1835

Views

5241

Downloads

Original article
Open Access

Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak

Iys Nur Handayani
,
Suismanto Suismanto
Pages: 103-114
|
Published: Apr 1, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada kelompok B di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, mengetahui hasil dari penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada kelompok B di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, dan mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada kelompok B di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru-guru, orang tua dan anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah proses pererapan metode sorogan di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yaitu terdiri dari 3 kegiatan yaitu kegiatan awal, inti dan akhir, penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yaitu yang pada awalnya masuk TK anak belum memiliki kemampuan membaca Alquran, pada kelompok B menunjukkan bahwa 34 anak dari 45 anak dapat melampaui target yang sudah di tentukan oleh TK. (3) Faktor-faktor pendukung dari penerapan metode sorogan di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sebagai berikut: guru pengajar sorogan dan anak, ketersediaan kitab, jawdal yang terstruktur, mengikuti TPQ/TPA, muthāla’ah dan bimbingan orang tua dirumah. Faktor-faktor penghambat dari penerapan metode sorogan di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sebagai berikut: keterbatasan waktu, keterbatasan guru pengajar sorogan, beberapa anak yang hiperakatif sehingga sulit dikondisikan, suasana yang kurang kondusif, dan ada beberapa anak yang tidak di bimbing di rumah.

Keywords:

Metode sorogan Kemampuan membaca Alquran Anak

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Nur Handayani, I., & Suismanto, S. (2019). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-04

References

An-Nahlawi, A. Z. Y. (1997). Attibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an. terj. Qodirun Nur. Solo: CV. Pustaka Mantiq.
Amin, N. (2014). “Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemempuan Membaca Alquran di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung”. skripsi .Tulungagung: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Tulungagung.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arwani, M. U. (2009). Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Alquran YANBU’A. Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus.
Azra, A. (2002). Ensiklopedi Islam. Jilid 4. Cet. 4. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
Departemen Agama RI. (2016). Alquran Cordoba (Alquran dan Terjemahannya). Bandung: Cordoba.
Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan agama Islam. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan perkembangannya. Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan agama Islam.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Haedari, H. M. A. dkk. (2004). Masa Depan Pesantren, cet.1. Jakarta: IRD PRES.
Hasbullah. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Ed.1. Cet.2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
. (1996). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Ed.1. Cet.2. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasyim, U. (1983). Cara Mendidik Anak dalam Islam. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Mansur. (2004). Moralitas Pesantren (Meneguk Kearifan dari Telaga Kehidupan). Cet.1 Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Mursi, S. M. S. (2006). Seni Mendidik Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Qomar, M. (1996). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Steenbrink, K. (1985). Pesantren Madrasah Sekolah. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.
Sugiati. (2016). Januari-Juni “Implementasi Metode Sorogan pada Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Pondok Pesantren”. Jurnal Qathrunā. Vol.3, No.1.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syaifuddin, A. (2004). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Alquran. Jakarta: Gema Insani.