Implementation of the Discovery Learning Model in Natural and Social Science Lessons (IPAS) in Madrasah Ibtidaiyah

Implementasi Model Discovery Learning pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Roso Murti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.03

Keywords:

Discovery Learning Model, Natural and Social Sciences, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

This study aims to get a real picture of the implementation of the discovery learning model in the learning of Natural and Social Sciences (IPAS) from the steps and efforts made to overcome obstacles in the implementation of the discovery learning model. This study is descriptive with a qualitative approach. The research subjects were fourth grade teachers and fourth grade students of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The data analysis uses a descriptive analysis model consisting of data collection, organization, management, verification, interpretation, and conclusions. Then the data validity technique uses method and source triangulation techniques. Based on the results of the study, it was concluded that (1) The implementation of the discovery learning model in Natural and Social Science lessons at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung went through six stages, namely, stimulation, problem identification, data collection, data processing, proof and conclusion drawing. (2) In the process, teachers experience several obstacles, including taking up a lot of teacher time and work. Teachers felt that they did not detect the problem and there were misunderstandings between teachers and students. Not all students are capable of discovery. For students who are less clever, they will have difficulty thinking to reveal the relationship between concepts. However, teachers and students try to overcome these obstacles so that the learning objectives can be achieved well.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai pelaksanaan model discovery learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dari langkah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dan kendala dalam implementasi model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, pengorganisasian, pengelolaan, verifikasi, penafsiran, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Pelaksanaan model discovery learning pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung melalui enam tahap yaitu: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan penarikan kesimpulan. (2) Dalam prosesnya, guru mengalami beberapa kendala, antara lain: menyita banyak waktu dan pekerjaan guru, guru merasa kurang mendeteksi masalah, terjadi kesalahpahaman antara guru dan siswa, tidak semua siswa mampu melakukan penemuan. Bagi siswa yang kurang pandai mereka akan mengalami kesulitan dalam berpikir untuk mengungkapkan hubungan antar konsep. Namun, guru dan siswa berusaha untuk mengatasi kendala tersebut agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bruner, Jerome S. Toward a Theory of Instruction. Cambridge, Mass.: Belknap Press of Harvard University, 1966.

Cintia, Nichen Irma, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA’. Perspektif Ilmu Pendidikan 32, no. 1 (30 April 2018): 67–75. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.

ditpsd.kemdikbud.go.id. ‘Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD’. Accessed 24 December 2023. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd.

Feldman, Daniel A. Berpikir Kritis, Strategi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Indeks, 2010.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Jayadiningrat, Made Gautama, Kadek Agus Apriawan Putra, and Putu Septian Eka Adistha Putra. ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA’. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha 3, no. 2 (30 October 2019): 83–89. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.22699.

Komariah, Mia, Mohamad Yasin As’ary, Citra Bahadur Hanum, and Bunyamin Maftuh. ‘IPAS Implementation in Elementary Schools: How Teachers Build Student Understanding’. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 3 (9 July 2023): 1399–1412. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.533.

Nugrahaeni, Amallia, I. Wayan Redhana, and I. Made Arya Kartawan. ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA’. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1, no. 1 (12 December 2017): 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808.

Nurdin, Syahidan, Nurliani Anjani Cibro, and Wati Oviana. ‘PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SD/MI’. FITRAH: International Islamic Education Journal 5, no. 1 (13 February 2023): 37–52. https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i1.2462.

Nurlaeli, Nova Pusvitasari. ‘Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Perubahan Materi’. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains. Journal:eArticle, Universitas Negeri Surabaya, 2016. https://www.neliti.com/id/publications/251752/.

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni, and I. Ketut Suar Adnyana. ‘ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS’. Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 02 (31 August 2022): 238–44. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386.

Sadikin, Sadikin, Fahinu Fahinu, and Ruslan Ruslan. ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Self Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA’. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning) 1, no. 2 (25 July 2019). https://doi.org/10.33772/jpbm.v1i2.8146.

Safitri, Wahyu Candra Dwi, and Nani Mediatati. ‘Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 5, no. 3 (24 April 2021): 1321–28. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925.

Setyawan, Rochmad Ari, and Hana Septina Kristanti. ‘Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 5, no. 2 (29 March 2021): 1076–82. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Roso Murti. (2023). Implementation of the Discovery Learning Model in Natural and Social Science Lessons (IPAS) in Madrasah Ibtidaiyah: Implementasi Model Discovery Learning pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Madrasah Ibtidaiyah. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 8(2), 151–165. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.03

Issue

Section

Articles