Keselarasan Materi Fiqih MI Kurikulum 2006 Terhadap Karakteristik Perkembangan Peserta Didik

Authors

  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9064

Keywords:

Fiqh, Learning, Conrete Operational

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan sudah menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindari dalam persaingan global, begitu pula dalam konteks pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Upaya inovasi pengembangan materi dilakukan melalui telaah standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar Isi. Materi Fiqih hendaknya dikembangkan dalam kerangka pikir yang sesuai dengan karakteristik perkembangan psikologis peserta didik. Namun, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa materi Fiqih yang dikembangkan di Madrasah Ibtidaiyah tidak semuanya sesuai dan sejalan dengan kebutuhan perkembangan peserta didik yang cenderung taraf berpikirnya masih operasional konkret. Untuk itu, penelitian ini sebagai salah satu dasar rekomendasi penyempurnaan terhadap materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah secara selektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan: Med. Meitasari Tjandrasa, Muslichah Zarkasih, Jakarta: Erlangga, 1978.

F.J. Monks, dkk., Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1998.

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, cet III, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Martinis Yamin, Desain Pembelajaran Berbasis Tinjkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.

Mel Silberman, Active Learning, cet III, diterjemahkan: Sarjuli, dkk, Yogyakarta: Yappendis, 2005.

Sudjana Nana, dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran, cet VI, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.

Rahmat, “Memanfaatkan Permainan Bagi Pendidikan Emosional", Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 4. No.2, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2003.

Sa'idah, Siti, "Metode Pendidikan Bagi Pengembangan Rasa Agama Pada Anak Usia Awal", Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. II. No. 2, Yogyakarta: Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005.

Standar lsi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah, Depag RI, 2006.

Standar Nasional Pendidikan, Bandung: Fokus Media, 2005.

Susilaningsih, "Perkembangan Moral", Makalah Diskusi Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: 1996.

Susilaningsih, "Perkembangan Religiusitas Pada Usia Anak", Makalah dalam Diskusi Ilmiah Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: 1994.

T.M. Hasbi Ash-Shiddiqiey, Pengantar Ilmu Fiqih, cet III, Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Van Dalen, Deobold E. et.al., A world History of Physical Education, Englewood Clifs New Jersey: Prentice Hall. Inc., 1964.

Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Prastowo, A. (2024). Keselarasan Materi Fiqih MI Kurikulum 2006 Terhadap Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9064