638
Views
538
Downloads
Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru PAUD Model ‘Multi-Workshop’
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengkaji manajemen program parenting/ pola asuh kreatif. Kreatif dalam mengasuh anak saat ini sangat diperlukan, karena zaman berubah sangat cepat. Kondisi inilah menjadi tantangan. Agar tujuan parenting/ pengasuhan tepat sasaran dan sesuai kondisi, maka perlu dikelola dengan baik. Oleh karena itu, manajemen program parenting kreatif perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive. Subyek penelitian ini adalah kepala lembaga pendidikan anak usia dini, guru, orangtua, anak didik dan nara sumber program parenting. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, displai data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mendeskripsikan implementasi manajemen program parenting kreatif pada tingkat satuan pendidikan anak usia dini
Keywords:
Downloads
Article Details
How to Cite
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process. It can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
References
Alwi, Hasan. dkk. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Aprilianto, Toge (2013). Saatnya Melatih Anakku Berpikir: Berpikir secara tepat untuk meraih kedewasaan, Bandung: Nuansa Cendikia.
Arikunto, Suharsimi & Yuliana, Lia. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asfandiyar, Andi Yudha. (2016). Creative Parenting Today. Bandung: Penerbit Kaifa.P.T. Mizan Pustaka.
Tauchid, Mochammad et al. (2004). Karya Ki Hajar Dewantara . Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Faizah Bt Abdul Ghani, Suraya Lin Bt Abdullah Kamal, Azian bt Abd Aziz, “The implication of parenting styles on the Akhlak of muslim teenagers in the south of Malaysia” dalam Journal of Procedia - Social and Behavioral Sciences 114 ( 2014 ) 761 – 765, published by elsevier. Diakses melalui laman www.sciencedirect.com
Farzana Bibi,Abid Ghafoor Chaudhry, Erum Abid Awan, Bushra Tariq, “Contribution of Parenting Style in life domain of Children” dalam Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 12, Issue 2 (May. - Jun. 2013), PP 91-95,
Harahap, M. (2012). Program Parenting pada Kelompok Bermain. Jakarta: Grafindo
Hildebrand, Verna. (1981). Parenting: Rewards and Responsibilities. Newyork: Glencoe/ Mc
Graw-Hill.
Jane, Brooks, The Process of Parenting, terj.Rahmat Fajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Muhammad Fadhli. (2017). ‘Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan’ dalam TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 1, no 02, 2017. STAIN Curup – Bengkulu | p-ISSN 2580-3581; e-ISSN 2580-5037
Mulyono. (2010). Manajemen Admininistrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prihatin. E (2011). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Santrock, John. W. (2011). Masa Perkembangan Anak Buku 2 Edisi 11, terj: Verawaty Pakpahan, Jakarta:Salemba.
Suyadi. (2014). Manajemen PAUD. TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Terry, G.R. dan Franklin, S.G. 2003. Principles of Management. Edisi ke-8. India:A.I.T.B.S. Publishers & Distributor.
Ulfah, Fari. (2015). Manajemen PAUD. Pengembangan Jejaring Kemitraan Belajar. Revitaslisasi Implementasi Program Pendidikan dan Pembelajaran Integratif Di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karya Ki Hajar. Bagian Pertama: Pendidikan. Cetakan: Ketiga (2004). Diterbitkan: majelis
Luhur Persatuan Taman Siswa. Yogyakarta.
Wulan, Ratna. (2011). Mengasah Kecerdasan Pada Anak (Bayi-Pra Sekolah) . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.