Integrasi Pendidikan Islam dan Neurosains dan Implikasinya Bagi Pendidikan Dasar (PGMI)
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.9003Keywords:
Integrity, Islamic Education and NeuroscienceAbstract
Hakekat pendidikan Islam adalah optimalisasi potensi. Seluruh potensi manusia bertumpu pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains. Hasil integrasi antara pendidikan Islam dan neurosain dalam penelitian ini disebut Neuroscience Islamic Education. Temuan ini berimplikasi secara filosofis, teoritis dan praktis, bahwa prodi PGMI mempunyai peluang besar bagi dimulainya mega proyek integrasi-interkoneksi keilmuan, karena di prodi PGMI, semua bidang ilmu dipelajari, secara holistik-integralistik.
Kata Kunci: Integrsi, Pendidikan Islam dan Neurosain
Downloads
References
Abdullah, Amin, “Pendidikan Karakter: Mengasah Kepekaan Hati Nurani”, Makalah disampaikan pada acara Sarasehan Nasional Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Hotel Santika, 2010.
Adi W. Gunawan, Genius Learning, Jakarta: Gramedia, 2003.
Jamal, Budi, dan Tajdin, Mustapha, Islamic Creative Thinking, Berpikir Kreatif Berdasarkan Metode Qur 'ani, Bandung: Mizan, 2004.
Lacoboni, Marco Mirronging People, The New Science ofHow We Connect Whit Others, NY: Farrar Straus and Giraux, 2008.
Ma'ararif, Syafi'i, "Rapuhnya Pondasi Moral Bangsa Ini Nyaris Sempurna", Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta: KR, 1999.
Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etiha dalam Islam, Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY, 2009.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian, Edisi VI, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011.
Mulkhan, Abdul Munir, “Kecerdasan Ma 'rifat (Ma 'rifat Quotient/ MaQ) Jalan Pembebasan Manusia dari Mekanisme Konflik dalam Begawan Muhammadiyah", Bunga Rampai Pidato pengukuhan Guru Besar Tokoh Muhammadiyah, Jakarta: PSAP, 2005.
Pasiak, Taufik, "Pendidikan Karakter Sebagai Pendidikan Otak dalam Firmanzah, dkk,” Mengetasi Masalah Narkoba dengan Welas Asih, Jakarta: Gramedia, 2012.
Pasiak, Taufik, Majemen Kecerdasan, Bandung: Mizan, 2004.
Pasiak, Taufik, Revolusi IQIEQISQ, Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Quran dan Neurosain Mutakhir, Bandung: Mizan, 2006.
Pramuji, Hadjar, "Membangun Kecerdasan Kolektif sebuah Bangsa" dalam diskusi public yang diselenggarakan Kedaulatan Rakyat Peduli Pendidikan, di Universitas Atmajaya Yogyakarta pada tanggal 15 Januari, 2012.
Rahmat, Jalaluddin, Belajar Cerdas Berbasis Otak, Bandung: Mizan, 2008.
Suyadi, Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012.
Suyata, "Pendidikan Karakter: Dimensi filosofis dalam Zuchdi (ed)”, Pendidikan Karakter dalam perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
Tim Badan Penelitian dan Pengembang, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembang Kurikulum Nasional, 2010.
Yuchdi, Darmiyati, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.