KONSTRUKSI AKAD NIKAH (IJAB DAN KABUL) DALAM KITĀB AL-NIKĀH KARYA MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI

Authors

  • Norcahyono Norcahyono Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.14421/ahwal.2021.14208

Keywords:

Al-Banjari, Ijab and kabul, Kita>b al-Nika>h

Abstract

Ijab and Kabul are the core elements in a marriage contract. Muhammad Arsyad Al-Banjari (17-18 AD), a Malay scholar from Banjar, wrote the ijab and kabul guidelines in the Kita>b al-Nika>h. Unlike many classical fiqh works, this book explains the guidelines for ijab and kabul clearly. This article discusses the construction of marriage contract (ijab kabul) in the book. Using a qualitative content analysis approach, this study found that the construction of ijab and kabul were written under the Banjar language with the Pegon script. The use of the local language aims to draw the broader attention of Banjar people. Description of ijab and kabul is presented with examples of marriage contracts that commonly exist in the community. This means that the construction of ijab and kabul in the book is practical—according to the needs of the Banjar people at that time. In addition to showing the practical character, Al-Banjari's fiqh on marriage contracts tends to reflect the Shafi'i School. Therefore, theoretically, it is safe to say that Al-Banjari is quite strict when it comes to following the Shafi'i school of jurisprudence.

Ijab dan kabul merupakan elemen terpenting dalam akad pernikahan agar dapat dianggap sah secara hukum. Muhammad Arsyad Al-Banjari (17-18 M), seorang ulama Melayu asal Banjar, menulis tuntunan ijab dan kabul dalam Kita>b al-Nika>h. Tidak seperti kitab fikih klasik pada umumnya, kitab ini menjelaskan tuntunan ijab dan kabul secara gamblang. Artikel ini membahas kontruksi ijab dan kabul pernikahan dalam kitab tersebut. Dengan pendekatan analisis isi kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa uraian-uraian ijab dan kabul ditulis menggunakan bahasa lokal dengan aksara Pegon. Hal ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat Banjar memahami isi yang disampaikan. Tuntunan ijab dan kabul pernikahan juga disajikan dengan contoh akad perkawinan yang bi(a)sa terjadi dalam praktek keseharian sehingga mudah dipahami masyarakat Banjar. Artinya konstruksi ijab dan kabul dalam kitab tersebut bersifat praktis—sesuai dengan kebutuhan masyarakat Banjar pada masa itu. Selain menunjukkan karakter praktis, fikih Al-Banjari tentang akad nikah mencerminkan fikih-fikih berorientasi Mazhab Syafi’i. Oleh karena itu secara teoretis dapat dikatakan bahwa Al-Banjari cukup ketat dalam menerapkan fikih bermazhab Syafi’i.

References

Abdullah, Abdul Rahman Hj, Biografi Agung Syeikh Arsyad Al-Banjari, 1st edition, Malaysia: Karya Bestari, 2016.

Abdurrahman, Abdurrahman, ‘Undang-Undang Sultan Adam 1835 Dalam Perspektif Sejarah Hukum’, Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 12, no. 1, 2015.

Ahmad, H. Syansuri, Pemikiran Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari Tentang Perpindahan Wali Dalam Kitâb an-Nikâh, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam, 2015.

Al-Banjari, Syekh Muhammad Arsyad, Kita>b al-Nika>h, Banjarmasin, 2005.

Al-Nawa>wi, Minha>j al-Thalibi>n wa ‘Umdah al-Mufti>n fi> al-Fiqh Imam al-Syafi’I ra., Bairu>t: Da>r al-Qutb al-‘Alamiyah, 2014.

Al-Syarbi>ni>, Syamsuddi>n Muhammad bin Ahmad Khathib, Mughni> al-Muhta>j ila Ma’rifati Ma’a>ni> Alfa>dz al-Muhta>j, vol. 4, Da>r al-Kutb al-‘Alamiah, 1994.

Azeez, Yusuf Abdul et al., ‘Codification Of Islamic Family Law In Malaysia: The Contending Legal Intricacies’, Science International, vol. 28, no. 2, Science International, Lahore Pakistan, 2016, pp. 1753–61.

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Melacak Akar-Akar Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia, Bandung: Mizan, 1995.

Badrulzaman, Ade Iqbal and Ade Kosasih, ‘Teori Filologi Dan Penerapannya Masalah Naskah-Teks Dalam Filologi’, Jumantara: Jurnal ManuskriP Nusantara, vol. 9, no. 2, 2018, pp. 1–25.

Baroroh-Baried, Siti et al., Pengantar Teori Filologi, Yogyakarta: BPPF Fakultas Sastra UGM, 1994.

Dahlan, Bayani, Pemikiran Sufistik Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2014.

Dakhoir, Ahmad, ‘Pemikiran Fiqih Shaikh Muhammad Arshad Al-Banjari’, Islamica, vol. 4, no. 2, 2010.

Daudi, Abu, Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Martapura: YAPIDA, 2003.

Dewan Redaksi, Ensiklopedi Islam 4, Jakarta: PT. Ichtiat Baru Van Hoeve, 2000.

Fathurahman, Oman, Filologi Indonesia Teori dan Metode, Prenada Media, 2015.

Fuad, Moh Fahimul, ‘Nomenklatur Pemikiran Hukum Syaikh Arsyad Al-Banjariy’, As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2013, pp. 75–94.

Gafur, Abd, ‘Islam di Kesultanan Banjar Pada Abad Ke 19 M dan Peran Muhammad Arsyad Al-Banjari’, Toleransi, vol. 1, no. 1, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim II, 2009, pp. 17–28 [https://doi.org/10.24014/trs.v1i1.439 ].

Handy, Muhammad Rezky Noor and Sisca Nuur Fatimah, ‘Biography of Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari: An Investigation of Value in the Spread of Islam as a Learning Source on Social Studies’, The Kalimantan Social Studies Journal, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 40–50.

Hasan, Ahmadi, Anwar Hafidzi, and Yusna Zaidah, ‘Modern Law Aspect on Procedural Decision of Sultan Adam Law’, Al-Ahkam, vol. 29, no. 2, Faculty of Sharia and Law, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, 2019, pp. 159–66.

Hendriyani, Hendriyani, ‘Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh’, Jurnal Komunikasi Indonesia, 2017, pp. 63–5.

Hidayati, Tri and Muhammad Syarif Hidayatullah, ‘Legal Politics in the Establishment of the Sultan Adam Law (Positivization of Islamic Law in the Banjar Kingdom)’, Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 367–82.

Ideham, M. Suriansyah, Sejarah Banjar, Banjarmasin: Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, 2003.

Indonesia, Kementerian Agama Republik, Al-Qur’an dan Terjemahannya (disertai tema penjelas kandungan ayat), Jakarta: CV. EL MISYKAAH, cet, 2015.

Jawad, Mughniyah Muhammad, Fiqih Lima Mazhab, Jakarta: Lentera Basritama, 2005.

Kamal, Ahmad, ‘“Kajian Terhadap Pemikiran Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari Tentang Pernikahan dalam Kitab al-Nikah”’, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2005.

Mahlidin, Mahlidin, ‘Kitab An Nikah Karya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, UU Perkawinan No 1 Tahun 1974 dan KHI (Studi Perbandingan)’, Banjarmasin: Pascasarjana UIN Antasari, 2016.

Martono, Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, 2nd edition, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.

Mohd Azhan, Zakaria, ‘Kitab Zakat dalam Kitab Sabil Al-Muhtadin Karya Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari’, Malaysia: Universiti Malaya, 2015.

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama, 4th edition, Yogykarta: Rake Sarasin, 1992.

Mulyati, Sri, Mengenal & Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarah di Indonesia, 1st edition, Jakrta: Prenada Media, 2004.

Mustafa, Zanirah and Intan Nurul‘Ain Mohd Firdaus Kozako, ‘Malacca Laws: The Effect of Islam and Customs in the Aspect of Family Law’, Journal of Contemporary Social Science Research, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 37–47.

Nawawi, Hadari H., Metode Penelitian Bidang Sosial, 5th edition, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1991.

Noor, Zanariah, ‘Gender Justice and Islamic Family Law Reform in Malaysia’, Kajian Malaysia, vol. 25, no. 2, Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan, Universiti Pendidikan Sultan Idria, 2007, pp. 121–56.

Norcahyono, ‘“Ijtihad Maqa>s}idi> dan Aplikasinya dalam Kita>b al-Nika>h Karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari”’, Riau: Program Pascasarjana UIN SUSKA.

Pancasilwati, Abnan, ‘Epistemologi Fiqh Sabilal Muhtadin’, Mazahib: Jurna Pemikiran Hukum Islam, vol. 14, no. 1, 2015, pp. 13–32 [https://doi.org/10.21093/mj.v14i1.333 ].

Purwanto, Muhammad Roy, ‘Thought of Nusantara Moslem Scholars: Fiqh Concepts of Syeikharsyad Al-Banjari in Sabilalmuhtadin’, Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 24, no. 1, 2019, pp. 187–212.

Rahmadi, Rahmadi, Abbas M Husaini, and Wahid Abdul, Islam Banjar Dinamika dan Tipologi Pemikiran Tauhid, Fiqih dan Tasawuf, Banjarmasin: IAIN Anatasiri Press, 2012.

Ramli, Mohd Anuar and Mohammad Aizat Jamaludin, ‘Sumbangan Syeikh Muhammad Arshad b. Abdullah al-Banjari dalam Fiqh al-At ‘imah (Makanan) di dalam kitab Sabil al-Muhtadin’, Jurnal Al-Tamaddun Bil, vol. 7, no. 2, 2012, pp. 61–76.

Rusydi, Bustanul Arifien, ‘Problem Kehadiran dan Upaya Hukum Tergugat dalam Putusan Verstek Perkara Perceraian pada Pengadilan Agama Bandung’, Muslim Heritage, vol. 5, no. 2, 2020.

Steenbrink, Karel Andrian, Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke 19, Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Suriadi, Ahmad, Percaturan Otoritas Ulama dan Raja Banjar pada Abad XIX, Semarang: RaSAIL Media Group, 2009.

----, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dalam Dinamika Politik Kerajaan Banjar Abad XIX, Pusat Penelitian dan penerbitan LP2M IAIN Antasari, 2014.

Taufiqurohman, Taufiqurohman Taufiqurohman, ‘Batasan Usia Perkawinan; Sebuah Tinjauan Sosiologi Hukum dan Antropologi Hukum’, Usratuna: Jurnal Hukum Keluarga Islam, vol. 4, no. 2, 2021.

Zulfa, Jamalie, ‘Sultan Adam Al-Watsiq Billah dan Sejarah Penerapan Islam di Tanah Banjar’, Jurnal Al-Jami, vol. 8, no. 6, STAI Al-Jami Banjarmasin, 2012.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Article

How to Cite

KONSTRUKSI AKAD NIKAH (IJAB DAN KABUL) DALAM KITĀB AL-NIKĀH KARYA MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI. (2021). Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 14(2), 214-227. https://doi.org/10.14421/ahwal.2021.14208

Similar Articles

1-10 of 155

You may also start an advanced similarity search for this article.