Keselarasan Materi Fiqih MI Kurikulum 2006 Terhadap Karakteristik Perkembangan Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.9064Keywords:
Fiqh, Learning, Conrete OperationalAbstract
Peningkatan mutu pendidikan sudah menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindari dalam persaingan global, begitu pula dalam konteks pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah. Upaya inovasi pengembangan materi dilakukan melalui telaah standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam Standar Isi. Materi Fiqih hendaknya dikembangkan dalam kerangka pikir yang sesuai dengan karakteristik perkembangan psikologis peserta didik. Namun, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa materi Fiqih yang dikembangkan di Madrasah Ibtidaiyah tidak semuanya sesuai dan sejalan dengan kebutuhan perkembangan peserta didik yang cenderung taraf berpikirnya masih operasional konkret. Untuk itu, penelitian ini sebagai salah satu dasar rekomendasi penyempurnaan terhadap materi Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah secara selektif.Downloads
References
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak Jilid 1, Terjemahan: Med. Meitasari Tjandrasa, Muslichah Zarkasih, Jakarta: Erlangga, 1978.
F.J. Monks, dkk., Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1998.
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, cet III, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Martinis Yamin, Desain Pembelajaran Berbasis Tinjkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2007.
Mel Silberman, Active Learning, cet III, diterjemahkan: Sarjuli, dkk, Yogyakarta: Yappendis, 2005.
Sudjana Nana, dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran, cet VI, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.
Rahmat, “Memanfaatkan Permainan Bagi Pendidikan Emosional", Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 4. No.2, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2003.
Sa'idah, Siti, "Metode Pendidikan Bagi Pengembangan Rasa Agama Pada Anak Usia Awal", Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. II. No. 2, Yogyakarta: Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005.
Standar lsi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah, Depag RI, 2006.
Standar Nasional Pendidikan, Bandung: Fokus Media, 2005.
Susilaningsih, "Perkembangan Moral", Makalah Diskusi Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: 1996.
Susilaningsih, "Perkembangan Religiusitas Pada Usia Anak", Makalah dalam Diskusi Ilmiah Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: 1994.
T.M. Hasbi Ash-Shiddiqiey, Pengantar Ilmu Fiqih, cet III, Jakarta: Bulan Bintang, 1978.
Van Dalen, Deobold E. et.al., A world History of Physical Education, Englewood Clifs New Jersey: Prentice Hall. Inc., 1964.
Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.