Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di RA Insan Mulia Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Teknik menguji mengkaji lebih mendalam mengenai upaya yang dilakukan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Kinerja guru di RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul belum sepenuhnya baik, masih terdapat beberapa guru yang kinerja nya belum maksimal dan masih perlu bimbingan dan dorongan dari kepala sekolah. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan cara meningkatkan spiritual agama guru, meningkatkan kedisiplinan, mengadakan pelatihan dan seminar, rapat evaluasi akhir pekan, pemberian motivasi, dan kekeluargaan. Factor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu: factor pendukung antara lain dukungan dari yayasan, factor semangat guru, orangtua murid dan diri sendiri, factor penghambat antara lain waktu yang terbatas dan SDM atau guru baru.
Downloads
Metrics
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Hasan Basri. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia
Ika Khariyah Muki. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Kupang NTT. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lexy J. Moleong. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muwahid Shulhan. 2013. Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.
Suderajat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.