23795
Views
44108
Downloads
Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak)
Main Article Content
Abstract
Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya ialah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Perkembangan anak ditinjau dari aspek masa atau umur tertentu, meliputi perkembangan fisik-motorik, sosial-emosional, moral keagamaan, dan perkembangan kognitif. Perkembangan fisik-motorik anak usia 4-5 tahun terdiri dari perkembangan fisik, motorik kasar, dan motorik halus. Hal ini telah diatur dalam Permendikbud Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Pada Bab III terkait “Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak” dan Bab IV terkait “Standar Isi” pada ayat (1) dan (3). Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap kebijakan tersebut, dikaji berdasarkan teori pertumbuhan dan perkembangan anak. Terdapat perbedaan yang cukup spesifik terhadap perkembangan anak usia 4 dan 5 tahun, sehingga hendaknya ada penjabaran yang lebih rinci akan perkembangan anak setiap tahunnya, tidak hanya secara interval.
Keywords:
Downloads
Article Details
How to Cite
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
References
Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2014.
El-Kuhuluqo, Ihsana. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
K. Eileen Allen, Lynn R. Marotz, Profil Perkembangan Anak: Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Jakarta: Indeks, 2010.
LN, Yusuf Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-4. 2014.
Meggitt , Carolyn. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks, 2013.
Mulyasa, Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Suyanto, Slamet. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005
Santrock, John W. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.
Suyadi, Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Yus, Anita. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana, 2011.