Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pembentukan Kelompok Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ngawen

Authors

  • Luluk Mauluah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i1.8993

Keywords:

Elementary Mathematics, story matter, study group

Abstract

Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas V MIN Ngawen menunjukkan bahwa selama mengikuti proses kegiatan pembelajaran matematika siswa cenderung pasif, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, penulis mengupayakannya dengan melakukan pembentukan kelompok belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Melalui penelitian ini diharapkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika akan meningkat. Peningkatan prestasi belajar diukur dari peningkatan nilai pre-test, nilai akhir siklus I, nilai akhir siklus II dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, keaktifon siswa, dan proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anissatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009.

Direktorat Pendidikan Pada Madrasah, Standar lsi MI, Jakarta: Depag RI, 2006.

Erman Suherman, dkk., Strategi Pembelajaran Matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Etin Solihatin & Raharjo, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Madya, Swarsih, Panduan Penelitian Tindakan, Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta, 2003.

Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1985.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Mauluah, L. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pembentukan Kelompok Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ngawen. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i1.8993