Pengembangan Media Flash Player Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Diponegoro Bantul

Authors

  • Luluk Mauluah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9070

Keywords:

character, Islamic Religious Education, quality human beings

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flash player untuk kelas IV SD/MI yang baik dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) mengikuti model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Diponegoro Bantul yang berjumlah 13 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan tes. Prosedur pengembangan meliputi: pengumpulan informasi, desain flash player awal, ujicoba awal, revisi produk, validasi ahli materi dan ahli media, kemudian revisi produk akhir.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media flash player: (1) Memuat komponenkomponen: home, kompetensi, materi, kuis dan pustaka. Materi terdiri dari: sisi, sudut, rusuk dan bangun ruang. Lalu ada jaring-jaring limas segiempat, tabung, kubus, kerucut, balok dan prisma segitiga. Kuis terdiri dari 4 bagian pilihan ganda, yaitu tentang unsur bangun ruang, jaring-jaring, yang bukan jaring-jaring dan jika diketahui alas, maka dapat menentukan tutupnya. Selain itu ada musik intrumentalia Kenny G. yang mengiringi, ada suara benar atau salah sesuai jawaban apa yang dipilih, juga ada skor nilai yang otomatis terhitung sesuai benar atau salahnya jawaban. (2) Kelayakan media flash player pembelajaran matematika untuk kelas IV MI Diponegoro ditinjau dari penilaian ahli materi memenuhi kriteria baik dan menurut penilaian ahli media memenuhi kriteria baik. Efektifitas hanya tercapai menurut ketuntasan individu yaitu nilai rata-rata di atas 60, tercapai 62,6. Adapun secara klasikal tidak terpenuhi karena hanya mencapai 58,1 % dari 80 % yang ditargetkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir dan Hanun Asrohah, Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.

Andi Prastowo, Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif, Yogyakarta: Dive Press, 2012.

Armstrong, T, Setiap anak cerdas (Panduan membantu anak belajar dengan memanfaatkan multiple intelligence), USA: ASCD, 2005.

Bell,E.T, Mathematics Queen & Servant of Science, Washington: Tempus, 1987.

Darmiyati Zuchdi, Humanisasi pendidikan (Menemukan kembali pendidikan yang manusiawi), Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Dryden, G. & Vos, J., The learning revolution: to change the way the world learns. Revolusi cara belajar. Keajaiban pikiran (Bagian I). (Terjemahan word ++ Translation service) Penyunting: Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan Media Utama. (Buku asli diterbitkan tahun 1999. Selandia Baru: The Learning Web), 2002.

Erman Suherman, dkk., Strategi pembelajaran matematika kontemporer. (Edisi Revisi) Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2003.

Gatot Muhsetyo, Pembelajaran matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Lefrancois, A & Guy, R., Psychology for teaching, Wadsworth: Thomson Learning, 2000.

Marsigit, matematika di sekolah untuk mencapai keunggulan bangsa, Yogyakarta: Makalah Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah ( FMIPA UNY), 2009.

Merriam-Webster, New Merriam- Webster English- dictionary, Massachusetts: Inc. of Springfield, 1989.

Punaji Setyosari, Metode penelitian pendidikan dan pengembangan, Malang: Kencan Purnama Media Group, 2010.

Reys, R.E, Suydam, M.N, Lindquist, M.M, et al., Helping children learn mathematics. (Fifth edition) Boston: Allyn and Bacon, 1998.

Slamet Suyanto, Paidi, dan Insih Wilujeng, LEMBAR KERJA SISWA (MEDIA FLASH PLAYER). Makalah pada Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011. Versi elektronik dari: staff.uny.ac.id/sites/default/.../LEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx (2 Mei 2013

Sri Anitah, Dasar-dasar evaluasi pembelajaran, Bandung: Rosda Karya, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Mauluah, L. (2024). Pengembangan Media Flash Player Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Diponegoro Bantul. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9070