The Concept of Muzāra‘ah and Its Implications on Socio-Economic of Society in Cianjur, West Java

Main Article Content

Ahmad Maulidizen
Mohammad Anton Athoillah

Abstract

Indonesia is an agricultural country because most of the population has a livelihood in agriculture. In addition, agriculture is the second largest contributor to national economic growth and Gross Domestic Product (GDP). Rural areas have vast agricultural land, but not all communities have land so most farmers work on land owned by other people and then get a share of the results by a variety of methods. The research objective is to analyze the implementation of muẓāraʻah contract based on Law No. 2 of 1960 and Islamic law and It’s implications for the socio-economic life of the society in Cianjur. Data collection was carried out using the method of observation, interview and documentation (library) and data analysis deductively, inductively and comparatively, then presented in a qualitative descriptive manner. The population in this study was 120 people, and the study sample was 12 people (10%) who were selected by purposive sampling method. The results of the research are (1) the implementation of muẓāraʻah contract in Cianjur, West Java is not fully in accordance with Law No. 2 of 1960 and Islamic law, (2) The implications of muẓāraʻah on the economic life of farmers are the fulfillment of ḍarūriyyah needs, namely consumption and secondary education, while landowners can meet more complex needs., including fulfillment of ḍarūriyyah, can allocate part of the funds to go on pilgrimage, charity to other people in need. And (3) The Implications of muẓāraʻah contract on the social life of society is a concern between landowners and farmers that is realized by helping each other when in trouble. However, attention from the government is still needed to ensure good relations between the two parties that are cooperating.

[Indonesia merupakan negara agraris karena sebagian besar penduduk mempunyai pencaharian di bidang pertanian. Selain itu, pertanian merupakan kontributor kedua terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan Produk Domestik Bruto (PDB). Daerah pedesaan mempunyai lahan pertanian yang sangat luas, namun tidak semua masyarakat mempunyai lahan sehingga sebagian besar petani menggarap lahan milik orang lain kemudian mendapatkan bagi hasil dengan metode yang beragam. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pelaksanaan konsep muẓāraʻah berdasarkan UU No. 2 Tahun 1960 dan hukum Islam dan implikasinya terhadap kehidupan social ekonomi masyarakat di Cianjur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi (perpustakaan) dan analisis data secara deduktif, induktif dan komparatif, kemudian disajikan secara deskriptif kualitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini 120 orang, dan sampel penelitian sebanyak 12 orang (10%) yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian adalah (1) pelaksanaan perjanjian bagi hasil akad muẓāraʻah di Cianjur belum sepenuhnya sesuai dengan UU No. 2 Tahun 1960 tentang perjanjian bagi hasil lahan pertanian dan hukum Islam dalam kerjasama pertanian. Hambatan dalam melaksanakan peraturan No 2 Tahun 1960 dan hukum Islam dalam kerjasama pertanian adalah tidak ada sosialisasi dari pihak manapun terkait UU No. 2 Tahun 1960 tentang perjanjian bagi hasil tanah pertanian dan hukum Islam dalam kerjasama pertanian. Adanya kebiasaan-kebiasaan yang telah berlangsung turun temurun. (2) Implikasi akad muẓāraʻah terhadap kehidupan ekonomi petani adalah pemenuhan kebutuhan ḍarūriyyah yaitu konsumsi dan pendidikan keturunanya, sedangkan pemilik lahan dapat memenuhi kebutuhan yang lebih kompleks, antaranya pemenuhan ḍarūriyyah, dapat mengalokasikan sebagian dana untuk pergi haji, bersedekah dan zakat kepada orang lain yang membutuhkan. Dan (3) Implikasi akad muẓāraʻah kehidupan sosial adalah adanya kepedulian antara pemilik lahan dan petani yang diwujudkan dengan saling membantu ketika dalam kesulitan. Namun demikian, perhatian dari pemerintah tetap diperlukan untuk menjamin hubungan baik antara kedua belah pihak yang bekerjasama.]

Article Details

How to Cite
Maulidizen, Ahmad, and Mohammad Anton Athoillah. “The Concept of Muzāra‘ah and Its Implications on Socio-Economic of Society in Cianjur, West Java”. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 19, no. 2 (October 23, 2018): 229–247. Accessed February 23, 2025. https://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/esensia/article/view/1583.
Section
Articles
Author Biographies

Ahmad Maulidizen, Univeristy of Malaya

SHARIAH AND ECONOMICS

Mohammad Anton Athoillah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prgram Studi Manajemen Keuangan Syariah FSH UIN SGD Bandung

References

Abū Yūsuf. 1392 H. Al-Kharāj. Kāherah: Al-Ṭabāʻah al-Rābiʻah.

Al-Bahūtī, Manṣūr bin Yūnus bin Idrīs. 1982. Kasysyāf al-Qina’, Juz 3. Beirūt: Dār al-Fikr.

Al-Dusūqī, Syams al-Dīn al-Syeikh Muḥammad ʻArafah (t.t). Ḥāsyiah al-Dusūqī ʻAlā al-Syarḥ al-Kabīr. Juz 3. T.T.T: Maṭbaʻah ʻĪsa al-Bābī al-Halabī wa Syirākuhu.

Al-Hammām, Kamāl al-Dīn Muḥammad bin ʻAbd Wāḥid (t.t). Fatḥ al-Qādīr, Juz 8. Beirūt: Iḥyā’ al-Turāth.

Al-Jazīrī, ʻAbd al-Raḥmān bin Muḥammad Auḍ. 1998. Kitāb al-Fiqh ʻalā Mazāhib al-Arbaʻah, Juz 2. Beirūt: Dār Iḥyā’ al-Turāth.

Al-Kāsānī, Abī Bakr bin Masʻūd. 1986. Badā’ī’ al-Ṣanā’i’ fī Tartīb al-Syarā’i’, Juz 8. Kāherah: Maṭbaʻah al-Imām Syariʻ Muḥd Karīm bi al- Qalqāʻah.

al-Marginānī, ʻAlī Ibn Abū Bakr Ibn ʻAbd al- Jalīl (t.t). Al-Hidāyah Syarh al-Bidāyah. Juz 4. Beirūt: al-Maktabah al-Islāmiyah.

Al-Miṣrī, Rafīq Yūnus. 1999. Uṣūl al-Iqtiṣād al- Islāmī, Cet 3. Beirūt:Dār al-Syāmiah.

Al-Munʻīm, ʻAffār Muḥammad ʻAbd .1985. Al- Iqtiṣād al-Islāmī Dirāsah al-Taṭbiqīyyah, Juz 2. T.T.T: Dār al-Bayān al-ʻArabī

Al-Qazwīnī, Abī ʻAbd Allāh Muḥammad bin Yazīd (t.t). Sunan Ibn Mājah, Kitāb al-Rahn, Bāb al-Muʻāmalah al-Nakhl wa al-Kurm, no. 2468.

Al-Sābiq, Al-Sayyīd. 1971. Fiqh al-Sunnah, Juz 3. Beirūt: Dār al-Fikr al-ʻArabī.

Al-Syāfiʻī, Abī ʻAbd Allāh Muḥammad bin Idrīs. 1993. al-Umm, Juz 4. Beirūt: Dār al-Kitāb al-ʻIlmiyyah.

Al-Syarbīnī, Al-Syeikh Muḥammad al-Khaṭīb (t.t). Mughnī Muḥtāj ilā Maʻrifah Maʻāni Alfāẓ al-Minhāj. Juz 2. T.T.T: Dār al-Fikr.

Al-Syawkānī, Muḥammad bin ʻAlī bin Muḥammad (1985). Al-Sayl al-Jarāʻir al- Mutadafiq ʻalā Hadā’iq al-Azhār, Juz 3. Beirūt: Dār al-Kitāb al-ʻIlmiyyah.

Al-Syawkānī, Muḥammad bin ʻAlī bin Muḥammad. 1978. Nayl al-Awṭār Syarḥ Muntaqa al-Akhbā. Juz 7. Kāherah: Maktabah al-Kulliyāt al-Azhariyah.

al-Syirāzī, Abī Ishāq Ibrāhīm bin ʻAlī bin Yusūf al-Fairuzābāzī. 1959. Al-Muhadhab fī Fiqh al-Imām al-Syāfiʻī. Juz 1. Meṣir: Maktabah Musṭafā al-Bābī al-Halabī wa awlāduhu.

Al-Zuhaylī, Wahbah. 1989. Al-Fiqh al-Islāmī wa Adillatuhu. Juz 5. Damaskus: Dār al-Fikr.

Ayūb, Ḥasan Muḥammad.1998. Fiqh al-Muʻāmalāt al-Māliah fī al-Islām. Juz 1. Kāherah: Dār al-Tawzīʻ wa al-Nasyr al-Islāmiyah.

Bosworth C. E. et.al (ed.).1993. The Encyclopedia of Islam, Vol. vii. Leiden: E.J Brill.

C. Geertz. Involusi Pertanian; Proses Perubahan Ekologi di Indonesia. Jakarta: Bharata K.A, 1976.

E.J Syahyuti dan Aten M Hurun. 2002. ‘Reforma Agraria dan Masa Depan Pertanian’, Jurnal Litbang Pertanian, Vol. 21, No 4: 133-139.

F. Hermawan (2012), ‘Pelaksanaan Perjanjian Bagi Hasil Tanah Pertanian’. Jurnal Ilmu Hukum (Mizan), Vol. 1 (2): p. 91-99.

Fahim Khan. 1995. Essay in Islamic Economics. The Islamic Foundation: Leicester.

Faṭāī, Al-Syeikh Dāwūd bin ʻAbd Allāh (t.t). Furū’ al-Masā’il, Juz 1. Singapore: Maktabah wa Maṭbaʻah Sulaimān.

Geidy Tiara Ariendi dan Rilus A. Kinseng. 2011. ‘Strategi Perjuangan Petani Dalam Mendapatkan Akses dan Penguasaan Atas Lahan’. Solidality; Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi dan Ekologi Manusia, Vol. 5, No 1; 13-31.

Ibn ʻĀbidīn, Muḥammad Amīn al-Syaḥīr Abī ʻUsmān Ibn ʻAzīz. 1966. Ḥāsyiah Radd al- Mukhtār ʻAlā al-Dār al-Mukhtār Syarḥ Tanwīr al-Abṣār, Juz 6. Kāherah: Maktabah Muṣṭafā al-Bābī al-Ḥalabī.

Ibn al-Asʻāt, Abī Dāwūd Sulaymān. 1988. Sunan Abū Dāwūd. Kitāb al-Buyūʻ. Bāb fī al-Mukhābarah, no 3407.

Ibn Ḥajar, Aḥmad bin ʻAlī al-Asqalānī (t.t). Fatḥ al-Bārī, Juz 5. Meṣir: Maṭbaʻah Muṣṭafā al- Bābī al-Ḥalabī wa awlāduhu.

Ibn Qudāmah, Abī Muḥammad ʻAbd Allāh bin Aḥmad (t.t). Al-Mughnī, Juz 5. Beirūt: Dār al-Fikr.

Jannahar Saddam Ash Shidiqie. 2017. ‘Bagi Hasil Ditinjau dari Undang-Undang dan Hukum Islam’. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 7 (1); 22-31. JIME, Vol. 1 (2): 2-13.

Madzkūr, Ibrāhīm. 1983. Majmāʻ al-Lughah al- ʻArabīyah al-Muʻjam. Juz 3. Cet 3. T.T.T: Maktabah bi al-ʻIlānat al-Syarqīyyah.

Muslim. 2000. Ṣaḥīh Muslim bi Syarh al-Imām Maḥyuddīn al-Nawāwī, Kitāb al-Musāqah, Bāb al-Musāqah wa al-Muʻāmalah bi Juz Min al-Thamr wa al-Zarʻi, no 3939;

Subagyo 2012. ‘Pengembangan Nilai dan Tradisi Gotong Royong Bingkai Konvervasi Nilai Budaya’, Indonesian Journal of Conservation, Vol. 1, No. 1; p. 61-68.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung Alfabeta.

ʻUbayd, Abū. 1966. Al-Amwāl. Cet 1. T.T.T: Maktabah al-Kullīyāt al-Athārīyyah.