Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI)

Authors

  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.8982

Keywords:

Konsep Pembelajaran Berbasis Edutainment.

Abstract

Anak-anak SD/MI pada masa-masa awal kebanyakan mengalami keterkejutan mental dan intelektual. Sebab, ketika mereka duduk di bangku TK, mereka belajar dengan bermain, bernyanyi, dan bercerita. Tetapi, ketika mereka masuk SD, harus meninggalkan pola pembelajaran di TK/RA dan diganti dengan pembelajaran berbasis logika.  Atas dasar ini, diperlukan konsep pembelajaran yang dapat menghubungkan antara TK/RA ke SD/MI sehingga keterkejutan mental dan intelektual anak didik dapat diantisipasi. Dalam hal ini, konsep pembelajaran berbasis edutainment yakni pembelajaran yang memasukkan nuansa-nuansa entertaint, tetapi tidak mengurangi nilai-nilai edukatif yang diajarkan bisa digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamruni, Edutainment dalam Pendidikan Islam dan Teori-teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Makalah pembinaan kurikulum oleh Ibu Hj. Sulastri Yusro, tanggal 4 Agustus 2007.

MS, Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persad, 2005.

Murtiningsih, Siti, Pendidikan Alat Perlawanan; Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book, 2004.

Pikunas, J, Human Development. Third Edition. Tokyo: Me CrawHill Kogakusha Ltd, 1976.

Porter, De, Bobby dan Hernacki, Mike, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaif, 2002.

Pullan, The New Meaning of Education Change. New York: Teacher College Press, 1991.

Pusat Kurikulum Direktorat PAUD, Direktorat Pembinaan TK dan SD Universitas Negeri Jakarta Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kerangka Dasar Kurikulum PAUD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rose, Colin dan Nicholl, J Malcolm, Accelerated Learning for the 21th Century: Cara Belajar Cepat Abad 21, terj. Dedy Ahimsa. Bandung: Nuansa.

Silberman, Mel, Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject, Trj Sarjuli dkk .. Yogyakarta:Yappendis, cetakan kedua, 2002.

Suyadi, Permainan Edukatif yang Mencerdaskan, Ygyakarta: DIVA Press, 2009.

Team Kreatif Kelompok Bermain Cendekia, PAUD, Pendekatan BBCT, Multiple Intelligence. Yogyakarta: Pustaka Pendidikan, 2004.

www.batikyogya.wordpress.com

www.beeparenting.wordpress.com, Artikel Belajar yang Menyenangkan pada tanggal 23 Februari diakses tanggal 1 Desember 2009.

www.kompas.com. Arief Rahman. Guru besar UNJ dalam seminar "Edutainment sebagai Sarana Pendukung Pendidikan Berbasis Kompetensi", pada tanggal 27 Mei 2009. diambil dari www.thelearningweb.net.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Suyadi, S. (2024). Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI). Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.8982