KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN HADIS

  • Syahrial Labaso Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Pendidikan, Keluarga, Al-Qur’an, Hadis

Abstract

Abstract

The role of the family in the educational process, is an inevitable necessity, this is because the important role of the family as the environment of origin, and also the first environment for humans. This shows, the existence of the family is very important, in supporting the achievement of educational goals. Facts and reality in the field show that, the role of the family today, has not shown its maximum effort as the main educational institution, so that there is a practice of violence in the family, both against wife and child, which is certainly very contradictory basic principles in the process of education. The presence of this article, intended to explore the important role of the family, in the educational process based on the perspective of the Qur'an and Hadith. This exploration is intended to gain a fundamental essence in the process of family education, so as to provide a new perspective on the perceiving of the family as an important part of the humanizing process.

Abstrak

Peran keluarga dalam proses pendidikan, adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat dielakkan, hal ini sebabkan peran penting keluarga sebagai lingkungan asal, dan sekaligus lingkungan pertama bagi manusia. Hal ini menunjukkan, eksistensi keluarga yang sangat penting artinya, dalam menunjang ketercapain tujuan pendidikan. Berbagai fakta dan realitas dilapangan menunjukkan bahwa, peran keluarga dewasa ini, belum menampilkan usaha maksimalnya sebagai lembaga pendidikan utama, sehingga terjadilah praktik kekerasan dalam keluarga, baik terhadap istri maupun anak, yang tentunya sangat bertentangan prinsip-prinsip dasar dalam proses pendidikan. Hadirnya artikel ini, dimaksudkan untuk mengekslorasi peran penting keluarga, dalam proses pendidikan berdasarkan sudut pandang Al-Qur’an dan Hadis. Pengeksplorasian ini, dimaksudkan untuk mendapatkan esensi mendasar dalam proses pendidikan keluarga, sehingga dapat memberikan sudut pandang baru dalam mempresepsikan keluarga, sebagai bagian penting dari proses pemanusian manusia (humanisasi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daradjat Zakiah, Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhana, 1995.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Lentera Abadi, 2011.

Istigfaroh, “Pendidikan Prenatal Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Buku: Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, Kado Buat Pengantin Baru, calon Ibu dan Ibu Hamil)”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Jailani M.Syahran, “Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua”, Jurnal Nadwa, Volume 8, Nomor 2, Tahun 2014.

Lestari Dian, “Eksistensi Perempuan Dalam Keluarga”, Muwazah, Volume 8, Nomor 2, 2016.

Mar’atussholihah Siti, “Konsep Pendidikan Anak Prenatal Secara Islami Di Tinjau Dari Perspektif Biologi”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007.

Miharso Mantep, Pendidikan Keluarga Qur’ani, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.

Nasihah Durotun, “Makna Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an Surah Al-Saffat ayat 100-102”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, 2015.

Ni’mah Eni Shofiatun, “Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Quran”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.

Padjrin, “Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Intelektualita, Volume 5, Nomor 1, 2016.

Puspitawati Herien, Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia, Bogor: IPB Press, 2013.

Shihab M.Quraish, Tafsir Al-Misbah Volume 14, Cet. III, Tangerang: Lentera Hati, 2005.

Srifariyati, “Pendidikan Keluarga dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik)”, Jurnal Madaniyah, Volume 2, Edisi XI, 2016.

Taubah Mufatihatut, “Pendidik Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3, Nomor 1, 2015.

Timizi At, Sunan al-Tirmizi- Al Jami’ al-Shahih, Juz III, Semarang: Toha Putra, 2003.

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009, Bab II, Pasal 4, Ayat 2.

Wahyu Hasbi, “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama”, Jurnal Ilmiah Didaktika, Volume 12, Nomor 2, 2012.

Yohana Neni, “Konsep Pendidikan Dalam Keluarga”, OASIS, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2017.

Zuhairini, Islam dan Pendidikan Keluarg Dalam Qou Vadis Pendidikan Islam Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial Keagamaan, Malang: UIN Malang Press, 2006.

http://www.kpai.go.id/berita/kpai-rptra-tekan-angka-kenakalan-remaja/, diakses pada tanggal 12 Desember 2017, pukul 15.00 Wib.

https://www.bps.go.id/brs/view/1375diakses pada tanggal 12 Desember 2017, pukul 15.35 Wib.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20161221090434-20-181158/survei-bps-25-persen-kdrt-istri-jadi-korban-pukul/diakses pada tanggal 12 Desember 2017, pukul 16.15 Wib

Published
2018-06-30
How to Cite
Labaso, S. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN HADIS. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 52-69. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-04