Efektivitas Penggunaan Metode Counseling Learning Method (CLM) untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the Implementation Methods Counseling Learning Method to improve speaking skills for second-grade students of MTs Al-Muhajirin Tapung and determine the factors that influence the adoption of the Counseling Learning Method. This study is a research experiment, experimental research is a research method that is used to search for a specific treatment effect against the other in uncontrolled conditions. By using experimental design Pretest – Posttest None Control Group Design. Ways of data collection are observation and an oral test. The results of the analysis of the data obtained on the Application Methods Counseling Learning Method in Learning Arabic to improve speaking skills for second-grade students of MTs Al-Muhajirin Tapung based on observations obtained 95.8% means "Very Good" on the level of 80-100%. And based on the results of the oral test of the analysis of the data obtained, it can be concluded that the adoption of Methods in Learning Arabic is effective to improve speaking skills for second-grade students of MTs Al-Muhajirin Tapung.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Counseling Learning Method (CLM) dalam Pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Tapung dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi penerapan Metode tersebut. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Dengan menggunakan desain eksperimen Pretest–Posttest None Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes lisan. Adapun hasil dari analisis data yang diperoleh tentang Penerapan Metode Counseling Learning Method (CLM) dalam Pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung berdasarkan hasil observasi diperoleh 95.8% berarti “Baik Sekali” dari tingkatan 80-100%. Dan berdasarkan hasil tes lisan, analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Counseling Learning Method (CLM) dalam Pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara bagi siswa kelas VIII MTs Al-Muhajirin Tapung.
Downloads
Article Details
References
’Abdullah, ’Amr as-Sidiq. Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah Lin-Natiqina Bighairiha: Al-Turuq-al-al-Asalib-al-Wasa’il. Khurtum: al-Daru al-’Alamiyyah Li al-Nasyr wa al-Tauzi’, 2008. https://www.neelwafurat.com/itempage.aspx?id=egb129962-5133733&search=books.
’Alam, Shalahuddin Muhammad. Al-Takwim al-Tarbawi al-Muassai: Asasuhu Wa Manhajiyatuhu Wa Tathbiqatuhu Fi Takwim al-Madaris. Kairo: Dar al-Fikr al-’Arabi, 2003.
Ardi Wijayani, Novan. Desain Pembelajaran Pendidikan (Tata Rancang Pembelajaran Menuju Kompetensi). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Aziz, Khatim Jasim, and Maryam Khalid Mahadi Janabi. “Tara’iku al-Tadris al-Sya’i’ah Laday A’dha’i Haiati al-Tadris fi Jami’at Dayali.” Majalah al-Fath 9, no. 51 (2012): 195–221.
Aziz, Shalih Abdul, and Abdul Abdul Aziz Majid. Al-Tarbiyyah Wa Turuku al-Tadris. Kairo: Dar al-Ma’arif, 2012.
Basyar, Kamal. Fann Al-Kalam. Kairo: Dar Gharib Li al-Taba’ah wa al-Nasyr, 2003.
C. Richard, Jack, and Rogerds Theodore S. Approaches and Methods in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press, 1999.
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
Hartono. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Herman, Resky Damayanti. “Efektivitas Penerapan Counseling Learning Method Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik.” Shaut al Arabiyyah 7, no. 1 (2019): 44. https://doi.org/10.24252/saa.v7i1.9485.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Hughes, Arthur. Testing for Language Teachers Second Edition. Cambridge University Press, n.d.
Ismail, Muhammad ’Ali. Manhaj Fi Al-Lughah al-’Arabiyyah. Kairo: Maktabah wa Hibah, n.d.
Jannah, Ida Miftakhul, and Mohamad Thohir. “The Implementation of Counseling Learning Method to Improve Arabic Speaking Skills for the Freshmen.” ALSINATUNA 6, no. 1 (December 22, 2020): 51–66. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v6i1.2960.
Nurlaila, Ade Rahman. “Penggunaan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela Kota Bima.” AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 2, no. 1 (March 1, 2018): 52–68. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i1.164.
S. Uyanto, Stanislaus. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Indonesia: Graha Ilmu, 2009.
Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
uhl chamot, Anna, and Denise McKeon. “Second Language Teaching: An Overview of Methods.” TESL Reporter, n.d.
W. Stevick, Earl. Language Teaching A Critical Perspective. United Kingdom: Oxford University Press, 1990.
Yunus, Fathi Ali, and Mohamed Abdel Raouf Sheikh. Al-Maraji’ Fi Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah Lil Ajanibi Min al-Nazariyyah Ila al-Tatbiq. Kairo: Maktabah wa Hibah li al-Taba’ah wa al-Nasyr, 2003.
Yunus, Muhammad, and Muhammad Kasim Bakrie. Kitab Al-Tarbiyyah Wa al-Ta’lim. Bukit Tinggi: Matbaah Thamarah al-Ikhwan, n.d.