Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di RA Insan Mulia Yogyakarta

Main Article Content

Rya Kurniati
Siti Zubaedah

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Teknik menguji mengkaji lebih mendalam mengenai upaya yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kinerja guru di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul belum sepenuhnya baik, masih terdapat beberapa guru yang kinerja nya belum maksimal dan masih perlu bimbingan dan dorongan dari kepala sekolah. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan cara meningkatkan spiritual agama guru, meningkatkan kedisiplinan, mengadakan pelatihan dan seminar, rapat evaluasi akhir pekan, pemberian motivasi, dan kekeluargaan. Factor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: factor pendukung antara lain dukungan dari yayasan, factor semangat guru, orangtua murid dan diri sendiri, factor penghambat antara lain waktu yang terbatas dan SDM atau guru baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Kurniati, R., & Zubaedah, S. (2019). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di RA Insan Mulia Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 259–268. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-04
Section
Articles

References

Burhanudin.1994. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan Basri. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia
Ika Khariyah Muki. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Kupang NTT. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lexy J. Moleong. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muwahid Shulhan. 2013. Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.
Suderajat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.