23795

Views

44108

Downloads

Original article
Open Access

Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak)

Aghnaita Aghnaita
Pages: 219-234
|
Published: Dec 30, 2017

Main Article Content

Abstract

Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya ialah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Perkembangan anak ditinjau dari aspek masa atau umur tertentu, meliputi perkembangan fisik-motorik, sosial-emosional, moral keagamaan, dan perkembangan kognitif. Perkembangan fisik-motorik anak usia 4-5 tahun terdiri dari perkembangan fisik, motorik kasar, dan motorik halus. Hal ini telah diatur dalam Permendikbud Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Pada Bab III terkait “Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak” dan Bab IV terkait “Standar Isi” pada ayat (1) dan (3). Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap kebijakan tersebut, dikaji berdasarkan teori pertumbuhan dan perkembangan anak. Terdapat perbedaan yang cukup spesifik terhadap perkembangan anak usia 4 dan 5 tahun, sehingga hendaknya ada penjabaran yang lebih rinci akan perkembangan anak setiap tahunnya, tidak hanya secara interval.

Keywords:

Perkembangan Pertumbuhan Fisik-motorik Kebijakan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219–234. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

References

B. Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak.. Jakarta: Erlangga, 1997.

Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2014.

El-Kuhuluqo, Ihsana. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

K. Eileen Allen, Lynn R. Marotz, Profil Perkembangan Anak: Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Jakarta: Indeks, 2010.

LN, Yusuf Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-4. 2014.

Meggitt , Carolyn. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks, 2013.

Mulyasa, Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Suyanto, Slamet. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005

Santrock, John W. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.

Suyadi, Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Yus, Anita. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana, 2011.