893
Views
5360
Downloads
Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Umma Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala TK Nurul Ummah, guru kelompok B2. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verification/conclusi drawing. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan di kelompok B2 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta cukup baik terbukti dengan guru dan anak-anak membuat peraturan sendiri dalam kelompok.TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menerapkan disiplin untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan menggunakan: 1) Keteladanan, 2) Pembiasaan, 3) Hadiah/reward, 4). Pendekatan individual. Faktor-faktor yang menghambat guru adalah guru itu sendiri yang kurang konsisten dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, yang kedua adalah perbedaan karakter anak. sedangkan, faktor pendukung guru adalah peran orang tua, usia anak, dan peraturan.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anaka Usia Dini Nonformal dan Informal Kemnetrian Pendidikan Nasional Tahun 2011
Fadlilah, M & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep &Aplikasinya dalam PAUD.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hurlock, EB. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Diterjemahan oleh Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar Dan Baik. Diterjemahkan oleh Lita. S. Bandung: Nusa Dua.
Moleong , L. J. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mu’in , F. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_________. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pirata, M. (2007). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Schaefer, C. (1979). Bagaimana Mendidik dan Mendisiplinkan Anak. Medan: Biro BP IKIP.
Semiawan , C. R. (2008). Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Yogayakarta.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Medan Publishing.
Syah, Muhibbin. (1997). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Strategi Membangun Karakter di Usia Emas. Pustaka Pelajar.
Wiyani , N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.