Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-09Keywords:
Teori Belajar, Behavioristik, Proses Belajar Mengajar di SekolahAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya analisis dan penerapan teori behavioristik dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dalam hal ini, teori belajar behavioristik sangat menekankan dalam perkembangan perilaku anak tersebut. Pelatihan dan pengulangan perlu dilaksanakan agar perilaku siswa tersebut menjadi kebiasaannya. Hasil dan pembahasan yang diterapkan pada sekolah dengan menggunakan teori behaviorisme ialah terwujudnya suatu perilaku yang dicapai. Berdasarkan dari penelitian ditemukan bahwasannya analisis penerapan teori belajar behavioristik dalam proses belajar mengajar di sekolah menggunakan penguatan, latihan, stimulus, serta motivasi. Sedangkan perubahan perilaku siswa mengarah positif ialah termotivasi dengan baik dalam pembelajaran, sangat interaktif dan aktif, serta daya ingat yang kuat. Berdasarkan komponen tersebut, teori behavioristik sangat akurat dilaksanakan dalam proses pembelajaran saat ini. Di dalam implementasi teori belajar behavioristik sangat mudah dilaksanakan di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Ahmadi, Abu. “Psikologi Umum, Cet. III.” Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
Andriani, Fera. Teori Belajar Behavioristik Dan Pandangan Islam Tentang Behavioristik. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam. Vol. 6, 2015.
Desmita. Psikologi Perkembangan. bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Desmita, Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya, 2009.
Dliyauddin, Arie, Zainul Abidin, and Agus Wedi. “Penerapan Prinsip Belajar Behavioristik Dalam Kegiatan Muhadharah Di Tarbiyatu Muallimien Al-Islamiyah Pondok Al-Amien Prenduan Sumenep Madura.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2, no. 3 (2019): 166–73. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p166.
Evi Aeni Rufaedah. “Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 4, no. 1 (2017): 14–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550518.
Familus, S.Pd., M.Pd. “Teori Belajar Aliran Behavioristik Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal PPKn & Hukum 11, no. 2 (2016): 98–115.
Hamalik, Dr Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 1995.
Hasdiana, Ulva. “Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.” Jurnal Pencerahan 12, no. 2 (2018): 150–71.
Herawati, Rina, Endin Mujahidin, and Anung Al Hamat. “Hubungan Motivasi Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8, no. 2 (2019): 235–46.
Ismail, R N, and N Mudjiran. “Membangun Karakter Melalui Implementasi Teori Belajar Behavioristik Pembelajaran Matematika Berbasis Kecakapan Abad 21.” Menara Ilmu XIII, no. 11 (2019): 76–88. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1649.
King, Laura A. “Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif.” Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Lestari, R, and S Linuwih. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Social Skill Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8, no. 2 (2012).
Litalisdiana, Reira. “Penerapan Teori Behaviorisme Dalam Pendidikan Dasar Kelas II SDN Panggang.” Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2016, 1–12.
Mukinan. Teori Belajar Dan Pembelajaran. yogyakarta: P3K IKIP, 1997.
Muktar, Muhtafi. Pendidikan Behavioristik Dan Aktualisasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, 2019. iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/4%0A.
Mursyidi, Wathroh. “Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional.” Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 33–38. https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30.
Nahar, Novi Irwan. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1, no. 1 (2016).
Nasution. Asas Asas Kurikulum. jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Ningsih Fadhilah. “Model Bimbingan Belajardan Pandangannya Dalam Perspektif Islam Behavioristik.” Hikmatuna 2 (2016): 235–60.
Oktariska, Bariyah, Anselmus J E Toenlioe, and Susilaningsih. “Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa Di SMKN 6 Malang.” Jurnal Jktp 1, no. 2 (2018): 159–68.
Putrayasa, Ida Bagus. “Landasan Pembelajaran.” Singaraja, Bali: UNDIKSHA Press. Tersedia Secara Online Di: Http://Pasca. Undiksha. Ac. Id/Media/1227. Pdf [Diakses Di Kota Malang, Indonesia: 2 Maret 2017], 2013.
Rizqia, Maulida, Wahyu Iskandar, Nurzakiah Simangunsong, and Suyadi Suyadi. “Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD.” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 2, no. 2 (2019): 45–53.
Rusli, Radif Khotamir, and M A Kholik. “Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan.” Jurnal Sosial Humaniora 4, no. 2 (2013).
Rusuli, Izzatur. “Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pencerahan 8, no. 1 (2014): 38–54. https://doi.org/10.13170/jp.8.1.2041.
Setiawan, Akhmad Pandu. “Aplikasi Teori Behavioristik Dan Konstruktifistik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto.” Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2017): 33. https://doi.org/10.32616/tdb.v6i2.16.
Shahbana, Elvia Baby, and Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2020): 24–33.
Slavin, Robert E. Educational Psychology: Theory and Practice, 2019.
Soebagio, Rita Hendrawaty. “Analisis Terhadap Teori Pembelajaran Pada Program Pendidikan Seksualitas Komprehensif (CSE) Dalam Pandangan Islam.” Annual Conference on Islamic Education and Thought 1, no. 1 (2020): 26–47.
Sugandi, Ahmad. Teori Pembelajaran. semarang: UPT MKK UNNES, 2007.
Sutarto, Sutarto. “Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 1, no. 2 (2017): 1–26.
Telaumbanua, Arozatulo, Sekolah Tinggi, Teologi Anugerah, and Misi Nias. “Teori Belajar Behavioristik Dalam Meningkatkan Kemampuan Merespon Materi Perkuliahan” 3, no. 1 (2020): 49–59.
Zulhammi, Zulhammi. “Teori Belajar Behavioristik Dan Humanistik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Darul’Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 3, no. 1 (2015): 105–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.