Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter Peduli Sosial Subtema Keadaan Cuaca bagi Peserta Didik Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-08Keywords:
Media Komik, Karakter Peduli Sosial, Kelas II SDAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memahami langkah-langkah mengembangkan media komik berbasis karakter penyayang sosial, menilai kelayakan media komik strip berdasarkan karakter peduli sosial, dan menilai keefektifan media komik berdasarkan karakter kesejahteraan. Survei ini merupakan bentuk survei pengembangan berdasarkan model survei ADDIE. Hasil survei uji kelayakan menunjukkan bahwa penilaian ahli media mendapat skor 90. Peringkat ahli bahasa mencetak 90. Peringkat ahli pembelajaran mendapatkan skor 90. Penilaian respon guru mendapat skor 92,30 dan penilaian siswa mendapat skor 90,80. Desain dan analisis menggunakan T-test dengan uji normalitas dan uji validitas yang sesuai dengan One Grup Pretest Post test. Jika nilai signifikansi uji-T berpasangan kurang dari 0,05 sehingga kesimpulannya adanya perbedaan signifikan dari pretest dan posttest, sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan untuk mengetahui keefektifan media, rata pre-test adalah 50,60 dan rata post-test ialah 79,68. Signifikansi (p) yang diperoleh adalah 0,000, lebih kecil dari signifikasi 0,05 (0,000 < 0,05).
Downloads
References
Daryanto. Media Pembelajaran : Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016.
Dhori, Muhammad. “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri 7 Kayuagung.” Journal of Islamic Education 1 (2021): 110–24. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/3916/2073.
Fadhilaturrahmi, Rizki Ananda, and Sisi Yolanda. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1683–88.
Muhali, Muhali. “Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3, no. 2 (2019): 25. doi:10.36312/e-saintika.v3i2.126.
Mursid, R, Abdul Hasan Saragih., and Naeklan Simbolon. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Tik Dan Sikap Inovasi Terhadap Hasil Belajar Perencanaan Pembelajaran Dengan Hots.” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan 4, no. 2 (2018): 179–87. doi:10.24114/jtikp.v4i2.8765.
Padang, Universitas Negeri. “EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Rahmad Wahyugi 1 , Fatmariza 2.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021): 785–93. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.
Purnaningtias, Fianolita, Nuril Aika, Moh. Salman Al farisi, Ahmad Sucipto, and Zherin Mei Biana Putri. “Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2020): 42–49. doi:10.36379/autentik.v4i1.51.
Rahman, Ali. “Desain Model Dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2 (2018): 128–43. doi:10.35905/alishlah.v16i2.743.
Ramdhani, Muhammad Ali. “Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 8, no. 1 (2014): 28–37. doi:10.1177/002218568402600108.
Rumput, Pondok, and S D N Pengadilan. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR Elly Sukmanasa , Tustiyana Windiyani , Lina Novita Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan A . Pendahuluan Penyampaian Informasi Terjadi Dalam Proses Pembelaja” 3, no. 2 (2017): 171–85.
Saputro, H. B., Soeharto. “Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif.” Jurnal Prima Edukasia 3 (2015).
Setiawan, Deny. “Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (2013): 53–63.
Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, Arif Widodo, and Deni Sutisna. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6, no. 1 (2019): 61–71. doi:10.21831/hsjpi.v6i1.26912.
Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (2011): 47–58. doi:10.21831/jpk.v1i1.1316.
Sugiyono. “Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D).” Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015, 45.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2017.
———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suparman, Ira Wulandari, Marlina Eliyanti, and Eli Hermawati. “Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7, no. 1 (2020): 57–64. doi:10.25134/pedagogi.v7i1.2860.
Suwandayani, Beti Istanti. “Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri Kauman I Malang.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2, no. 1 (2018): 78–88. doi:10.30651/else.v2i1.1214.
Wicaksono, Anggit Grahito, Jumanto Jumanto, and Oka Irmade. “Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10, no. 2 (2020): 215. doi:10.25273/pe.v10i2.6384.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.