Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran AUD

  • Dian Putri Pangestu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rohinah Rohinah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pengaruh, kesiapan belajar, Keaktifan peserta didik, Proses pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kesiapan belajar serta keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di TK PGRI Nogosari Yogyakarta dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di TK PGRI Nogosari Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikir untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengelola pendidikan dan sebagai bahan masukan serta evaluasi pembelajaran khususnya di TK PGRI Nogosari Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kesiapan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di TK PGRI Nogosari Yogyakarta adalah 55.882% dalam kategori Baik dan 44.118% dalam kategori Kurang, sedangkan besarnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di TK PGRI Nogosari Yogyakarta adalah 58.824% dalam kategori Aktif dan 41.176% dalam kategori Kurang. Berdasarkan tabel interpretasi nilai r, nilai r hitung sebesar 0.735 berada pada interval 0.70 – 0.90 sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang kuat antara kesiapan belajar terhadap keaktifan peserta  didik di TK PGRI Nogosari Yogyakarta. Sedangkan dari hasil analisis regresi linier sederhana dapat diketahui besarnya nilai R square yaitu 0.541, hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di TK PGRI Nogosari Yogyakarta adalah 54.1% (0.541 x 100%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, A. W. (2015).“Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab Kajian Kitab Ibnu Aqil di Kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta Tahun Akademik 2014/2015”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Anwar, S. (1998). Metode Penelitian, cet ke-1. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Daradjat, Z. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati, Mudjiono. (2002 ). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi.
Hartono, A. dkk. (2008). PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Hartono. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Padmowiharjo, S. (2014). Psikologi Belajar Mengajar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Rianse, U & Abdi. (2011). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soemanto, W. 2002. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi (Karya Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.
Syah, M. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Wasito, H. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Published
2019-04-01
Section
Articles