893

Views

5360

Downloads

Original article
Open Access

Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini

Isnaenti Fat Rochimi
Suismanto Suismanto
Pages: 231-246
|
Published: Apr 2, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Umma Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala TK Nurul Ummah, guru kelompok B2. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verification/conclusi drawing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta cukup baik terbukti dengan guru dan anak-anak membuat peraturan sendiri dalam kelompok.TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menerapkan disiplin untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan menggunakan: 1) Keteladanan, 2) Pembiasaan, 3) Hadiah/reward, 4). Pendekatan individual. Faktor-faktor yang menghambat guru adalah guru itu sendiri yang kurang konsisten dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, yang kedua adalah perbedaan karakter anak. sedangkan, faktor pendukung guru adalah peran orang tua, usia anak, dan peraturan.

Keywords:

Upaya guru , Nilai-nilai Disiplin , Anak

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02

References

Comaria, N. (2013). Perilaku Anak dan Solusinya. Jakarta: PT.Gramedia.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anaka Usia Dini Nonformal dan Informal Kemnetrian Pendidikan Nasional Tahun 2011
Fadlilah, M & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep &Aplikasinya dalam PAUD.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hurlock, EB. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Diterjemahan oleh Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar Dan Baik. Diterjemahkan oleh Lita. S. Bandung: Nusa Dua.
Moleong , L. J. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mu’in , F. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_________. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pirata, M. (2007). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Schaefer, C. (1979). Bagaimana Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Medan: Biro BP IKIP.
Semiawan , C. R. (2008). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Yogayakarta.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Medan Publishing.
Syah, Muhibbin. (1997). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Strategi Membangun Karakter di Usia Emas. Pustaka Pelajar.
Wiyani , N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.