Pengembangan Media Flash Player Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Diponegoro Bantul
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9070Keywords:
character, Islamic Religious Education, quality human beingsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flash player untuk kelas IV SD/MI yang baik dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) mengikuti model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Diponegoro Bantul yang berjumlah 13 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan tes. Prosedur pengembangan meliputi: pengumpulan informasi, desain flash player awal, ujicoba awal, revisi produk, validasi ahli materi dan ahli media, kemudian revisi produk akhir.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media flash player: (1) Memuat komponenkomponen: home, kompetensi, materi, kuis dan pustaka. Materi terdiri dari: sisi, sudut, rusuk dan bangun ruang. Lalu ada jaring-jaring limas segiempat, tabung, kubus, kerucut, balok dan prisma segitiga. Kuis terdiri dari 4 bagian pilihan ganda, yaitu tentang unsur bangun ruang, jaring-jaring, yang bukan jaring-jaring dan jika diketahui alas, maka dapat menentukan tutupnya. Selain itu ada musik intrumentalia Kenny G. yang mengiringi, ada suara benar atau salah sesuai jawaban apa yang dipilih, juga ada skor nilai yang otomatis terhitung sesuai benar atau salahnya jawaban. (2) Kelayakan media flash player pembelajaran matematika untuk kelas IV MI Diponegoro ditinjau dari penilaian ahli materi memenuhi kriteria baik dan menurut penilaian ahli media memenuhi kriteria baik. Efektifitas hanya tercapai menurut ketuntasan individu yaitu nilai rata-rata di atas 60, tercapai 62,6. Adapun secara klasikal tidak terpenuhi karena hanya mencapai 58,1 % dari 80 % yang ditargetkan.
Downloads
References
Abdul Kadir dan Hanun Asrohah, Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
Andi Prastowo, Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif, Yogyakarta: Dive Press, 2012.
Armstrong, T, Setiap anak cerdas (Panduan membantu anak belajar dengan memanfaatkan multiple intelligence), USA: ASCD, 2005.
Bell,E.T, Mathematics Queen & Servant of Science, Washington: Tempus, 1987.
Darmiyati Zuchdi, Humanisasi pendidikan (Menemukan kembali pendidikan yang manusiawi), Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Dryden, G. & Vos, J., The learning revolution: to change the way the world learns. Revolusi cara belajar. Keajaiban pikiran (Bagian I). (Terjemahan word ++ Translation service) Penyunting: Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan Media Utama. (Buku asli diterbitkan tahun 1999. Selandia Baru: The Learning Web), 2002.
Erman Suherman, dkk., Strategi pembelajaran matematika kontemporer. (Edisi Revisi) Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2003.
Gatot Muhsetyo, Pembelajaran matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
Lefrancois, A & Guy, R., Psychology for teaching, Wadsworth: Thomson Learning, 2000.
Marsigit, matematika di sekolah untuk mencapai keunggulan bangsa, Yogyakarta: Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah ( FMIPA UNY), 2009.
Merriam-Webster, New Merriam- Webster English- dictionary, Massachusetts: Inc. of Springfield, 1989.
Punaji Setyosari, Metode penelitian pendidikan dan pengembangan, Malang: Kencan Purnama Media Group, 2010.
Reys, R.E, Suydam, M.N, Lindquist, M.M, et al., Helping children learn mathematics. (Fifth edition) Boston: Allyn and Bacon, 1998.
Slamet Suyanto, Paidi, dan Insih Wilujeng, LEMBAR KERJA SISWA (MEDIA FLASH PLAYER). Makalah pada Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011. Versi elektronik dari: staff.uny.ac.id/sites/default/.../LEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx (2 Mei 2013
Sri Anitah, Dasar-dasar evaluasi pembelajaran, Bandung: Rosda Karya, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.