’. Jurnal Health Sains 1, no. 3 (23 July 2020): 207–14. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.59.
Pangeran, Musa Wahyu, Djoko Kustono, and Tuwoso Tuwoso. ‘FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN K3 DI BENGKEL PEMESINAN’. Jurnal Pendidikan Sains 4, no. 3 (2016): 90–94. https://doi.org/10.17977/jps.v4i3.8187.
‘Pemenpan Dan RB RI No.7 Th. 2019 Tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan.’, n.d.
Pertiwi, Fela Citra, and Eko Yuliyanto. ‘Analisis Pengetahuan Konsep (K3) Laboratorium Kimia Di MAN 2 Kota Semarang’. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, no. (2017). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3051.
Putra, Arief Yandra, and Fitri Mairizki. ‘Sosialisasi Keselamatan Dan Keamanan Laboratorium IPA Di SMA 1 Pangkalan Baru, Kampar’. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 4 (16 September 2020): 737–42. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4230.
Rahmantiyoko, Agus, Sri Sunarmi, Fataty Kurnia Rahmah, Sopet Sopet, and Slamet Slamet. ‘Keselamatan Dan Keamanan Kerja Laboratorium’. IPTEK Journal of Proceedings Series, no. 4 (20 November 2019): 36–38. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2019i4.6119.
Sangi, Meiske S., and Adey Tanauma. ‘Keselamatan Dan Keamanan Laboratorium IPA’. Jurnal MIPA 7, no. 1 (7 March 2018): 20. https://doi.org/10.35799/jm.7.1.2018.18958.
Wasito, Hermawan. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1995.
Yana, Rini. ‘HUBUNGAN PENGETAHUAN K3 TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 PADA MAHASISWA DI LABORATORIUM’. Indonesian Journal of Laboratory 1, no. 3 (13 August 2019): 46. https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.48721.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khikmatul Arfiana, Noor Fanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.