2364

Views

2125

Downloads

Original article
Open Access

Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera

Helmi Rahma Wati
,
Yulsyofriend
Pages: 51-60
|
Published: Jul 22, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan kepala sekolah dan guru sebagai informan. Cara untuk mengumpulkan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil kegiatan stimulasi kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera telah terlaksana baik seperti yang diharapkan. Struktur kalimat yang digunakan dalam stimulasi kemampuan berbicara anak adalah kalimat yang mudah dimengerti oleh anak sehingga anak mampu berkomunikasi dengan baik. Cara guru menstimulasi kosa kata dalam kemampuan berbicara anak yaitu guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak sehingga anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dikelas dan tidak merasa terbebani, dengan demikian daya ingat anak akan terstimulasi sehingga anak akan lebih mudah mengingat apa yang dipelajarinya dan dapat menambah kosa kata pada anak. yang digunkan guru dalam pengembangan artikulasi pada kemampuan berbicara anak adalah metode dan keterampilan belajar yang bervariasi.

Keywords:

Struktur Kalimat Kosa Kata Artikulasi

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Helmi Rahma Wati, & Yulsyofriend. (2019). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 51–60. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-05

References

Yudho Bawono. Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah : Sebuah Kajian Pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Volume 1 2017.

Lilis Darmila, Humaidah Br, Hasibuan, dan Nunzairina. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah. Volume 06 Nomor 01 Januari-Juni 2018. Hal 1-8.

Delfi Eliza. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume XIII Nomor 2 November 2013. Hal. 93-106.

Lenvita Magdalena. Peningkatan Motorik Kasar Anak Mlalui Bermain Bola Ring di Taman Kanak-kanak Nurul Wathan Kabupaten Pesisir Selatan. Vol 1. No 1. 2012

Andi Firdha Maharany. Gejala Fonologis Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Permata Hati Kota Kendari. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). Volume1 Nomor 2, Juli 2016. Hal 1-21.

Erma Andhika Sari. Penerapan Model TGT (Teams-Games-Tournaments) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X-B Sma Ma’arif Pandaan-Pasuruan Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi. Volume 12 Nomor 2 Agustus 2011. Hal. 817-827.

Sumantri & Syaodih, (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Sunhaji. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Volume 2 Nomor 2 November 2014. Hal. 30-46.

Deddy Winarsono, Daniel O Sihaan, dan Umi Yuhana. Sistem Penilaian Otomatis Kemiripan Kalimat Menggunakan Syntactic-Semantic Similarity pada Sistem E-Learning. Jurnal Ilmiah Kursor. Volume 5 Nomor 2 Juli 2009. Hal. 75-82.

Miming Yohana, Indiati, Khusnul Laeli. Bercerita Dengan Gambar Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan. Volume 5 Nomor 11 2013. Hal. 1-6.

Sri Hartati dan Evy Fitria. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5- 6 Tahun Melalui Dongeng di Kelompok Bermain. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Nomor 2. Januari 2017. Hal. 1-12.