Concept of Anti-Bullying Character Education Development through Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School

Konsep Pengembangan Pendidikan Karakter Anti-Bulying Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI/SD

Authors

  • Uswatun Hasanah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sholeh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nidzom Muis UIN Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.06

Keywords:

Character Development, Anti-Bullying Character, Pancasila Student Profile Strengthening Project

Abstract

This study aims to determine the concept of anti-bullying character education development through the Pancasila Student Profile Enhancement Project (P5) at MI/SD. This research method uses library research (library research). Data collection techniques through data searches, related documents, books, articles and other documents. The data source consists of primary and secondary data. The results of this study show that the concept of developing a student profile can develop an anti-bullying character by adopting six main characteristics in the student profile: 1) belief and fear of the god of YME, as well as noble morality; 2) global self-righteousness; 3) gotong-royong; 4) self-sufficiency; 5) criticism; and 6) creativity. Through the development of anti-bullying character education based on the project of strengthening the profile of students Pancasila can prevent the occurrence of cases of bullying in schools so that the learning objectives are achieved, can improve the quality of self or moral, educational, and social elements in schools, the academic quality of students can qualify, and open up opportunities for self-development in a generation valuable to him, his family, community, nation, and country.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pengembangan pendidikan karakter anti-bullying melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI/SD. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data melalui pencarian data, dokumen terkait, buku, artikel, dan dokumen lainnya. Sumber data terdiri data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pengembangan profil pelajar pancasila dapat mengembangkan karakter anti-bullying dengan mengadopsi enam karakteristik utama dalam profil pelajar pancasila yaitu: 1) beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, serta berakhlak mulia; 2) berkebinekaan global; 3) gotong-royong; 4) mandiri; 5) bernalar kritis; dan 6) kreatif. Melalui pengembangan pendidikan karakter anti-bullying berdasarkan proyek penguatan profil pelajar pancasila dapat mencegah terjadinya kasus bullying di sekolah sehingga tujuan pembelajaran tercapai, dapat meningkatkan kualitas diri atau unsur moral, pendidikan dan sosial di sekolah, mutu akademik peserta didik dapat berkualitas, dan membuka peluang pengembangan diri menjadi generasi yang berharga bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakker, Anton, and Charris Zubair. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1990.

Boske, Christa. Students Teacher and Leaders Addressing Bullying in School. Rotterdam: Sense Publiser, 2015.

Devianti, Rika, Suci Lia Sari, and Indra Bangsawan. ‘Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini’. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 3, no. 02 (6 July 2020): 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150.

Djuharmie, A.K. Intisari Sosiologi Untuk SMA. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Harahap, Ade Chita Putri. ‘Character Building Pendidikan Karakter’. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING 9, no. 1 (4 December 2019). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i1.6732.

Holidin, Holidin. ‘Cyber Pancangan Doa Mewujudkan Anti Bullying Siswa Untuk Peningkatan Pendidikan Karakter Di SMK Negeri 1 Turen’. Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (10 October 2022): 54–60. https://doi.org/10.33379/tepiswiring.v1i2.1751.

Kahfi, Ashabul. ‘IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH’. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5, no. 2 (1 September 2022): 138–51. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.

Maisaroh, Siti. ‘Pengembangan Materi Ajar Cerita Anak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Karakter Anti Bullying Pada Siswa Kelas IV SD’. Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 2 (4 May 2023): 360–73. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.90.

Masrun. ‘Studi Tentang Kemandirian Sebagai Kualitas Kemandirian: Makalah Seminar Ilmu-Ilmu Sosial: Mempersiapkan Masyarakat Masa Depan Di Ujung Pandang’, 1988.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter Perspektif Teoritis Dan Gagasan Praktis,. Banjarbaru: Scripta Cendikia, 2019.

Nur’aini, Siti. ‘Nilai Pendidikan Anti Bullying Dalam Sunnah Nabi Dan Kontekstualisasinya Untuk Pendidikan Karakter’. JURNAL PEDAGOGY 15, no. 2 (1 December 2022): 67–75.

Omeri, Nopan. ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan’. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 9, no. 3 (1 July 2015). https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145.

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 6, no. 3 (28 March 2022): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Rusnaini, Rusnaini, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih, and Widya Noventari. ‘Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa’. Jurnal Ketahanan Nasional 27, no. 2 (6 October 2021): 230–49. https://doi.org/10.22146/jkn.67613.

Slam, Zaenul. ‘Strategi Merdeka Belajar Menulis Cerita Pendek Karakter Bangsa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan’. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 2, no. 1 (14 June 2023). https://doi.org/10.30762/allimna.v2i01.964.

SMP, Admin. ‘Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran’. Direktorat SMP (blog), 21 February 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/.

Soehadha, Moh. Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama. Yogyakarta: Suka Press, 2012.

Syarbini, Amirulloh. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Umam, Muhammad Khotibul, and Dailatus Syamsiyah. ‘Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab’. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-04.

Widodo, Sigit. ‘Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran IPS di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C’. International Journal Pedagogy of Social Studies 1, no. 2 (2016): 275–88. https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i2.4712.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Uswatun Hasanah, Sholeh, & Nidzom Muis. (2023). Concept of Anti-Bullying Character Education Development through Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School: Konsep Pengembangan Pendidikan Karakter Anti-Bulying Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI/SD. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 8(2), 194–209. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.06

Issue

Section

Articles