4608
Views
5454
Downloads
Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak dalam hal mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) di TK Pertiwi 39 Trimulyo, mengetahui pelaksanaan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo, dan mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak setelah diterapkan kegiatan mewarnai, menggunting, dan menempel (3M) dengan metode demonstrasi di TK Pertiwi 39 Trimulyo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan motorik halus pra tindakan kategori berkembang sesuai harapan 7,7%. (2) penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak, hal ini dapat dilihat dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) setelah diterapkan metode demonstrasi pada siklus I mencapai 50,00% dengan kategori berkembang sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 85,70% kategori berkembang sangat baik.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
dan R&D. Bandung: Alfabetta.
Djemari, M. (2008). Tehnik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Gunarti, W. & dkk. (2010). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Maimunah, H. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jogjakarta: DIVA Press.
Margono, S. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Ngalim, P. (2004). Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pamadhi, H, & Sukardi. S. E. (2010). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sanjaya, W.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.
Suardiman, & Partini, S. (2003). Metode Pengembangan Daya Pikir Dan Daya Cipta Untuk Anak Usia TK. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
Sujiono, B, & dkk. (2014) Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Utami, A. D, & dkk. (2013). Modul PLPG Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Konsorsium Sertifikasi Guru Universitas Negeri Yogyakarta.
Yuniarti, S. & dkk. (2015). Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Usia 4-5 Tahun, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.