Aktualisasi Pendidikan Al-Qur’an melalui Kegiatan Habit-Forming pada Anak Usia Dini di TK Al-Kautsar Durisawo Ponorogo

  • Risa Alfiyah Ulfa Prodi PIAUD Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Ahmad Arifi UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Kata kunci: Pendidikan Al-Qur’an, Habit-Forming, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa pendidikan al-Qur’an dalam komunitas muslim semakin rendah. Sehingga perlu keseriusan dalam mengaktualisasikan kedalam pendidikan formal maupun non formal salah satunya melalui kegiatan habit-forming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pendidikan al-Qur’an melalui kegiatan habit-forming serta implikasinya terhadap kemampuan membaca al-Qur’an di TK al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan psikologi dengan menggunakan teori belajar behaviorisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa aktualisasi pendidikan al-Qur’an melalui kegiatan habit-forming di TK Al-Kautsar Durisawo Ponorogo, diantaranya dalam makna tilawah lebih menekankan konsep membaca secara tahqiq. Dalam makna tadabbur, adanya pembisaan pemberian cerita Islami. Dalam makna tahfidz, terbatas pada hafalan surat-surat pendek yang terdapat dalam juz ‘Amma. Dalam makna mengamalkan, pembiasaan mengucapkan dan menjawab salam. Dalam makna memelihara, diterapkan melalui praktik sholat fardhu berjamaah yang selalu menghafalkan bacaan-bacaan shalat terutama surat al-Fatihah. Implikasinya, peserta didik percaya diri, tegas, teliti dalam membaca huruf hijaiyah, menguatkan hafalan peserta didik, khususnya surat al-Fatihah. Pembiasaan sholat sunnah dhuha berjamaah membentuk sikap mandiri dalam menerapkan bacaan surat al-Fatihah.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
al-Ghautsani, Y, Kaifa Tahfadz al-Qur’an al-Karim Qawa’id Asasiyyah wa Turuq ‘Amaliyyah, Dimasq: Daar al-Gautsan, 2001.

al-Ghazali, M, Al-Muhawir al-Khamsah li Al-Qur’an alKarim, penerjemah Nandang Burhanudin, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2002.

Al-Laahim, K, Panduan Tadabbur al-Qur’an, Solo: Kiswah Media, 2008.
al-Nawawi, A, al-Adzkar al-Nawawiyah, Indonesia: Maktabah Daar Ihya al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.th.

Anwar, “Konsep Tilawah Dalam Alquran,” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta'lim 11, tahun 2013.

Arikunto, S, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Astuti, A, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7 Ed 2, November 2013.

Azwar, S, Metode Penelitian, Yogyakarta: Puataka Pelajar, 1999.

Budiyanto, M, Ilmu Pendidikan Islam ,(Yogyakarta: Griya Santri, 2011.

Bungin, B (Ed), Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Kontemporer , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Bungin, B, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Pranada Media Group, 2007.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahan, Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur’an, Departemen Agama RI., Jakarta,1978.

Desiana, Meningkatkan Kemampuan Anak Membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqro’ Plus Kartu Huruf di RA Ummatan Wahidah Curup, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, 2013.

Echols, J, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Faqih, G, Al Qur’an Sang Mahkota Cahaya, Jakarta: Elek Media Komputindo, 2010.
Hadi, S, Metodologi Research 1, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1987.

Hakim, R, “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No 2, Juni 2014.

Hakim, R, “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No 2, Juni 2014.

Harmadi, “Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Al-Qur’an di SMPN 4 Paringin dan SMPN 1 Lampihong Kabupaten Balangan,” Tesis, Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin Tahun 2012.

Juwariyah, Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: Teras, 2010.

Kemendikbud, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Apa, Mengapa,
Lindzey G dalam Supratiknya (ed.), Psikologi Kepribadian 3 Teori-Teori Sifat dan Behavioristik Allport Sheldhon Catell Dollard & Miller Skinner, Yogyakarta: PT Kanisius, 1993.

Moleong, L, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. XIII, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Nawabuddin, A, Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: CV Tridaya inti, 1992.

Nawabuddin, A, Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: CV Tridaya inti, 1992.

Nawawi, H, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1993.

Nursahid, R, “Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran”, Jurnal Tarbawy, Vol. 2, Nomor 2, tahun 2015.

Nursahid, R, “Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran”, Jurnal Tarbawy, Vol. 2, Nomor 2, tahun 2015.

Partanto, P, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, 2011.

Pedak, Metode Supernol Menaklukkan Stre, Jakarta: Hikmah, 2009.
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka, 1984.

Purwantini, A (eds)., Moralitas Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas : Telaah atas Pemikiran Fazlur Rahman, al-Ghazali, dan Isma’il Raji al-Faruqi, Yogyakarta: Gama Media Offset, 2002.

Purwanto, N, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 1995.

Qordawi, Y, Berinteraksi dengan Al-Qur’an, Bandung: Gema Insani Press, 2010.

Rahman, F, Aktualisasi Nilai Budaya Lokal dalam Kepemimpinan Pemerintahan Kota Palopo, Skripsi, Makassar: Universitas Hasanuddin, 2013.

Sa’dullah, 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2008.

Salim, A, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Sarbini, A, Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an, Bandung: Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka, 2012.

Shadily, H, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Shihab, Q, Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2000, vol 3.

Shihab, Q, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1998.

Shon’ani, M, Kitab Attanwir Syarkhu Al-Jaami’ Ashoghir Juz 1, Riyadh: Darussalam, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Syamsuddin, Kebijaksanaan Umum dan Kiat Sukses Penelolaan TKA/TPA alQur'an, Jakarta: LPPTKA BKPRMI DKI JAYA, 1996, cet. Ke-III.
Syarifuddin, A, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Thaib, A, Model Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Studi Pada Play Group Islam Terpadu Al-Furqon dan Auladi Palembang, Kemenag: Blajakarta, t. th.

Worstell, R, The American Heritage Stedman's Medical Dictionary, California: Houghton Mifflin Company, 2002.

Yunus, M, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1999.

Zahro, I, “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an Rumah Qur’ani”, Tesis, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Zainap, H, “Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an (Kajian Pemikiran Tasyrifin Karim dalam Konteks Pengembangan Metode Iqro’ dan Kelembagaan Pendidikan Al-Qur’an),” Disertasi, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin tahun, 2015.

Zayadi. A dkk, Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: PT RajaGrafindo Persa, 2005.

Zuhri, M, “Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Akhlak di SMP 8 Yogyakarta”, Jurnal Cendekia Vol. 11 No. 1 Juni 2013.
Published
2017-07-30
How to Cite
Ulfa, R. A., & Arifi, A. (2017). Aktualisasi Pendidikan Al-Qur’an melalui Kegiatan Habit-Forming pada Anak Usia Dini di TK Al-Kautsar Durisawo Ponorogo. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 65-82. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1406
Section
Articles