Deradicalization and Formation of Public Attitudes of Islamic Boarding School (Pesantren) in Sukoharjo, Indonesia
Main Article Content
Abstract
The spread of religious radicalism in Indonesia has pervaded all levels of society without being able to be sorted are rigid. Responding to the situation, the government does the de-radicalization program, included Pesantren. This study aims to identify the communication strategy, internal and external factors in shaping public attitudes of Islamic Boarding School (Pesantren) towards the de-radicalization of religious with quantitative and qualitative approaches. The data collection is done by observation, interviews, questionnaires, and focus group discussions. Quantitative analysis tools using SEM. The results showed that the communication strategy of de-radicalization effect on public attitudes of Islamic Boarding School (Pesantren) through external factors significantly. External factors also influence the public's attitudes of Islamic Boarding School (Pesantren) directly with a strong and significant influence. The communications strategy of de-radicalization also directly affects the public's attitudes of Islamic Boarding School (Pesantren) with weak influence.
[Penyebaran radikalisme agama di Indonesia telah merasuki semua lapisan masyarakat tanpa dapat dipilah secara rigid. Merespon situasi tersebut, pemerintah melakukan program deradikalisasi, termasuk di lingkungan Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi, faktor internal dan eksternal dalam membentuk sikap masyarakat pesantren terhadap deradikalisasi agama dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan FGD. Alat analisis kuantitatif menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi deradikalisasi berpengaruh terhadap sikap masyarakat pesantren melalui faktor eksternal secara signifikan. Faktor eskternal juga mempengaruhi sikap masyarakat pesantren secara langsung dengan pengaruh yang kuat dan signifikan. Strategi komunikasi deradikalisasi juga berpengaruh langsung terhadap sikap masyarakat pesantren dengan pengaruh yang lemah.]
Article Details
References
Agus, S.B. 2016. Deradikalisasi Nusantara Perang Semesta Berbasis Kearifan Lokal Melawan Radikalisme dan Terorisme. Jakarta: Daulat Pres, h. 256.
Azwar, S. 2012. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
CNN Indonesia. 2016. BNPT: 19 Pesantren Terindikasi Ajarkan Radikalisme. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160203201841-20-108711/bnpt-19-pesantren-terindikasi-ajarkan-radikalisme.
Data Sukoharjo. Grafik Jumlah Penduduk Berdasarkan Agama. Diakses dari http://sukoharjokab.go.id/laporan_kependudukan/agama/rekap/?tahun=2017&semester=1.
Detiknews. 2018. Maarif Institute: Ekstrakurikuler Pintu Masuk Radikalisme di Sekolah. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-3834483/maarif-institute-ekstrakurikuler-pintu-masuk-radikalisme-di-sekolah.
Fata, Badrus S. 2015. Arah Baru Pesantren di Indonesia: Fundamentalisme, Modernisme dan Moderatisme. Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, Vol. 15, No. 1.
Indriati, A. 2011. Pengaruh Pondok Modern Assalam Terhadap Perubahan Sosial Keagamaan Masyarakat Sekitarnya. Esensia, Vol. 12, No. 2, hlm. 347-365.
Masroer. 2018. Religious Inclusivism In Indonesia: Study of Pesantren An-Nida and Edi Mancoro, Salatiga, Central Java. Esensia, Vol 19, No. 1.
Peraturan Presiden No 46 Tahun 2010 tentang BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme)
Pew Research Center. 2015. In nations with significant Muslim populations, much disdain for ISIS. Diakses dari https://www.pewresearch.org/fact-tank/2015/11/17/in-nations-with-significant-muslim-populations-much-disdain-for-isis/.
Rapik, Mohamad. 2014. Deradikalisasi Faham Keagamaan Sudut Pandang Islam. Jurnal: Inovatif, Volume VII Nomor II Mei 2014
Safri, A.N. 2016. Reinterpretasi Makna Al-Islām Dalam Al-Qur’an (Menuju Keagamaan yang Etis dan Dialogis). Esensia, Vol. 17, No. 1, hlm. 29-38.
Suprapto, Rohmat, dan Yesika Maya Ocktarani. 2017. Deradikalisasi Agama Melalui Pendekatan Da’i Hijrah. Artikel. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. ISBN : 978-602-61599-6-0
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.