Wajah Al-Qur’an dalam Media: Penelusuran Ayat-Ayat al-Qur’an dalam Rubrik Hikmah Harian Umum Republika

Ahmad Suhendra
* UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI: https://doi.org/10.14421/esensia.v15i2.770

Abstract


This article will discuss the verses of the Qur'an, specifically appeared in the Republika Newspaper Rubric of “Hikmah”. The articles include only eight randomly selected ones in March 2014. The analysis deals with what kind of values discussed in the media related to al-Qur'an. The results showed that though there were attempts to inform the teachings or the values contained in the religion through the media, but it is still within a narrow range. The analysis shows that indeed the content of “Hikmah” rubric is more oriented on the religious motivations than philosophical one.

[Artikel ini akan menelusuri ayat-ayat al-Qur’an Koran Repbulika, khususnya Rubrik Hikmah. Tulisan yang dikaji dipilih hanya delapan secara acak selam bulan Maret 2014. Dari situ akan dikaji nilai-nilai seperti apa yang dihasilkan atau dibentuk media dalam menampilkan al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekalipun terdapat upaya untuk menginformasikan ajaran- ajaran atau nilai-nilai yang terkandung dalam agama melalui media, tetapi hal itu masih dalam cakupan yang sempit. Uraiannya menunjukkan bahwa memang isi tulisan rubrik Hikmah ini lebih berorientasi pada ‘motivasi religius’ ketimbang analisis-filosofis.]


Keywords


al-Qur’an; Wacana; Media; Republika; Rubric of Hikmah

Full Text:

PDF

References


Davis dan Paul Walton (ed.), Howard. Bahasa, Citra, Media. terj. Ikramullah Mahyudin. Yogyakarta: Jalasutra, 2010.

Eriyanto. Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Gaus, et. Al (ed.), Ahmad. Ensiklopedi Nurcholish Madjid: Pemikiran Islam di Kanvas Peradaban. Jakarta: Mizan. 2006.

Hamka dan Rafiq (ed.), Rusjdi. Islam dan Era Informasi. Pustaka Panjimas: Jakarta. 1989.

Liliweri, Alo. Strategi Komunikasi Masyarakat. Yogyakarta: LKiS. 2010.

Qardhawi, Yusuf al-. Konsep Ibadah dalam Islam. terj. Abu Asma Anshari. Surabaya: Central Media, 1991.

Qurtubi, Syeikh Imam al-. al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. terj. Dudi Rosyadi, dkk. Jakarta: Pustaka Azzam. 2008.

Rahardjo, M. Dawam. Ensiklopedi al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina. 1996.

Sahabuddin, (et. al). Ensiklopedia al-Qur’an: Kajian Kosakata. Jakarta: Lentera Hati. 2007.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

_______. Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama al-Qur’an. Bandung: Mizan. 2007.

Sundari, Akhiriyati. “Materi Pendidikan agama Islam dalam Media Massa: Studi Kasus Kolom Hikmah Harian Umum Republika Edisi Maret 2004.” Skripsi Fakultas Tarbiyah. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. 2005.

Syarif, Mahmud ibn al-. al-Qur’an Bertutur tentang Cinta. terj. Yusuf Hanafi & Abdul Fattah. Yogyakarta: Penerbit Cahaya Hikmah. 2003.

Tabari, Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir al-. Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil ayi al-Qur’an. terj. Akhmad affandi. Jakarta: Pustaka Azzam. 2008.

Koran

Ismail, Achmad Satori. “Siap Siaga”. Republika. 6 Maret 2013.

Kurnia MH. “Sikap Amanah”. Republika, 19 Maret 2013,

Mahmudah, Siti. “Merawat Cinta”. Republika. 5 Maret 2013.

Suharno, Iman Nur. “Birrul Walidain”. Republika. 7 Maret 2013.

_______. “Kunci Hidup Berkah”. Republika. 21 Maret 2013.

Yaswirman, “Motivasi Ibadah”. Republika. 2 Maret 2013.

Wahab, Muhbib Abdul. “Indahnya Berbagi”. Republika. 16 Maret 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Ahmad Suhendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin

ISSN 1411-3775  |   E-ISSN 2548-4729

Accredited by the Deputy of Research and Development, The Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia, No. B/1796/E5.2/KI.02.00/2020.

Creative Commons License

This work is licensed under
a Creative Commons Attribution-Non Commercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).