638

Views

538

Downloads

Original article
Open Access

Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru PAUD Model ‘Multi-Workshop’

Erni Munastiwi
Pages: 51-60
|
Published: Dec 28, 2018

Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengkaji manajemen program parenting/ pola asuh kreatif. Kreatif dalam mengasuh anak saat ini sangat diperlukan, karena zaman berubah sangat cepat. Kondisi inilah menjadi tantangan. Agar tujuan parenting/ pengasuhan tepat sasaran dan sesuai kondisi, maka perlu dikelola dengan baik. Oleh karena itu, manajemen program parenting kreatif  perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive. Subyek penelitian ini adalah kepala lembaga pendidikan anak usia dini, guru, orangtua, anak didik dan nara sumber program parenting. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, displai data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mendeskripsikan implementasi manajemen program parenting kreatif pada tingkat satuan pendidikan anak usia dini

Keywords:

manajemen parenting kreatif pendidikan anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite

Munastiwi, E. (2018). Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru PAUD Model ‘Multi-Workshop’. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-04

References

Abdorreza, Kordi. (2010). Parenting Attitude and Style and Its Effect on Children’s School Achievements. International Journal of Psychological Studies Vol. 2, No. 2; December 2010
Alwi, Hasan. dkk. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Aprilianto, Toge (2013). Saatnya Melatih Anakku Berpikir: Berpikir secara tepat untuk meraih kedewasaan, Bandung: Nuansa Cendikia.
Arikunto, Suharsimi & Yuliana, Lia. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asfandiyar, Andi Yudha. (2016). Creative Parenting Today. Bandung: Penerbit Kaifa.P.T. Mizan Pustaka.
Tauchid, Mochammad et al. (2004). Karya Ki Hajar Dewantara . Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Faizah Bt Abdul Ghani, Suraya Lin Bt Abdullah Kamal, Azian bt Abd Aziz, “The implication of parenting styles on the Akhlak of muslim teenagers in the south of Malaysia” dalam Journal of Procedia - Social and Behavioral Sciences 114 ( 2014 ) 761 – 765, published by elsevier. Diakses melalui laman www.sciencedirect.com
Farzana Bibi,Abid Ghafoor Chaudhry, Erum Abid Awan, Bushra Tariq, “Contribution of Parenting Style in life domain of Children” dalam Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 12, Issue 2 (May. - Jun. 2013), PP 91-95,
Harahap, M. (2012). Program Parenting pada Kelompok Bermain. Jakarta: Grafindo
Hildebrand, Verna. (1981). Parenting: Rewards and Responsibilities. Newyork: Glencoe/ Mc
Graw-Hill.
Jane, Brooks, The Process of Parenting, terj.Rahmat Fajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Muhammad Fadhli. (2017). ‘Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan’ dalam TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 1, no 02, 2017. STAIN Curup – Bengkulu | p-ISSN 2580-3581; e-ISSN 2580-5037
Mulyono. (2010). Manajemen Admininistrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prihatin. E (2011). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Santrock, John. W. (2011). Masa Perkembangan Anak Buku 2 Edisi 11, terj: Verawaty Pakpahan, Jakarta:Salemba.
Suyadi. (2014). Manajemen PAUD. TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Terry, G.R. dan Franklin, S.G. 2003. Principles of Management. Edisi ke-8. India:A.I.T.B.S. Publishers & Distributor.
Ulfah, Fari. (2015). Manajemen PAUD. Pengembangan Jejaring Kemitraan Belajar. Revitaslisasi Implementasi Program Pendidikan dan Pembelajaran Integratif Di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karya Ki Hajar. Bagian Pertama: Pendidikan. Cetakan: Ketiga (2004). Diterbitkan: majelis
Luhur Persatuan Taman Siswa. Yogyakarta.
Wulan, Ratna. (2011). Mengasah Kecerdasan Pada Anak (Bayi-Pra Sekolah) . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.