Penerapan Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis pada Anak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar penerapan metode gerakan untuk menghafal hadiś di RA Tiara Chandra Yogyakarta dengan fokus pada kegiatan menghafal hadiś pada anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan menghafal hadiś yang sering dilakukan oleh sekolah maupun guru menggunakan metode ceramah dan menugaskan siswa untuk menghafal Ḥadiś. Sehingga anak terlihat pasif dan suasana belajar menjadi tidak kondusif. Saat apersepsi pada pelajaran berikutnya anak sudah banyak yang lupa, hanya beberapa anak yang masih mampu mengingat Ḥadiś yang sudah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś pada anak kelompok B di RA Tiara Chandra Yogyakarta tidak terlepas dari RPPH. Kedua, pelaksanaan kegiatan menghafal Ḥadiś pada awalnya dilakukan dirumah tanpa gerakan dan dilakukan disekolah dengan gerakan simbol tangan dengan kegiatan klasikal, ketiga evaluasi kegiatan menghafal Ḥadiś yang berupa tingkat pencapaian dan tindak lanjut yang akan dilaporkan kepada orangtua saat pertemuan dua akhir tema. Faktor pendukung dalam penerapan metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś pada kelompok B RA Tiara Chandra antara lain : handout untuk orangtua, minat anak, rasa percaya diri, susasana kelas yang kondusif, dan buku pedoman metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś. Faktor penghambat dalam kegiatan menghafal Ḥadiś dengan metode gerakan yaitu : gaya belajar anak, daya ingat anak, kemampuan guru dan belum adanya pelatihan kepada orangtua mengenai metode gerakan untuk menghafal Ḥadiś, gambar tidak full collor, dan Ḥadiś tidak dilengkapi dengan asbabul wurud.
Downloads
Metrics
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Hajar, Ibn Ashqalani. (2007). Fathul Baari:Penjelasan Shahih Al Bukhari. Jakarta:Pustaka Azzam.
Handayani. (2011). Metode Gerakan dalam Menghafal Ḥadiś. Jakarta : An-Nahl.
Irham Maulana. (2015). Cara Sistematis Menghafal Ḥadiś . Jakarta : JD Publishing.
Juliansyah, Noor. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertas dan Karya Ilmiah. Jakarta:Kencana
Moleong , Lexy K. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.
Munawir, Ahmad Warson. (1997). Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif,.
Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Spendidikharti). Jakarta: Erlangga.
Sori,Sofyan. (2006). Kesalehan Anak Terdidik Menurut Al-Qur’an Ḥadiś. Yogyakarta:Fajar
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitastif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Bayudi. Mengapa kita menghafal. (http://pksaceh.net/mengapa-kita-menghafaltahfidzh-al-qur%E2%80%99an/(5) Diakses pada 5 Desember 2017. Dampak Metode Bermain Simbolik Gerak untuk Meenghafal Ḥadiś di RA Salman Al Farisi Bandung. http://aresearch.upi.edu/operator/upload/t_pd_0809233_chapter1.pdf . Diakses pada 28 November 2017.
Sahroni. 2015. Mengapa Memilih Sekolah Islam Terpadu. https://www.kompasiana.com/sahroni7221/mengapa-saya-memilih-sekolahIslam-terpadu_563c5206c723bd83073d6e61 Diakses pada 11 Desember 2017 Pramonoadi. 2012.
Model Pembelajaran Berbasis Nilai di Sekolah Full Day Berbasis Nilai. http://stkippgritulungagung.ac.id/jurnal/jurnal/desember%202012/Pramonoa di,%20Pembelajaran%20berbasis%20Nilai%20Lilving%20Velue,%20Dese mber%202012.pdf. Diakses pada 12 Desember 2017. Abdul Mujib, Jusuf Mudzakir.