Inklusifisme dalam Buku Ajar Agama sebagai Media Deradikalisasi Siswa Madrasah di Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i2.9014Keywords:
tolerance, radicalism, inclusiveness, substantive learning, reflective learningAbstract
Fenomena kekerasan di Indonesia atas nama agama dari hari ke hari menjadi semakin meresahkan. Hal yang sama terjadi pula di kalangan pelajar, sebagai generasi yang akan melanjutkan: masa depan bangsa ini. Kekerasan berbau SARA seperti menjadi kebiasaan untuk mereka. Namun, itu tidak terjadi di kalangan siswa madrasah di Yogyakarta, sebuah kota yang sering dijuluki kota toleransi. Dalam hal ini, toleransi dan kerukunan tidak dapat dipisahkan karena nilai-nilai inklusifisme yang telah tertanam dalam diri mereka. Dan, salah satu faktor penting yang mempengaruhi dan berkontribusi besar terhadap sikap inklusif tersebut adalah buku agama yang mereka gunakan, yang mengandung nilai-nilai inklusifisme. Di mana nilai-nilai inklusifisme tersebut selanjutnya diajarkan melalui model pembelajaran substantif dan model pembelajaran reflektif dalam kegiatan pembelajaran di madrasah.
Downloads
References
Abdullah, Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan lntegratif-lnterkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Abdullah, Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Admin, 3 Maret 2011, Tokoh Lintas Agama Berikrar Teguhkan Jogja Kota Toleransi dalam http://www.jogjakota.go.id/index/extra.detail/3154/ tokoh-lintas-agama-berikrar-teguhkan-jogja-kota-toleransi.html [15 Mei 2012].
Agus Triyono dan Kristyanto Wisnubroto, 24 April 2012, "Sidang Kasus Sampang Diminta Pindah ke Jakarta" dalam http://www.elsam.or.id/ new/index.php?id=1881&lang =in&act=view&cat=c/101 [15 Mei 2012]
Aqib, Zainal, Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, Bandung: Yrama Widya, 2011.
Ardian Syam, "Pengaruh Buku", Diupload Tanggal 9 Oktober 2007, dalamhttp://www.andriewongso.com/awartikel-617-Artikel_Tetap-Pengaruh_Buku, Diakses Tanggal2 November 2012.
Arierobbani, Kaya dengan Menulis, Yogyakarta: Mitra Cendikia Press, 2008.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Dokumentasi Arsip Profil Pemerintah Kota Yogyakarta, Tanggal 6 September 2012; dan BPS Provinsi D.L Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Angka: Daerah Istimewa Yogyakarta in Figures 2008, Yogakarta: BPS Provinsi D.I. Yogyakarta, 2008.
Echols, John M, dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2006.
Fadjar, A. Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 1999.
Fanani, Ridwan, "Paham Inklusif-Pluralis Dalam Buku Fiqh Lintas Agama Dan Relevansinya Dengan Masyarakat Indonesia", Skripsi, Yogyakarta: Fak. Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga, 2006 .
Hidayatullah, Syarif, Islam "Isme-Isme" Aliran dan Paham Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Hilmy Arifin, Toleransi Model Yogyakarta, dalam www.hilmiarifin. com/wp-content/uploads/toleransi_model_jogja.pdf [15 Mei 2012]
Kementerian Agama RI, Syaamil al-Qur'an Miracle The Reference: Mudah, Sahih, Lengkap, dan Komprehensif, Bandung: Sygma Publishing, 2010.
Kesuma, Dharma, Cepi Traitna, Johar Permana, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaj a Rosdakarya, 2011.
Mitra Tarigan, 21 April 2012, "Penduduk Sekitar Masjid Ahmadiyah Ketakutan", dalam http://www. tempo.co/read/news/20 12/04/211058398579/Penduduk-Sekitar-Masjid-Ahmadiyah-Ketakutan [15 Mei 2012]
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian: Paradigma Positivisme Objektif, Phenomenologi Interpretif, Logika Bahasa Platonis, Chomskyist, Hegelian & Hermeneutik, Paradgma Studi Islam MatematikRecursion, Set-Theory & Structura Equation Modelling dan Mixed Edisi VI Pengembangan 2011, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011.
Muji Barnugroho, 22 Januari 2012, Yogya Kota (Geng) Pelajar dalarn http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/462551/[15Mei 2012]
Muji Barnugroho, 8 Desember 2011, Kekerasim Pelajar- Sepekan, 2 Siswa Jadi Karban Geng Pelajar dalam http://www.seputar-indonesia.com/ edisicetak/content/view/449750 [15 Mei 2012]
Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
Nata, H. Abudin, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2001.
O'neil, William, Ideologi-Ideologi Pendidikan, Diterj. oleh: Omi Intan Naomi, Yogyakmia: Pustaka Pelajar, 2008.
P.W., Subegjo, dkk., Panduan PPNU (Pondok Pesantren Nurul Ummah), Yogyakarta: Nurma Media Idea, 2005.
Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitaif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Putra, R. Masri Sareb, How to Write You Own Text Book, Bandung: Kolbu, 2007.
Qodir, Zuly, Gerakan Sosial Islam: Manifesto Kaum Beriman,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Rufaidah, Purwanto, dan Riansyah, Agama dan Demokrasi, Malang: PLaCIDS dan KID bekerjasama dengan Averroes Press, 2008.
Schuon, Frithjof, Mencari Titik Temu Agama-Agama, Diterj. oleh: Safroedin Bahar, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1987.
Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai, Media Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007.
Sunaryo, Agus, "Konsep Inklusivisme Islam dan Pengaruhnya Terhadap Fiqh Lintas Agama di Indonesia: Studi Perbandingan Atas Pemikiran Nurcholis Madjid dan Alwi Shihab", Skripsi, Yogyakarta: Fak Syariah UIN Sunan Kalijaga, 2004.
Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Fadilatama, 2011.
Syams, Taufik Rahayu, "Ahlul Kitab Dalam Gagasan Inklusifisme Nurcholish Madjid dan Relevansinya Terhadap Pernikahan Beda Agama", Skripsi,Yogyakata: Fak:. Syariah UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Tim Penyusun Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural; Cross-Cultural Unders-tanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.