1578

Views

1848

Downloads

Original article
Open Access

Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran untuk Menanamkan Nilai Moral Anak

Erma Febriana
,
Hafidh 'Aziz
Pages: 115-130
|
Published: Apr 1, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran sentra bermain peran sebagai salah satu upaya dalam menanamkan nilai moral anak, mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran sentra bermain peran dalam menanamkan nilai moral anak dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif didasarkan atas pertimbangan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan moral melibatkan berbagai aspek yang harus digali secara mendalam dan komperehensif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B2 (usia 5-7 tahun) di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran sentra bermain peran kelas B2 RA Tiara Chandra Yogyakarta telah berhasil dalam menanamkan nilai moral anak. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator yang ditetapkan oleh RA Tiara Chandra berdasarkan standar tingkat pencapaian anak mengacu pada kurikulum 2013. Faktor pendukung dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak: latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang baik, metode atau program yang tepat, pendidik yang telah dibekali LVEP dan menerapkannya secara konsisten, fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran sentra bermain peran untuk menanamkan nilai moral anak adalah : latar belakang pendidikan keluarga peserta didik yang kurang baik, ruang sentra yang kurang kondusif, kompetensi pendidik.

Keywords:

Sentra bermain peran Nilai moral anak

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Febriana, E., & ’Aziz, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran untuk Menanamkan Nilai Moral Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 115–130. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-05

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Di Alaf Baru : Rekomendasi Atas Moralitas Pendidikan. Yogyakarta : Prisma Sobhie.
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Mora : Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggil. Terjemahan oleh Lina Jususf. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Edisi keenam. Jilid 2). Terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga.
Latif, M, dkk. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
Martuti, A. (2010). Mendirikan dan Mengelola PAUD. Bantul : Kreasi WacanaOffset.
. (2012). Mengelola PAUD : Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. (Cet ke-3). Bantul : Kreasi Wacana.
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Edisi kelima. Cet ke-1). Terjemahan oleh Suci Romadhona & Apri Widiastuti. Jakarta : PT Indeks.
Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. (Cet ke-2). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. (Cet ke-1). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Jakarta : Kencana.
Poerwadarminta, W.J.S. (2007). Kamus Besar Umum Bahasa Indonesia. (Edisi ketiga). Jakarta : Balai Pustaka.
Roopnarine, J. L & James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini : Dalam Berbagai Pendekatan. (Edisi kelima. Cet ke-1). Terjemahan oleh Sari Nurulita. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sabi’Ati, A. (2016). “Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang”. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak. Vol 2. No 1. 2477-4715.
Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak : Peran Moral Intektual Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. ( Cet ke-1 ). Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi. (Cet ke-1). Jakarta : Kencana.
Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.