683

Views

938

Downloads

Original article
Open Access

Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran untuk Mengembangkan Motorik Halus AUD

Dian Asri Pratiwi
,
Lailatu Rahmah
Pages: 181-190
|
Published: Apr 2, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, dampak serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra main peran untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan.


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model pembelajaran sentra main peran untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A1 TK Islam Plus Mutiara Banguntapan dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran. Dampaknya yaitu berdampak baik pada perkembangan motorik halus anak dengan melihat tercapainya indikator yang diterapkan di TK Islam Plus Mutiara berdasarkan STPPA yang mengacu pada kurikulum 2013. Faktor pendukungnya yaitu SDM di TK Islam Plus Mutiara sudah cukup bagus, APE cukup memadai, dan peserta didik sudah mengerti apa yang diajarkan oleh guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana masih kurang baik.

Keywords:

Pembelajaran sentra main peran Motorik halus AUD

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Pratiwi, D. A., & Rahmah, L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran untuk Mengembangkan Motorik Halus AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 181–190. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-04

References

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fadlillah, & dkk. (2014). Edutaiment PAUD Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http://digilib.uinsby.ac.id/7308/2/bab%202.pdf. Diakses 11 Desember 2017.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif: Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Maimunah, H. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: DIVA Press.
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk PAUD.Jakarta: PT Grasindo.
Susanto,A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sutarman, M, & Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (Filosofi, Konsep, Prinsip dan Aplikasi). Bandung: Pustaka Setia.
Zubair, A. (2008). Mengenal Dunia Bermain Anak. Yogyakarta: Banyu Media.