Efektivitas Ensiklopedia IPA Terintegrasi Alquran untuk Siswa Tunanetra

Ika Kartika,1* Ibrahim Ibrahim2

   1 UIN Sunan Kalijaga
   2 UIN Sunan Kalijaga
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.070203

Abstract


Blind students who study in inclusive schools experience difficulties in accessing science learning and materials. This study is a research and development. It aims to test the effectiveness of The Encyclopedia of Integrated Science-Alquran for Students with Visual Impairments, a development research product from previous Developmental Research Step 1. This product is Developmental Research Step 2, which adapts Borg and Gall's procedural model. Two separated classes in two provinces, DIY and Lombok, were randomly selected as the pre-test and post-test samples. To see the encyclopedia's effectiveness, further analysis of the pre-test and post-test was carried out to look for N-Gain. The study concluded that the student learning outcomes obtained through the N-Gain analysis showed an average increase of 0.43, which is in the medium criteria.

[Siswa tunanetra yang menempuh pendidikan di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif sering mengalami kesulitan dalam mengakses pembelajaran dan materi IPA. Studi ini merupakan Developmental Research. Penelitian bertujuan untuk menguji efektivitas produk penelitian pengembangan, “Ensiklopedia IPA terintegrasi Alquran untuk Siswa Tunanetra”. Sebagai lanjutan dari Developmental Research Step 1, penelitian ini merupakan Developmental Research Step 2 yang mengadaptasi model prosedural Borg and Gall. Dua kelompok kelas (di dua provinsi, DIY dan Lombok) dipilih secara acak sebagai sampel uji pre-test dan post-test. Untuk melihat efektivitas Ensiklopedia, analisis lanjutan dari pre-test dan post-test dilakukan untuk mencari N-Gain. Penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui analisis N-Gain menunjukkan rata-rata kenaikan sebesar 0,43, berada pada kriteria sedang]


Keywords


accessible learning materials; accessible science module; Science-Quran integration material; blind inclusive learning; media pembelajaran aksesibel; media belajar ramah tunanetra; materi integrasi IPA-Alquran

Full Text:

PDF

References


Andayani, A. (2018). Studi Kebijakan Kampus Inklusif: Implementasi Permendikbud RI No 46/2014. Welfare: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/welfare.2018.072-05

Ardiyanti, E. L., Budi, A. S., & Astra, I. M. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Alat Optik Berbasis Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Journal), 7, SNF2018-PE-9–15. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.02

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar evaluasi pendidikan (Cetakan pertama). Bumi Aksara.

Aslamiyah, L., Masturi, M., & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 44–52. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19271

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Basit, A., & Puspitarini, R. C. (2019). I-Spring Suite sebagai Solusi Alternatif Permasalahan Pembelajaran Civic Education di Sekolah Inklusi. Pedagogy, 6(2), 1–8.

Departemen Agama RI. (1989). Al-Quran dan Tejemahannya. Toha Putra Semarang.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15657

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction (8 edition). Pearson.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Schores. Dept. of Physics Indiana University.

Hakim, R. (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788

Hasyim, H. A. D. (2017). Identifikasi Pemenuhan Hak Bagi Difable (Penyandang Cacat) dalam KUHPerdata (Studi Analisis Pemenuhan Hak Bagi Difable dalam KUHPerdata Perspektif Convention On the Rights of Persons with Disabilities dalam UU Nomor 19 Tahun 2011). Serambi Hukum, 10(02), 13–31.

Ibrahim, I. (2020). Pendekatan Ramah, Terbuka dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160

Khoswanto, H., Thiang, & Ricardo, J. (2003). Mesin Printer Huruf Braille Menggunakan Mikrokontroler MCS-51. Jurnal Teknik Elektro, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.9744/jte.3.1.

Khusniati, M., & Pamelasari, S. D. (2014). Penerapan Critical Review Terhadap Buku Guru IPA Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3117

Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. INKLUSI Journal of Disability Studies, 3(2), 139–162. https://doi.org/10.14421/ijds.030201

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1), Article 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2933

Muttaqin, A. (2019). Etika Sosial terhadap Difabel Netra: Analisis Semantik Alquran. INKLUSI Journal of Disability Studies, 6(1), 71–92. https://doi.org/10.14421/ijds.060104

Ningsih, E. R. (2014). Mainstreaming Isu Disabilitas di Masyarakat Dalam Kegiatan Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat di STAIN Kudus. JURNAL PENELITIAN, 8(1), 71–92. https://doi.org/10.21043/jupe.v8i1.1342

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231–238. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238

Rumahlatu, P. W. (2019). Efforts to Improve Student Learning Activities of 8th Grade Students in SMPN 18 Ambon Through the Implementation of Think Pair Share Models in Biology Science Learning. Global Science Education Journal, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.35458/gse.v1i2.18

Sari, N. (2017). Pengetahuan Guru terhadap Program Pendidikan Inklusi (Suatu Kajian di Sekolah Dasar Inklusif dan Sekolah Dasar Luar Biasa). Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 2(2), 72–83.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.

Shaughnessy, J., Zechmeister, E., & Zechmeister, J. (2014). Research Methods in Psychology (10 edition). McGraw-Hill Education.

Shihab, M. Q. (Ed.). (2007). Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata (Cet. 1). Diterbitkan atas kerja sama Lentera Hati, Pusat Studi al-Qur’an, [dan] Paguyuban Yayasan Ikhlas.

Somantri, T. S. (2015). Psikologi Anak Luar Biasa. Refika Aditama.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulthon, S. (2019). Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. INKLUSI Journal of Disability Studies, 6(1), 151–172. https://doi.org/10.14421/ijds.060107

Suriasumantri, J. S. (1998). Filasat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 13(1), 50–61. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3843

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Widinarsih, D. (2019). Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Journal of Social Welfare, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.7454/jurnalkessos.v20i2.239

Widoyoko, E. P. S. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wulandari, S., & Winarti, W. (2019). Development of REACT-Based Physics Braille Learning Module in Linear Motion. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 33–37.




Copyright (c) 2020 Ika Kartika, Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.