Pentingnya Membangun Karakter Sejak Usia Dini Agar Berdaya Saing Global
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.9002Keywords:
character, competitive, globalAbstract
Tantangan dunia pendidikan di eraglobalisasi ini sedemikian kompleks. Dunia semakin mengecil seperti kampung k"ecil. Batas an tar negara tidak lagi diukur oleh jarak dan waktu. Semua yang terjadi di dunia ini real-time dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, saat itu juga, dan di mana pun dia berada. Siapa yang memiliki informasi dia akan menjadi trend-setter. Siapa yang kuat dia akan menghegemoni, memonopoli, dan mengeksploitasi. Suka-tidak suka kenyataan ini telah terjadi. Namun demikian bangsa-bangsa yang kuat dan berkarakter adalah ban gsa yang paling diuntungkan oleh era ini. Mereka dengan mudah melakukan ekspansi ke negara lain dengan 'tanpa adanya perlawanan' yang berarti. Bangsa-bangsa berkembang dan terbelakang tidak mampu berkompetisi dengan mereka. Tidak terkecuali bangsa kita. Tahun 2010, tepatnya pada acara peringatan Hari Pendidikan Nasional menjadi momentum penting dicanangkannya pendidikan karakter guna membangun ban gsa ini agar bangkit dan berdiri setara dengan bangsa-bangsa maju. Kalau melihat sejarah negara-negara maju, mereka membangun karakter tidaklah secara instan dan hanya melalui regulasi sernata. Tetapi mereka menanamkan nilai-nilai virtue tertentu pada diri pribadi yang kemudian melahirkan kesadaran sosial. Apa yang secara pengetahuan itu dinilai baik (moral knowing), akan diterima sebagai belief (keyakinan) dan menjadi perilaku yang mesti dipatuhi. Dan itulah karakter, sesuatu yang masih mahal di negeri ini. Melalui pendidikan-lah harapan itu masih mungkin untuk diwujudkan.
Downloads
References
Kurniawan, Yudha &Hindarsih, Character Building: Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Jakarta: Litbang Sekolah Alam Indonesia, 2011.
Lickona, Thomas, What Is Good Character? And How We Can Develop It in Our Children. Journal of Gale Education, Religion and Humanities Lite Package. p.239, 2001.
Lickona, Thomas., The Content of Our Character: Ten Essential Virtues. http://www.character-education.info/Articles/TheContentofOurCharacter.pdf, 2003, diunduh 6/11/2011
McLuhan, Marshall. 1962. The Gutenberg Galaxy: The Making of Typographic Man. Toronto: University of Toronto Press. 1962.
Megawangi, Ratna, Proposal Makalah "Pendidikan Holistik Berbasis Karakter" Untuk TK dan SD: Model Pendidikan Berkualitas, Menyenangkan dan Membangun Karakter Bagi Anak-anak Indonesia dalam Rangka Implementasi KBK 2004. Depok: Indonesia Heritage Foundation, 2007.
Santrock,John W., a. Life-Span Development-13thedition, New York: McGraw Hill, 2011.
Santrock, John W., b. Educational Psychology- 5th edition, New York: McGraw Hill, 2011.
Scholte, Jan Aart, Globalization, A Critical Introduction-Second Edition. New York: Palgrave Macmillan, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.