Budaya Ilmiah Sebagai Media Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Program Studi PGMI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.9024Keywords:
budaya ilmiah, pendidikan, karakter, reflektifAbstract
Perguruan tinggi sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan yang benar-benar vital bagi kemajuan peradaban umat manusia, dan budaya ilmiah merupakan sarana pendukung utamanya. Budaya ilmiah tersebut diwujudkan ke dalam tiga bentuk, yaitu kaidah ilmiah, kegiatan ilmiah, dan produk (hasil) karya ilmiah. Sebagai sarana pendukung utama, budaya ilmiah merupakan media pendidikan karakter bagi civitas akademika di perguruan tinggi. Sejumlah karakter yang dibentuk melalui budaya ilmiah antara lain kejujuran, tanggungjawab, disiplin, kerja keras, percaya diri, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, ingin tahu, dan cinta ilmu. Karakter-karakter tersebut dibentuk melalui strategi.
Downloads
References
Aqib, Zainal, dan Abi Sujak, Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK, Bandung: Yrama Widya, 2011.
Aqib, Zainal, Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Pendidik, Bandung: Yrama Widya, 2008.
BukuProfil Fakultas Tarbiyah, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007.
Chulafa, Chulia, ''Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Kirnia Secara Terintegrasi Terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik: Kelas XI IPA Semester 1 SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran2009/2010", Skripsi, Yogyakarta: Fak. Saintek UIN Sunan Kalijaga, 2010.
Darmawan, dkk., Hendro, Kamus Jlmiah Populer Lengkap (Yogyakarta: Bintag Cemerlang, 2011.
lchsan, dkk, Pedoman Penulisan Skripsi Prodi PGMI, Yogyakarta: Prodi PGMI, 2009.
Kesuma, Dharma, Cepi Traitna, Johar Permana, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Laporan Pertanggungjawaban (LP J) Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pengembangan Fakultas Tarbiyah dan Kegruan Pasca Perubahan IAIN menjadi UIN, (Yogyakarta: Fakuhas Tarbiyah danKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Ciputat: Gaung Persada Press, 2008.
Norlaelatuzzuhro, Siti "Kajian Tentang Hasil Belajar, Kerja Ilmiah, dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang Yang Dibelajarkan dengan Metode Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolisis Garam'', Skripsi (Ma1ang: Program Studi Pendidik:an Kimia FKIP Universitas Negeri
Ma1ang) dalam http:/ /mulok.library.urn.ac.id/home.php?s data=Skripsi&id=39392&mod=b&cat=4 [18 Mei2012]
Nurlaili, Nisfi, "Efektifitas Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Alam Terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik: Kelas X SMA Negeri I Jeruklegi Pada Materi Pokok Minyak Bumi Semester 2 TahunAjaran 2009/2010", Skripsi, Yogyakarta: Fak. Saintek UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Andi Prastowo, Budaya Ilmiah Sebagai Pendidikan Karakter Pamungkas, Sri, ''Pengaruh Frekuensi Praktikum Terhadap Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I Semester 1 Tahun Pelajaran 2008/2009", Skripsi, Yogyakarta: Fak. Saintek UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Peursen, C.A. Van, Strategi Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius, 2010.
Prastowo, Andi, Memahami Metode-Metode Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Prastowo, Andi, Menguasai Teknik- Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Diva Press, 2010.
Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitaif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Prastowo, Andi, Pengembangan Sumber Be/ajar, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Purwadi (Ed.), Dedy, 5 April 2012, Melahirkan Sarjana Semu dalam http://bangka. tribunnews.com/20 12/04/05/melahirkan-sarjana-semu [ 17 Mei 2012]
Putra, R. Masri Sareb, How to Write You Own Text Book, Bandung: Kolbu, 2007.
Rifai, Mien A. , Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2005.
Rohmadi, Muhammad, dan Aninditya Sri Nugraheni, Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah, Surakarta: Cakrawala Media, 2011.
Sarjono dan Karwadi (Ed.), Meneropong Karya Mahasiswa, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006.
Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangannya, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2012.
Siswadi, Anwar, 3 Maret 2012, Pengakuan Dosen Kasus Plagiat UPI dalam http://www.tempo.co/read/news/2012/03/03/079387741/Pengakuan-Dosen-Kasus-Plagiat-UPI [17 Mei 2012]
Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007.
Sulistyo-Basuki, Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial UI, 2006.
Supriyadi, Gering, dan Tri Guno, Budaya Kerja Organisasi Pemerintah, Jakarta: Lembaga Administrasiistrasi Negara, 2009.
Tilaar, H.A.R. , dan Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan:Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM , Filsafat llmu, Yogyakarta: Liberty, 2003.
Zuchdi (Ed.), Darmiyati, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.